Download our available apps

Cara Menyetel Celah Klep Yamaha Vixion yang Tepat

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Menyetel Celah Klep Yamaha Vixion yang Tepat
Ilustrasi : Klep Yamaha Vixion

BLOG OSCAS - Jika kamu sedang mencari cara menyetel celah klep Yamaha Vixion, maka perlu memperhatikan langkah pengerjaannya secara tepat agar performa motor tetap maksimal. Yuk, ketahui langkah-langkahnya dibawah ini!

Klep motor memiliki fungsi yang sangat penting untuk performa mesin, jika salah setelan bisa membuat performa mesin jadi loyo, untuk memastikan tarikan motor bertenaga maka perlu menyetel klep secara tepat.

Menyetel klep motor pun tidak sembarang waktu, maka perlu diketahui kapan harus melakukan hal tersebut. Nah, bagi yang belum mengetahui klep motor itu apa, berikut penjelasannya.


Tentang Klep Motor


Klep motor merupakan komponen mesin yang memiliki fungsi untuk membuat tarikan motor tetap dalam kondisi prima, maka perlu menyetel ulang klep motor dalam kurun waktu tertentu sehingga memberikan efek yang baik bagi mesin.

Sistem kerja klep motor terbilang cukup berat dan penting bagi performa motor, setelan klep yang baik bisa menjaga kompresi mesin secara utuh menggerakan silinder dan komponen lainnya, serta menghasilkan kompresi motor secara optimal.

Menyetel celah klep motor yang tepat membuat performa mesin layaknya seperti kondisi baru, termasuk saat menyetel klep Yamaha Vixion perlu dikerjakan secara tepat dan benar, hal ini akan berpengaruh terhadap performa mesin.


Cara Menyetel Celah Klep Motor


Untuk menyetel celah klep motor perlu dilakukan dengan tepat, harus melakukan penyetelan pada posisi top. Untuk mengetahui caranya, simak penjelasan dibawah ini.

  1. Buka tutup klep motor bagian atas dan bawah
  2. Buka tutup pada bagian bak magnit, biasanya terletak pada bagian tengah bak dan bagian atas
  3. Setelah itu, posisikan piston pada titik TMA (Titik Mati Atas), serta noken As pada posisi netral dengan cara memutar magnit berlawanan arah jarum jam.
  4. Sambil perhatikan silinder atas atau piano klep pada posisi menekan tiang payung klep
  5. Selain itu, usahakan posisi piano klep menekap klep bagian api yang mengarah ke knalpot.
  6. Lalu putar kembali magnit hingga piano klep menekan tiang payung klep atas, lihat posisi tanda TOP pada magnit dengan kode huruf T
  7. Setelah itu, jika posisi piston sudah di titik TMA, kemudian goyangkang klep ke arah kiri kanan dan atas bawah
  8. Jika klep terasa longgar dan ada jarak, maka kendorkan baut setelan klep, dan memutar baut setelan klep untuk mengatur jarak klep
  9. Kemudian ukur celah klep dengan fuller, biasanya standar motor bebek ukirannya 0,03 - 0,05 mm. Sementara motor sport celahnya berukuran 0,07 - 0,10 mm.
  10. Silahkan lihat hasilnya, akan terdengar suara halus dan membuat suara tik tik tik mesin motor hilang


Kapan Harus Menyetel Klep Motor?


Ketika ingin menyetel klep Yamaha Vixion harus dilakukan dalam kurun waktu tertentu, ada yang beranggapan bahwa setel klep dilakukan setiap setahun sekali atau setiap kali servis motor. Kapan waktu terbaik setel klep motor?

Menyetel klep motor sebaiknya dilakukan setiap 4000 km, untuk perawatan dan pengecekan bisa dilakukan setiap servis motor. Jika posisi celah klep tidak sesuai standar dan terdengar suara tik tik tik, maka bisa melakukan penyetelan klep motor.

Jika suara mesin motor masih halus dan performa motor masih normal, maka tidak perlu menyetel celah klep motor. Setel klep motor bisa dilakukan jika terjadi suara aneh pada head silinder.

BACA JUGA :

Ketahui Apa Saja Penyebab Gas Motor Naik Sendiri untuk Menghindari Kecelakaan


Melalui informasi cara menyetel celah klep motor ini, semoga bisa jadi referensi dan menambah mengetahui tentang motor, sehingga bisa melakukan perawatan secara tepat. Semoga bermanfaat dan nantikan informasi menarik lainnya.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita