Download our available apps

Cara Memperbaiki Shock Belakang Motor Yang Keras yang Bisa Anda Lakukan

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Memperbaiki Shock Belakang Motor Yang Keras yang Bisa Anda Lakukan
Ilustrasi : Shock Belakang Motor

BLOG OSCAS - Bagi para pemilik motor pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan keberadaan shock belakang yang menjadi komponen penting dalam motor. Jika shock belakang motor rusak atau keras, Anda harus mengetahui cara memperbaiki shock belakang motor yang keras. Pasalnya, shock belakang motor memiliki peran untuk melindungi serta meredam getaran dan hentakan motor saat berkendara.


Ada beberapa hal yang menyebabkan shock belakang motor jadi rusak dan keras, misalnya Anda sering mengendarai motor di jalan yang rusak dan berlubang. Jika shock motor belakang sudah sedikit keras, maka tingkat kenyamanan ketika berkendara jadi kurang dan shock sudah tidak berfungsi dengan maksimal. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui cara memperbaiki shock belakang motor yang keras.


Cara Memperbaiki Shock Belakang Motor yang Keras


Jika motor Anda mengalami shock belakang yang keras, jangan buru-buru untuk menggantinya, Anda bisa memperbaikinya ke bengkel atau memperbaikinya sendiri. Bagi Anda yang belum memiliki ilmu mekanik, tak perlu khawatir, berikut ini merupakan beberapa cara memperbaiki shock belakang motor yang keras, yaitu:


1. Siapkan Alat yang Dibutuhkan


Langkah awal untuk memperbaiki shock belakang motor yang bisa anda lakukan yaitu dengan menyiapkan alat yang dibutuhkan. Pasalnya ada beberapa alat yang dibutuhkan untuk melakukan bongkar pasang atau memperbaiki shock belakang motor. Adapun beberapa alat yang dibutuhkan dan harus disiapkan yaitu kunci pas, ring dan shock berukuran 8, 4 dan 17 mm dengan kunci L6 MM, 5 Kunci bintang berukuran 40 dan obeng plus dan min, lap, oli shock dan oli seal.


2. Melepaskan Bagian Roda


Setelah menyiapkan beberapa alat yang dibutuhkan, artinya Anda sudah siap memperbaiki shock belakang motor yang keras. Anda bisa memulainya dengan melepaskan bagian roda terlebih dahulu. Dilanjutkan dengan melepas piston rem dan spakbor. Hal ini dilakukan agar agar mempermudah perbaikan shock belakang.
Setelah itu Anda bisa membongkar shock ini dengan mudah dengan cara menekan di bagian atas lalu congkel ring kuncinya.


3. Kuras Oli Shock


Cara memperbaiki shock belakang motor yang keras selanjutnya dengan menguras oli shock. Pastikan jika semua oli dalam tabung sudah bersih, karena ini akan berpengaruh pada hasil nanti.


Anda dapat melepaskan tabung dalam shock menggunakan kunci L. Pastikan tetap hati-hati untuk melepaskan tabung supaya tidak merusak komponen di dalamnya.


4. Periksa Kondisi Damper Rod, Rebound Spring, serta Seal Shock


Langkah selanjutnya Anda dapat memeriksakan Kondisi Damper Rod, Rebound Spring, serta Seal Shock. Anda dapat memastikan kondisi damper rod serta rebound spring masih baik-baik saja atau tidak, lalu periksa apakah terjadi kebocoran pada seal shock motor atau tidak. Jika kondisinya bocor maka harus melakukan pergantian dan pergantian harus memperhatikan kondisinya supaya tetap rata.


5. Memasang Seal Oli serta Per


Selanjutnya Anda bisa melakukan pemasangan Seal oli menggunakan bearing roda bekas serta palu plastik supaya rata, lalu pasang ring pengunci serta karet tutup Shock. Setelah itu Anda bisa kembali memasangkan tabung shock bagian dalam serta rebound spring.


Dalam melakukan pemasangan, pastikan dilakukan dengan baik dan tertutup rapat agar hasilnya tidak bermasalah di kemudian hari. Selanjutnya pada proses pemasangan per menggunakan teknik ulir renggang melalui bawah.


6. Perbaiki Shockbreaker


Selanjutnya Anda juga bisa langsung memperbaiki shockbreaker yang keras. Agar proses pemasangan jadi lebih mudah, anda dapat memasang kedua shock terlebih dahulu lalu kencangkan baut penguncinya menggunakan kunci L. Setelah itu Anda dapat menutup syok dengan menekannya menggunakan obeng dan pastikan berbunyi 'klik' untuk memastikan shock sudah terkunci.


Setelah semuanya sudah selesai, Anda bisa kembali melakukan pemasangan lalu membersihkannya menggunakan lap bersih. Dengan begitu, shock belakang motor pun jadi lebih baik dan tidak keras, sehingga bisa digunakan kembali.

BACA JUGA :

Kapasitas Oli Shock Depan NMax


Itulah beberapa cara memperbaiki shock belakang motor yang keras yang bisa anda lakukan. Cukup mudah bukan? Jadi bagi Anda yang belum memiliki ilmu mekanik dengan profesional, tak perlu takut untuk melakukannya ya!

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita