Download our available apps

Simak Cara menghilangkan Baret di Knalpot Motor dengan Cepat

Pewarta - Prana Hikmat
Simak Cara menghilangkan Baret di Knalpot Motor dengan Cepat
Ilustrasi : Cara menghilangkan Baret di Knalpot Motor

BLOG OSCAS - Pahami berbagai cara menghilangkan baret di knalpot motor agar tampilan motor kembali sempurna. Baret pada knalpot motor kerap jadi hal yang mengganggu tampilan motor. Meskipun, tidak mempengaruhi performa, tetapi baret merusak tampilan motor.


Cara Menghilangkan Baret di Knalpot Motor Yang Tepat


Baret pada knalpot bisa karena berbagai hal. Penyebabnya antara lain gesekan dengan kendaraan lain, menabrak benda yang cukup keras, hingga karena terjatuh.

Mengatasinya tidak bisa dilakukan sembarangan dan perlu diperhatikan dengan baik.


Anda bisa memakai benda-benda yang ada di rumah untuk menghilangkan baret. Tentu, kalau ingin ditangani dengan profesional, bawa saja ke bengkel terdekat. Kalau ingin melakukannya sendiri, berikut cara menghilangkan baret di knalpot motor:


1. Menggunakan Kompon


Kompon sudah menjadi cara yang banyak digunakan untuk menghilangkan baret pada kendaraan, termasuk knalpot motor. Anda bisa menggunakan kompon untuk menghilangkan baret semua jenis baret baik yang dalam maupun tidak terlalu dalam.


Gunakan kompon sesuai cara pengaplikasian. Bersihkan sekitar baret dengan air, lalu keringkan. Lalu, oleskan kompon pada bagian terkena baret dan gosok dengan kain yang halus dengan cara melingkar. Lakukanlah cara tersebut secara berulang-ulang.


2. Menggunakan Pasta Gigi


Anda juga bisa menggunakan peralatan sehari-hari untuk menghilangkan baret pada knalpot motor. Gunakanlah pasta gigi untuk menghilangkan baret pada knalpot kendaraan Anda. Perlu diketahui pasta gigi hanya ampuh untuk baret yang ringan.


Cara menghilangkan baret di knalpot motor dengan pasta gigi adalah oleskan terlebih dahulu. Fokuskan sekitar bagian kena baret. Aplikasikan dengan menggosok secara perlahan dengan kain halus. Lakukan dengan tekanan tapi tidak terlalu keras.


Sama seperti penggunaan kompon, gosokkan pasta gigi dengan arah melingkar sekitar baret. Cara ini memastikan kalau semua baret dapat ditutup dengan lebih rapi. Ulangi cara tersebut berulang-ulang hingga baret benar-benar menghilang sempurna.


3. Menggunakan Scratch Remover


Scratch remover dapat dipakai sebagai salah satu cara menghilangkan baret di knalpot motor. Anda bisa memperoleh alat ini di toko aksesoris motor atau bengkel. Scratch remover adalah alat mirip lem yang bisa diaplikasikan langsung pada baret.


Gunakanlah scratch remover ini dengan mengaplikasikannya ke bagian yang terkena baret. Baret pada knalpot akan lebih mudah diatasi dengan media ini kalau baret yang tidak terlalu dalam. Kerusakan yang dalam akan membutuhkan jasa profesional.


Cara penggunaannya cukup mudah. Anda cukup oleskan alat ini menggunakan kain dengan jenis microfiber hingga baret tampak hilang. Lakukan cara ini berkali-kali sampai benar-benar Anda bisa lihat hasilnya yang lebih rapi dan menutup baret yang ada.


4. Menggunakan Lotion Anti nyamuk


Cara yang satu ini mungkin terdengar aneh. Namun, Anda bisa untuk menghilangkan baret pada knalpot. Cara penggunaannya hampir sama dengan pasta gigi. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah bersihkan area sekitar terlebih dahulu.


Kemudian oleskan lotion anti nyamuk pada bagian yang terkena baret, lalu gosok pakai kain halus secara melingkar. Lakukan berulang-ulang hingga baret memudar. Anda mungkin melakukannya beberapa kali untuk dapat hasil terbaik dan memuaskan.


5. Pengamplasan


Cara menghilangkan baret di knalpot motor bisa dengan amplas. Pakai yang halus setidaknya ukuran 2000. Beda amplas dari media penghilang baret lain adalah amplas tidak mengikis bodi yang memiliki cat sehingga perlu dipakai dengan benar.


Hal yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu adalah merendam amplas memakai air. Diamkan beberapa saat agar permukaan amplas jadi lebih halus. Selain amplas dibasahi maka bodi motor yang kena baret juga dibasahi, prosesi jadi lebih mudah.


Anda hanya perlu memakai amplas pada baret dan sekitarnya dengan perlahan. Seperti cara lainnya, gerakan untuk mengatasi baret pada motor sebaiknya seirama dengan satu putaran. Terutama dengan amplas yang kasar yang harus hati-hati.

BACA JUGA :

Cara Membedakan Knalpot Cream Pie Asli dan Palsu


Itulah beberapa cara menghilangkan baret di knalpot motor yang bisa Anda lakukan. Pakai cara di atas sesuai aturan pemakaian agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Cara tersebut tak hanya untuk menghilangkan baret motor tapi juga knalpot.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita