Download our available apps

Cara Mengatasi Velg Motor Yang Retak Menggunakan Dana Minim

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Mengatasi Velg Motor Yang Retak Menggunakan Dana Minim
Foto : Velg Motor Retak

BLOG OSCAS - Banyak orang belum tahu cara mengatasi velg motor yang retak. Beberapa di antara mereka  lebih memilih untuk mengganti velg motor daripada memperbaikinya. Padahal, jika Anda mau sedikit berusaha, Anda bisa memperbaiki velg motor hanya dengan mengeluarkan sedikit dana.


Retakan pada velg biasanya terjadi karena jarak tempuh perjalanan yang jauh. Atau bisa juga karena hantaman keras saat berkendara. Nah, untuk mengatasinya pastikan Anda menyimak artikel ini sampai akhir.


Cara Mengatasi Velg Motor yang Retak


1. Ketahui jenis velg yang digunakan


Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui jenis velg yang digunakan kendaraan kamu. Jika velg yang digunakan adalah bawaan pabrik biasanya memiliki tekstur lebih keras. Sedangkan jika velg variasi maka teksturnya lebih lunak. Nah, velg jenis inilah yang mudah diatasi.


2. Mulai memperbaiki


Untuk memperbaikinya, Anda bisa lakukan penge-press-an terlebuh dahulu dan buat menjadi lebih presisi. Selanjutnya, Anda bisa merapikan dengan lem atau dempul untuk menutup pori-pori retakan. Jangan lupa untuk mengakhiri dengan las manual agar tersambung kembali.


Sekarang tampilan velg Anda sudah cantik kembali. Namun sayangnya velg yang sudah diperbaiki tidak bisa sekuat dulu lagi.


Cara Merawat Velg Motor agar Awet


Setelah mengetahui cara mengatasi velg motor yang retak. Sekarang saatnya Anda mengetahui cara merawat velg motor agar awet. Simak penjelasan berikut ini:


1. Menjaga kebersihan velg motor


Cara pertama ini bisa dibilang sangat mudah. Pastikan Anda rutin mengecek kondisi velg dan membersihkannya jika terdapat kotoran. Terlebih saat musim hujan. Dimana air hujan mengandung asam yang sering kali menempel pada komponen motor yang terbuat dari besi.


2. Menghindari jalan berlubang


Seperti yang sudah disinggung tadi, velg motor bisa retak jika mengalami benturan keras. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari jalan berlubang dengan kecepatan tinggi. Jika Anda terpaksa melewati jalan berlubang, maka sebaiknya Anda pelankan kecepatan berkendara agar lebih aman.

BACA JUGA :

Cara Memperbaiki Velg Motor yang Penyok Anti Ribet


Demikianlah cara mengatasi velg motor yang retak dengan mudah. Pastikan Anda benar-benar menerapkan apa yang sudah dianjurkan tadi ya. Semoga bermanfaat!

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita