Download our available apps

Tanpa Bekas, Ini Cara Menghilangkan Bekas Lem Silikon di Body Mobil

Pewarta - Prana Hikmat
Tanpa Bekas, Ini Cara Menghilangkan Bekas Lem Silikon di Body Mobil
Foto : Bekas Lem Silikon di Body Mobil

BLOG OSCAS - Lem silikon sering digunakan untuk merekatkan beberapa komponen mobil. Contohnya saja pada bagian kaca, hanya saja jika lem terkena bodi mobil akan muncul noda yang cukup mengganggu.

Kamu yang mengalami masalah ini harus tahu bagaimana cara menghilangkan bekas lem silikon di body mobil yang benar. Karena jika salah, justru akan merusak bodi mobil.

Cat mobil dapat mengelupas dan kamu harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk memperbaikinya. Menghindari kerusakan, ikuti cara menghilangkan yang mudah di sini.

5 Cara Menghilangkan Bekas Lem Silikon di Body Mobil yang Efektif


Berbeda dengan lem super glue yang akan mengeras ketika mengenai bodi mobil. Lem silikon yang kering lebih lentur, mirip seperti karet. Cara menghilangkan bekas lem pun jauh lebih mudah.

Caranya sendiri tidak jauh berbeda seperti menghilangkan bekas stiker pada bodi atau kaca mobil. Berikut ini lima cara menghilangkan bekas lem silikon di body mobil yang dapat kamu ikuti.

1. Menghilangkan dengan Minyak Tanah


Rekomendasi yang pertama adalah dengan menggunakan minyak tanah. Selain membersihkan bodi, minyak tanah juga menjadi cara menghilangkan bekas lem silikon di kaca mobil.

Prosesnya cukup singkat dan tidak merusak coating mobil. Pertama oleskan minyak tanah di permukaan lem silikon. Diamkan selama sepuluh menit sampai lem mudah untuk dikelupas.

Kamu bisa mengangkat lem langsung dengan tangan. Hindari menggunakan scraper atau spatula yang bisa membuat lecet bodi mobil. Jika masih ada sisanya, kamu bisa menggosokkan kain yang sudah dicelupkan ke air sabun.

2. Menghilangkan dengan Minyak Kayu Putih


Cara menghilangkan bekas lem silikon di body mobil yang kedua ini juga cukup praktis karena mengandalkan minyak kayu putih. Tidak sulit menemukan minyak kayu putih di rumah dibandingkan minyak tanah.

Minyak kayu putih juga mudah dibeli di apotik atau minimarket terdekat. Caranya adalah dengan menggosokan kain yang sudah dibasahi minyak kayu putih. Prosesnya memang sedikit lebih lama namun efektif.

Mulailah dari bagian pinggiran lem kemudian beralih ke bagian tengah. Gosok perlahan sambil ditekan sampai lem mengelupas secara keseluruhan. Namun apabila tidak berhasil, kamu bisa menerapkan cara selanjutnya.

3. Menghilangkan dengan Aseton


Bahan pembersih cat kuku ini akan menjadi cara mencairkan silikon yang sudah keras. Misalnya saja lem sudah terlalu lama menempel sehingga sulit dibersihkan dengan air atau minyak kayu putih.

Cara menggunakannya pun membutuhkan kain atau kapas untuk menggosok permukaan lem. Basahi kapas menggunakan aseton kemudian gosok perlahan di permukaan lem pada body mobil.

Hati-hati melakukanya, jika lapisan lem sudah habis terkelupas jangan digosok terus menerus. Alasannya lapisan coating pada body mobil akan ikuti hilang.

4. Menghilangkan dengan Cuka


Cuka, menjadi bahan untuk menghilangkan bekas lem silikon yang juga mudah ditemukan di rumah. Cara menghilangkan bekas lem silikon di body mobil ini membutuhkan tambahan bahan air sehingga tingkat keasamannya sedikit berkurang.

Campurkan air yang jumlahnya dua kali lipat dari cuka yang dituang. Setelah dicampurkan jangan langsung dituang namun gosok menggunakan kain kering yang halus.

Sebaiknya menggunakan kain katun yang baru dan kering sehingga tidak menimbulkan lecet pada coating mobil. Gosok perlahan sampai lem silikon mengelupas sedikit demi sedikit.

5. Menghilangkan dengan Adhesive Remover


Khusus untuk menghilangkan lem silikon yang terlalu tebal, kamu bisa memanfaatkan cairan penghancur lem silikon. Cairan ini bisa kamu beli di toko bahan kimia, fungsinya sangat ampuh untuk membersihkan lem atau kotoran lengket lainnya.

Adhesive remover ini memiliki sifat melarutkan jadi tidak perlu usaha keras untuk membersihkan lem nantinya. Cara menggunakannya perlu bantuan kain bersih. Cukup letakkan kain di atas bekas lem di bodi mobil.

Selanjutnya kamu bisa semprotkan adhesive remover hingga rata dan diamkan dalam beberapa menit. Angkat kain dan gosok sisa lem menggunakan kain baru . Setelah itu bersihkan sisa adhesive remover dengan air.

BACA JUGA :

Begini Cara Menghilangkan Bekas Lem Power Glue di Body Mobil


Jika mengikuti salah satu cara menghilangkan bekas lem silikon di body mobil ini, dijamin tampilan kendaraan akan kembali sempurna. Pastikan kamu mengikuti langkahnya dengan benar.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita