Download our available apps

Ketahui Apa Saja Penyebab Gas Motor Naik Sendiri untuk Menghindari Kecelakaan

Pewarta - Prana Hikmat
Ketahui Apa Saja Penyebab Gas Motor Naik Sendiri untuk Menghindari Kecelakaan
Ilustrasi : Penyebab Gas Motor Naik Sendiri

BLOG OSCAS - Gas motor naik sendiri jika dibiarkan ternyata akan membahayakan pengguna motor saat berkendara. Apalagi jika Anda tidak memiliki reflek yang tinggi untuk segera menghentikan laju motor. Namun, tahukah Anda apa saja Penyebab Gas Motor Naik Sendiri?


Agar Anda bisa terhindar dari bahaya lalu lintas karena gas motor yang naik sendiri, maka Anda harus tahu apa saja yang menyebabkannya. Nah untuk menemukan jawaban kenapa gas motor bisa naik sendiri, yuk simak ulasan lengkap di bawah ini.


Inilah 5 Penyebab Gas Motor Naik Sendiri


Tahukah Anda bahwa gas motor dapat naik secara tiba-tiba dan dapat mempengaruhi kecepatan kendaraan. Bayangkan jika gas naik secara mendadak pada saat Anda sedang berada di perjalanan. Tentunya Anda tidak ingin mengalami kecelakaan lalu lintas, ‘kan?


Sebagai pencegahan awal gas yang tidak baik, Anda bisa mengetahuinya dengan menyalakan motor untuk pertama kali pada kondisi dingin. Pada motor injeksi, gas motor akan turun naik pada permulaan. Hal ini memang umum terjadi, tetapi jika berlangsung lama bisa jadi ada masalah pada gas motor Anda.


 Nah langsung saja simak ulasan lengkap di bawah ini tentang penyebab motor Mio gas naik sendiri. Let’s check this out!


1. Ada Masalah di Kabel Gas


Kabel gas memang jarang terjadi kerusakan, bahkan pemakaiannya bisa mencapai 5 tahun sehingga pengguna kadang yang tidak merawatnya. Namun jika Anda tidak memperhatikan kondisi kabel gas, lama kelamaan akan berkarat atau karet penutupnya robek.


Selain itu, setelan kabel gas ini harus sesuai dan jangan tertekuk karena akan membuat gerakan kawat tidak lancar. Jangan biarkan juga kabel gas terlalu rapat karena bisa membuat tarikan saat digerakan.


2. Kerusakan Pada Choke Otomatis


Selain Penyebab Gas Motor Naik Sendiri di atas, ada juga masalah lainnya yang sering menghampiri pengguna motor, yaitu adanya kerusakan pada choke otomatis. Masalah ini akan menyebabkan suplai bensin ke ruang bakar menjadi berlebihan.


Anda bisa mengetahui hal ini dengan menyalakan kendaraan saat kondisi dingin pada posisi idle. Jika dirasa gas naik turun meski mesin sudah panas, maka sudah dipastikan ada yang masalah dari choke otomatis ini.


3. Filter Udara Kotor


Agar motor bisa bekerja dengan baik, maka diperlukan udara dan bahan bakar. Namun jika filter udara ini tidak rutin dibersihkan maka bisa menjadi penyebab gas motor naik sendiri saat mesin dingin. Tidak percaya?


Filter udara ini berfungsi untuk menyaring kotoran sehingga nantinya pembakaran bisa lancar. Jika ada banyak tumpukan kotoran di filter udara, maka akan mengakibatkan pasukan udara berkurang dan menyebabkan gas motor naik turun sendiri.


4. Jarak Busi Tidak Pas


Di bagian busi ada sebuah gap agar percikan api yang dihasilkan bisa normal. Namun pada motor modifikasi biasanya jarak busi ini diperbesar hingga percikan api ikut membesar pula. Namun hal ini tidak menimbulkan efek yang baik.


Jarak busi yang tidak standar menjadi Penyebab Gas Motor Naik Sendiri. Bahkan akan membuat busi cepat rusak dan kotor karena api yang dihasilkan cukup besar. Oleh karena itu, jika Anda hobi memodifikasi motor sebaiknya cek busi setiap 4 ribu km.

BACA JUGA :

Penyebab Busi Motor Injeksi Cepat Mati dan Solusinya


5. Salah Menyetel Klep


Penyebab gas motor naik sendiri saat mesin panas yang kadang tidak diketahui orang adalah salah menyetel klep. Klep harus dipasang dengan benar agar tekanan kompresi pada ruang bakar tetap stabil. Sehingga jika tidak dipasang dengan sesuai akan membuat gas naik turun sendiri.


Untuk mengatasinya Anda harus memeriksa ke bengkel agar setelan klep dapat diubah sesuai standar. Bahkan klep ini juga menjadi penentu lancar atau tidaknya mesin motor saat digunakan karena berperan untuk memisahkan pintu ruang bakar dan udara keluar.

BACA JUGA :

Penyebab Mesin Motor Cepat Panas dan Cara Mengatasinya


Nah itulah 5 Penyebab Gas Motor Naik Sendiri yang harus Anda waspadai. Setelah mengetahui informasi diatas, sekarang tidak ada alasan lagi untuk tidak merawat kondisi mesin motor agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan di lalu lintas. Bagaimana menurut Anda?

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita