Download our available apps

5 Cara Merawat Rantai Motor Agar Tidak Berkarat

Pewarta - Prana Hikmat
5 Cara Merawat Rantai Motor Agar Tidak Berkarat
Foto : Rantai Motor

BLOG OSCAS - Menerapkan beberapa cara merawat rantai motor agar tidak berkarat bagi sebagian itu sangat penting. Pasalnya bagi pengguna sepeda motor manual, rantai adalah salah satu komponen penting yang berguna sebagai penggerak roda.


Masalah umum pada rantai ialah berkarat. Karat bisa terjadi akibat tidak diperhatikan kebersihannya, terutama setelah digunakan di jalan berlumpur atau terkena air hujan. Perlu Anda ketahui bahwa rantai yang berkarat cenderung menimbulkan suara tak enak didengar.


Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk tahu cara merawatnya dengan benar. Yuk, langsung saja simak artikel ini sampai akhir ya.


Cara Merawat Rantai Motor


1. Sering cek keadaan rantai


Sering-seringlah cek keadaan rantai, apalagi setelah terkena air hujan. Bersihkan kotoran yang menempel menggunakan sikat lalu siram menggunakan air yang mengalir. Akan lebih bagus jika Anda tambahkan pelumas khusus rantai.


2. Bersihkan motor setiap selesai digunakan


Setelah digunakan biasanya rantai menjadi sedikit lentur sehingga semakin gampang jika Anda bersihkan. Agar proses pembersihan semakin maksimal, Anda bisa menggunakan standar tengah.


3. Lakukan pembersihan pada gir


Cara merawat rantai motor agar tidak berkarat selanjutnya adalah bersihkan gir. Rasanya kurang sempurna jika hanya merawat rantai tanpa gir. Bersihkan juga area gir menggunakan kain yang sudah direndam dengan detergen agar kotoran lebih mudah dihilangkan. Namun, jika kotorannya sudah melekat, maka Anda bisa menggunakan pisau berbahan plastik untuk mengerik kotoran tersebut.


4. Perhatikan posisi rantai dan gir


Selain menjaga kebersihannya, Anda dianjurkan untuk memperhatikan posisi rantai dan gir. Sebaiknya selalu setel gir di posisi tengah atau center. Hal ini bertujuan agar proses berkendara Anda menjadi lebih nyaman.


5. Ganti gir secara berkala


Cara mengetahui apakah gir sudah harus ganti atau tidak dengan memperhatikan suara gir tersebut. Apalagi jika gir sudah mengalami aus. Selain itu, tanda gir harus segera diganti adalah saat rantai motor mudah lepas. Mungkin Anda bisa memasangnya kembali, namun tak lama kemudian pasti lepas lagi.

BACA JUGA :

Cara Mengatasi Velg Motor Yang Retak Menggunakan Dana Minim


Nah, itu dia cara merawat rantai motor agar tidak berkarat yang bisa Anda terapkan sendiri. Semoga bermanfaat!

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita