Download our available apps

Cara Memperbaiki Kiprok Motor Yang Rusak

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Memperbaiki Kiprok Motor Yang Rusak
Ilustrasi : Kiprok Motor

BLOG OSCAS - Cara memperbaiki kiprok motor yang rusak penting sekali diketahui oleh pengguna sepeda motor. Keberadaan kiprok berfungsi menjamin kinerja aki pada mesin motor. Juga berguna untuk menstabilkan arus sebelum nanti masuk ke aki motor.


Ketahui Tata Cara Memperbaiki Kiprok Motor Yang Rusak


Jika kiprok rusak, tentu saja performa aki menjadi tidak optimal. Oleh karena itu, bagian yang rusak harus segera diperbaiki sesuai dengan tata cara yang benar. Berikut adalah langkah – langkah yang diambil sebagai cara memperbaiki kiprok motor yang rusak berikut ini.


1. Siapkan Alat


Kiprok harus dibongkar terlebih dulu dan untuk melakukannya perlu dipersiapkan sejumlah peralatan. Mulai dari obeng set untuk menutup cover body motor. Sampai AVO meter atau multimeter, tang potong, solder serta penyedot timah. Persiapkan semua dengan seksama.


Memakai peralatan yang lengkap adalah penting. Karena Kiprok membutuhkan pemeriksaan menyeluruh yang bukan hanya bongkar dan pasang. Anda juga perlu memahami kelistrikan dan lain sebagainya.


2. Melepas Kiprok


Cara memperbaiki kiprok motor yang rusak adalah untuk melihatnya dengan jelas. Bodi motor harus dibuka terlebih dulu untuk bisa melepaskan kiprok. Pengguna harus berhati-hati saat akan membongkarnya agar tidak menyebabkan lebih banyak kerusakan.


Biasanya komponen kiprok dipasang dengan baut yang kokoh pada bodi agar tidak mudah lepas. Gunakan alat yang sesuai untuk bisa melepasnya dengan lancar. Setelah terbuka baru bisa melihat bagian kiprok yang rusak dengan lebih jelas dan memperbaikinya.


3. Periksa Jalur Kabel


Untuk lebih jelas, lepaskan kiprok berhasil dilepas, periksalah kondisi jalur kabel yang terhubung dengan kiprok. Pastikan bahwa semua kabel dan komponen lain tidak bermasalah. Perhatikan apakah ada pin soket yang kendur, terputus atau berkarat.


Kabel dalam kondisi bagus tanpa masalah, berarti masalah kerusakan pada kiproknya. Namun, jika masalah pada kabel, berarti yang harus diperbaiki adalah kabel tersebut. Bagi pengguna sepeda motor yang awam dalam hal ini, sebaiknya bawa ke bengkel saja.


4. Periksa Kaki-Kaki Kiprok Motor


Setelah cek kabel dan tidak menemukan ada masalah, berikutnya periksa kiprok. Mulai dari membuka bagian penutupnya, agar bisa melihat secara baik dan jelas. Periksa menggunakan alat multitester untuk mengetahui kondisi pastinya.


Jika ditemukan kali – kali kiprok mulai melemah, sebaiknya lakukan trik manipulasi pada kiprok tersebut. Anda dapat melakukannya dengan berpatokan pada alat multitester yang dipakai. Jadi, pastikan Anda punya dan dapat memakai alat tersebut.


5. Modifikasi Kiprok


Cara memperbaiki kiprok motor yang rusak bisa modifikasi memakai dua buah diode. Tujuan penambahan diode untuk memanipulasi tegangan pada dioda zener karena menganggap aki belum penuh. Pasokan listrik ke aki akan mengecil.


Mekanisme modifikasi dengan menambahkan diode arah katoda menuju kiprok. Saluran gate SCR akan memacu diode bridge untuk meneruskan suplai daya listrik ke aki. Selanjutnya, secara otomatis diode zener akan aktif dan membuka saluran gate SCR.


Mekanisme ini cukup bagus dan efektif dalam memanipulasi daya listrik dari kiprok proses penyaluran tegangan pada aki motor dapat terus berlangsung. Hal ini juga mampu menjaga kestabilan daya listrik pada aki.


6. Cara Memperbaiki dengan Membeli Baru


Jika tidak ingin melakukan langkah modifikasi di atas, pengguna dapat mengganti kiprok rusak dengan yang baru. Cara ini tepat dilakukan jika tidak bisa memperbaiki sendiri atau tidak menemukan bengkel yang cocok.


Kiprok motor terdiri atas berbagai rangkaian elektronik, maka sebaiknya hindari mengutak-atik sesuka hati. Kalau memiliki pengetahuan yang cukup, maka seharusnya pengguna motor bisa memperbaiki kiprok motor rusak sendiri. Kalau tidak, serahkan pada ahlinya.


Kebanyakan pengguna motor tidak sepenuhnya mengerti cara memperbaiki kiprok motor yang rusak. Solusi terbaik adalah membawa ke bengkel atau membeli baru. Kalau ingin mencoba melihat masalahnya, bisa diterapkan cara – cara yang sudah dibahas diatas.

BACA JUGA :

Cara Memperbaiki Shock Belakang Motor Yang Keras yang Bisa Anda Lakukan


Penjabaran diatas cukup lengkap sehingga dapat diikuti dengan tahapan yang mudah dan tidak rumit. Dengan demikian, Anda akan bisa memastikan, pengguna motor memperhatikan keselamatan dan memeriksa kondisi kendaraan baik sebelum berangkat.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita