Download our available apps

Mudah Banget! Begini Cara Membersihkan Velg Motor yang Kusam

Pewarta - Prana Hikmat
Mudah Banget! Begini Cara Membersihkan Velg Motor yang Kusam
Foto : Velg Motor

BLOG OSCAS - Cara membersihkan velg motor yang kusam sebenarnya sangat mudah, meskipun jarang orang melakukannya. Biasanya kusam ini muncul akibat lama tidak dicuci setelah motor dipakai beberapa hari. Atau bisa jadi karena usia velg yang sudah tua.


Nah, pada artikel kali ini akan kami paparkan beberapa langkah-langkahnya. Simak artikel ini sampai akhir ya.


Cara Membersihkan Velg Motor


Kebersihan velg perlu Anda jaga karena posisinya yang cukup terlihat jelas. Namun, metode yang digunakan untuk membersihkan velg motor sedikit berbeda. Apalagi jika menggunakan bahan dasar aluminium. Simak caranya berikut ini:

  1. Bersihkan velg motor menggunakan sabun cuci piring seperti mama lemon, sunlight dan spons untuk mengangkat debu dan tanah secara optimal.
  2. Jika velg ada dari aluminium, maka gunakanlah soda. Lumuri velg dengan soda dan diamkan selama 2-3 menit. Kemudian, gosok menggunakan ampelas halus.
  3. Keringkan velg menggunakan kanebo atau mikrofiber.
  4. Agar lebih mengkilap, Anda bisa menambahkan produk obat poles khusus atau menggunakan oli saja. Oleskan salah satu produk tersebut dan seka menggunakan kain halus. Proses ini harus Anda lakukan dengan cepat sebelum oli mengering.


Nah, itu dia cara membersihkan velg motor yang kusam. Selanjutnya kami paparkan cara membersihkan komponen lain pada motor.
Cara Membersihkan Knalpot Motor


Sama seperti velg, posisi knalpot sangat terlihat jelas sehingga jika Anda biarkan kotor akan merusak pandangan motor. Simak caranya berikut ini:

  1. Pastikan knalpot dalam keadaan dingin.
  2. Copot knalpot dari motor.
  3. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan sikat dan sabun.
  4. Jika masih terdapat kerak atau kumpulan kotoran, lumuri knalpot dengan cairan pembersih kamar mandi selama 10-20 menit.
  5. Lalu sikat seluruh bagian knalpot
  6. Jika terdapat baretan Anda bisa menggunakan amplas grit 200
  7. Usap menggunakan kanebo dan biarkan knalpot kering terlebih dahulu
  8. Terakhir, poles menggunakan minyak goreng, oli bekas, minyak kayu putih atau obat khusus poles.


Nah, itu dia cara membersihkan velg motor yang kusam dengan mudah. Pastikan tidak ada satu langkah yang Anda lewati. Semoga bermanfaat!

BACA JUGA :

Ragam Warna Velg Motor Beat Yang Bagus Tahun 2021

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita