Download our available apps

Kapasitas Oli Mesin Hino Dutro 110

Pewarta - Prana Hikmat
Kapasitas Oli Mesin Hino Dutro 110
Foto : Oli Mesin Hino Dutro 110

BLOG OSCAS - Tidak seperti halnya mobil penumpang biasa, kapasitas oli mesin Hino Dutro 110 butuh lebih banyak karena punya mesin lebih besar dan difungsikan sebagai kendaraan muatan berat. Lantas, berapa liter kapasitas oli mesin truk ini?

Jika pada mobil pada umumnya membutuhkan oli mesin sekitar 3-4 liter, berbeda dengan kendaraan truk pengangkut barang seperti Hino Dutro 110. Tentu saja membutuhkan lebih banyak oli untuk melumasi mesin berkapasitas besar.

Sebelum membahas kapasitas oli pada truk Hino Dutro 110, ketahui terlebih dahulu spesifikasi mesin yang digunakan truk muatan tersebut. Seperti apa sih mesin truk ini?


Tentang Mesin Hino Dutro 110


Hino Dutro 110 merupakan truk yang bisa digunakan untuk mengangkut barang berat, bisa berbentuk truk box, los bak, truk derek hingga truk pemadam kebakaran. Maka dari itu, mesin yang digunakan harus tangguh dan handal.

Hino Dutro 110 dibekali mesin turbo diesel dengan 4 silinder berkapasitas 4.009 cc, mesin ini cukup bisa diandalkan untuk memuat barang berat, maka tidak heran jika truk ini banyak diminati karena mesinnya cukup tangguh.

Mesin Hino Dutro 110 memiliki tenaga puncak 110 ps dan torsi maksimum yang dihasilkan sebesar 284 Nm pada putaran mesin 1800 rpm. Untuk melumasi komponen mesin, tentu perlu oli agar kinerja mesin semakin maksimal.


Kapasitas Oli Mesin Hino Dutro 110


Lalu, berapa liter kapasitas oli mesin Hino Dutro 110 ini? Untuk mengetahui kapasitas oli yang dibutuhkan truk ini, mari simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Kapasitas oli mesin pada kendaraan jenis truk bisa bervariasi, apakah tergantung kapasitas cc mesin? Mungkin saja hal tersebut mempengaruhi kapasitas oli mesin.


Bagaimana dengan kapasitas oli mesin truk Hino Dutro 110?


Kapasitas oli mesin truk Hino Dutro 110 sekitar 8 liter tanpa melakukan ganti filter oli, sementara jika sekalian ganti filter oli, maka kapasitas oli tambah 1 liter lagi. Jadi total kapasitas oli mesin untuk Hino Dutro 110 adalah 9 liter.

Kisaran harga oli mesin Hino Dutro 110 sekitar Rp 400 ribu sampai dengan Rp 600 ribu, harga tersebut sesuai dengan merk masing-masing sehingga harganya bisa bervariasi, belum termasuk jasa ganti oli dan pengganti filter oli.

BACA JUGA :

Berapa Liter Kapasitas Oli Mesin Datsun Go


Kapan Harus Ganti Oli Mesin?


Dengan ganti oli secara berkala bisa membuat mesin truk bekerja secara optimal, menghindari terjadinya penurunan performa mesin, apalagi truk digunakan untuk muatan berat, maka perlu ganti oli secara rutin.

Idealnya waktu ganti oli mesin saat sudah mencapai jarak tempuh 10.000 kilometer dengan pemakaian normal, dalam kurun waktu 6-12 bulan tergantung dari seberapa sering truk tersebut digunakan dan kondisi medan.

Jika sering muatan berat dan menghabiskan waktu perjalan yang intens, sebaiknya ganti oli bis kurang dari 10.000 kilometer. Lalu, seperti apa tanda-tanda harus ganti oli mesin?


Tanda Harus Ganti Oli Mesin


Ada beberapa tanda oli mesin Hino Dutro 110 harus segera diganti, jika sudah memenuhi unsur berikut ini:

  1. Perubahan warna pada oli, jika oli berwarna hitam dan encer, maka sebaiknya segera diganti
  2. Periksa tongkat pengukur oli, untuk mengetahui sisa oli di dalam tangki masih batas normal atau berkurang
  3. Mesin terasa kasar, jika getaran mesin terasa kasar tidak seperti biasanya, maka perlu ganti oli mesin


Demikian informasi seputar kapasitas oli mesin pada truk Hino Dutro 110, serta kapan harus ganti oli dan ketahui tanda-tanda oli mesin harus segera diganti. Semoga bermanfaat.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita