Download our available apps

Cara Menghilangkan Cat Pilox pada Ban Motor

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Menghilangkan Cat Pilox pada Ban Motor
Foto : Cat Pilox pada Ban Motor

BLOG OSCAS - Proses pengecatan velg yang kurang perhitungan bisa membuat ban jadi kotor dan kurang enak dipandang. Tapi tenang saja, ada cara menghilangkan cat pilox ban motor yang bisa dilakukan di rumah. Yuk, cari tahu caranya dibawah ini!

Ada banyak cara untuk membuat tampilan motor jadi makin keren, salah satunya ganti warna velg motor. Hanya saja pada saat pengecatan terkadang semburan cat semprot mengenai ban, maka perlu dihilangkan agar terlihat bersih.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan cat pilox yang menempel pada ban motor? Ada beberapa cara yang bisa membantu menghapus noda cat pada ban, hasilnya dijamin bersih dan menghilangkan noda cat tanpa sisa.


Kenapa Cat Pilox bisa Nempel di Ban?


Ada berbagai alasan cat pilox menempel di ban motor, salah satunya bisa terjadi karena sebelum proses pengecatan bagian permukaan atau pinggir ban tidak ditutupi terlebih dahulu atau ada bagian penutup yang kurang rapat.

Maka dari itu, sebelum melakukan pengecatan pada velg motor, pastikan bagian ban ditutupi terlebih dahulu agar tidak terkena semprotan cat pilox. Jika ban sudah terlanjur terkena noda cat, maka harus segera dibersihkan.

Jika ingin menghilangkan cat pilox ban motor yang sudah menempel, bisa melakukan cara mudah dibawah ini. Selain itu, kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan yang mudah dicari ini, apa saja? Berikut ulasan selengkapnya.


Cara Menghilangkan Cat Pilox pada Ban Motor


Ingin menghilangkan cat pilox yang menempel pada ban motor bisa dengan beberapa cara yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah, adapun caranya sebagai berikut:


1. Gunakan Bensin


Noda cat pada ban motor bisa dihilangkan dengan bensin, cara ini cukup mudah karena hanya perlu ambil bensin dari tangki bahan bakar motor.

  • Siapkan bensin, kain lap kering dan basah
  • Oeskan bensin pada noda di ban secara merata
  • Gosok dengan kain lap secara perlahan
  • Jika masih sulit, oles bensin hingga cat melunak
  • Lalu, lap kembali hingga cat menghilang


Kelemahan cara ini cat yang menempel di ban cukup sulit hilang jika sudah mengering terlalu lama, cara ini cocok dilakukan jika baru selesai mengecat velg dan terdapat noda cat di ban.


2. Gunakan Kompon Putih


Jika pakai bensin dirasa kurang ampuh, maka bisa hilangkan noda cat pada ban motor dengan kompon putih. Adapun cara menghilangkannya sebagai berikut.

  • Siapkan kompon putih dan kain lap kering
  • Oleskan kompon pada ban yang ada noda cat
  • Gosok secara perlahan dengan lap kering
  • Ulangi langkah diatas hingga noda cat hilang


Cara menghilangkan cat pilox ban motor dengan kompon putih memang cukup menguras tenaga, karena harus dilakukan berulang kali, namun hasilnya bisa membuat ban bersih dari noda cat. Yuk, coba sekarang!


3. Gunakan Thinner


Sebenarnya thinner digunakan untuk melarutkan cat, namun bisa juga digunakan untuk menghilangkan noda cat pada ban motor. Adapun caranya sebagai berikut.

  • Siapkan thinner dan kain lap kering
  • Oleskan thinner secara merata dengan kain lap
  • Gosok dengan lap bingga cat hilang pada ban
  • Jika lap kotor, ganti lap baru dan ulangi cara diatas
  • Bersihkan noda cat hingga bersih


Selain bisa menghilangkan cat pilox di ban motor, thinner juga bisa menghilangkan bekas cat coat yang menempel. Yuk, coba sekarang! Lihat hasilnya akhirnya ban jadi bersih.

BACA JUGA :

Cara Mengecat Kayu dengan Pilox agar Mengkilap


Melalui cara menghilangkan cat pilox ban motor di atas bisa membuat noda cat yang menempel bersih, sehingga ban jadi terlihat enak dipandang. Semoga informasinya membantu dan jadi referensi yang bermanfaat.




Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita