Download our available apps

Cara Menghidupkan Motor PCX Tanpa Remote Keyless

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Menghidupkan Motor PCX Tanpa Remote Keyless
Foto : Motor PCX

BLOG OSCAS - Motor PCX, salah satu jenis motor yang didukung dengan teknologi canggih. Salah satu kecanggihannya yakni dilengkapi dengan keyless. Namun, lain lagi ceritanya jika keyless hilang. Anda pun harus mencari solusi cara menghidupkan motor PCX tanpa remote keyless.


Kehadiran fitur keyless menjadi salah satu kemudahan untuk para pengguna motor PCX. Fitur ini bisa menjadi salah satu pencegahan dari maling. Namun, ketika keyless hilang, apakah motor masih bisa dihidupkan? Berikut penjelasannya!


Cara Menghidupkan Motor PCX Tanpa Remote Keyless


Ketika remote keyless yang Anda miliki mengalami masalah, maka Anda tidak perlu khawatir, motor masih tetap bisa dinyalakan. Cara menghidupkan motor PCX tanpa remote keyless bisa Anda lakukan dengan alternatif berikut:


1. Gunakan Emergency Key untuk Membuka Jok Motor


Pertama, cobalah gunakan emergency key untuk membuka jok motor PCX Anda. Emergency key merupakan sebuah kunci yang bisa Anda gunakan dalam keadaan darurat. Kunci ini bisa digunakan untuk membuka jok dengan cara manual.


Untuk membukanya, hampir serupa dengan cara-cara ketika membuka pengaman yang bermagnet pada motor. Anda harus melakukan langkah-langkah berikut:

  • Bukalah kotak yang berada di dekat kenop PCX
  • Kemudian, Anda harus mencocokkan bagian lubang dengan titik yang tersedia pada kotak
  • Putarlah ke bagian bawah secara tepat
  • Otomatis jok pun akan terbuka.


2. Menghubungkan EM Connector


Selanjutnya, ketika jok berhasil Anda buka, maka harus menghubungkan EM connector secara tepat. Pada tahapan ini terdapat beberapa langkah yang mesti diperhatikan. Anda harus melakukan hal-hal berikut:

  • Ambillah Em connector yang ada di bagian bagasi
  • Lebih tepatnya berada di bagian tool kit dengan kabelnya yang khas berwarna biru
  • Kemudian, carilah socket pasangannya yang berada tidak jauh dari aki
  • Socket yang harus ditemukan umumnya memiliki warna yang sama yaitu biru
  • Jika sudah ditemukan, Anda bisa menghubungkan EM connector pada socket.


3. Memasukkan Nomor ID Tag


Jika Anda berhasil melakukan tahapan sebelumnya, maka kenop PCX pun akan menyala. Ketika hal ini terjadi, maka Anda harus memasukkan nomor ID Tag yang sesuai dan tepat. ID ini umumnya terdiri dari sembilan angka yang dikombinasikan.


Ketika nomor ID Tag yang Anda input benar, maka lampu pun akan berkedip dalam beberapa hitungan. Selanjutnya, akan diam secara stabil. Cara ini harus dilakukan dengan penuh ketelitian, hingga mencapai keberhasilan.


4. Mencabut EM Connector


Cara menghidupkan motor PCX tanpa remote keyless selanjutnya yaitu mencabut EM connector. Jangan sampai lupa, elemen yang satu ini memiliki warna biru. Jika sudah dilepas, letakkan pada bagian tool kit untuk menghindari kehilangan.


Jika selesai, Anda bisa menutup kembali jok tanpa menurunkannya seperti yang umum dilakukan. Namun, Anda harus menggunakan emergency key dengan cara yang sebaliknya dari langkah-langkah ketika membuka jok.


5. Mengaktifkan Mesin Motor


Langkah selanjutnya yaitu mengaktifkan mesin motor. Caranya yaitu dengan memutar kenop hingga posisi on. Selanjutnya, Anda harus menekan tombol starter. Mesin pun secara otomatis akan menyala.


Ketika mesin tiba-tiba mati, maka Anda bisa mengaktifkan mesin dengan langkah cara yang biasa dilakukan. Anda pun tidak perlu repot lagi melakukan langkah-langkah di atas.


6. Membawanya ke Bengkel


Ketika remote keyless Anda mengalami masalah, baik rusak ataupun hilang, maka untuk mengatasinya dibutuhkan biaya yang tinggi. Anda bisa membawanya ke bengkel untuk mendapatkan remote duplikat. Pastikan bengkel yang dikunjungi adalah bengkel resmi.

BACA JUGA :

Ini Dia Penyebab dan Solusi Motor Injeksi Brebet Saat Mesin Dingin


Harga remote duplikat ini rata-rata dibanderol dengan harga 1 juta-an. Namun, umumnya akan dikenakan biaya tambahan untuk input nomor ID Tag yakni sekitar 100.000 rupiah. Apalagi jika ID Tag-nya hilang, harganya pun akan semakin tinggi.


Nah, itulah beberapa cara menghidupkan motor PCX tanpa remote keyless yang bisa Anda coba. Jika bingung, Anda bisa meminta bantuan yang berpengalaman ataupun ahli di bidang tersebut. Dengan demikian motor PCX pun akan tetap aman.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita