Download our available apps

Cara Membedakan Knalpot CLD Asli dan Palsu

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Membedakan Knalpot CLD Asli dan Palsu
Foto : Knalpot CLD Asli

BLOG OSCAS - Knalpot CLD adalah salah satu knalpot kebanggaan anak bangsa karena merupakan brand lokal yang berkualitas dan juga tentu saja memberikan manfaat bagi penggemar motor racing. Nah, berikut ini ada beberapa tips cara membedakan knalpot CLD asli dan palsu. Tujuannya tentu saja agar kamu tidak mendapatkan barang palsu yang tidak terjamin kualitasnya.

Tentang Knalpot CLD


Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, knalpot CLD adalah brand dalam negeri yang merupakan singkatan dari Champion Leader Development. Namun karena salah satu base produksinya adalah di Ciledug, tidak sedikit yang mengira brand CLD ini berarti Ciledug. CLD  diprakarsai oleh Dodo Zulianto yang membuka speed shopnya pada tahun 1998.

Meski awalnya harus jatuh bangun, karena gempuran brand brand luar juga, CLD terus berkembang dan dipercaya oleh konsumen. Bahkan saat ini CLD bukan hanya merupakan bisnis knalpot racing saja, namun juga mulai merambah ke noken as, per kopling hingga koil. Tidak sedikit tim balap yang mempercayakan kendaraannya pada produk CLD.

Cara Membedakan Knalpot CLD Asli dan Palsu


Melihat bagaimana usaha Dodo Zulianto dalam mengembangkan nama CLD, tentu saja kita tidak boleh menjatukannya dengan membeli produk tiruan atau palsu. Oleh karena itulah, selalu gunakan produk asli agar brand ini dapat terus berkembang. Dan berikut ini adalah bagaimana cara membedakan knalpot CLD asli dan palsu.

1. Pengelasan


Yang membedakan antara knalpot CLD asli dan palsu adalah bagian pengelasan. Bagian pengelasan CLD asli tentu saja rapi dan mulus. Berbeda dengan produk palsu yang cenderung bergelembung dan bergelombang. Dari hal fisik yang pertama inilah terlihat jika CLD selalu memberikan produk yang berkualitas.

2. Material


Untuk cara membedakan knalpot CLD asli dan palsu adalah dari materialnya. Material CLD asli menggunakan bahan stainless steel sehingga kokoh dan juga lebih berat ketimbang yang palsu. Pasalnya untuk knalpot CLD palsu tidak jelas penggunaan materialnya dan lagi warna besi yang digunakan adalah warna chrome, bukan kilau stainless yang asli dan tahan karat.

3. Detail Presisi


Knalpot CLD asli pasti akan memberikan detail yang presisi. Muli dari sambungannya, hingga setiap tulisan yang ada tampak detail bila dilihat dari kejauhan dan lagi rapi dalam pengerjaannya. Berbeda dengan knalpot CLD palsu yang dibuat sedanya. Kamu tidak akan menemukan detail detail tertentu yang ada pada aslinya.

4. Embos Logo dan Keterangan Original


Ciri fisik lainnya yang bisa kamu lihat untuk cara membedakan knalpot CLD asli dan palsu ada pada bagian ujung belakang knalpot dimana terdapat embos logo CLD dan ada cutting laser yang menunjukkan jika itu produk original. Hal ini tidak akan kamu temukan di produk palsu.

5. Tahan lama


Knalpot CLD asli menggunakan glasswool berkualitas yang akan tahan pada suhu hingga 300 derajat. Artinya kualitas yang diberikan sangat awet dan tahan lama. Berbeda dnegan produk palsunya yang akan hanya bertahan beberapa bulan saja karena glasswool tidak berkualitas yang akan cepat terbakar.

BACA JUGA :

Cara Membedakan Knalpot Cream Pie Asli dan Palsu

Itulah cara membedakan knalpot CLD asli dan palsu yang bisa kamu jadikan pedoman dalam membeli knalpot. Ingat, jangan tergiur harga murah yang tentunya tidak menjamin kualitas produk. Terlebih dengan membeli produk ori, kamu juga mendukung agar brand tanah air terus dapat berkembang dan juga dapat bersaing baik di dalam negeri maupun mancanegara.



Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita