Download our available apps

5 Penyebab Injektor Tidak Keluar Bensin yang Umum Terjadi

Pewarta - Prana Hikmat
5 Penyebab Injektor Tidak Keluar Bensin yang Umum Terjadi
Ilustrasi : Injektor

BLOG OSCAS - Penyebab injektor tidak keluar bensin pada umumnya sangat beragam, bisa berasal dari komponen injektor atau bisa juga dari penggunaan bahan bakarnya. Oleh karena itu, perlu dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh agar penyebab pastinya diketahui secara pasti.


Jika tidak, kerusakan akan merembet ke mesin dan menyebabkan mesin mati total. Akan lebih baik untuk mencegah kerusakan lebih jauh dengan mencari tahu penyebab mengapa injektor tidak bisa keluar bensin untuk mencari solusinya.


Ketahui Penyebab Injektor Tidak Keluar Bensin Untuk Penanganan Tepat


Meskipun harus dilakukan pemeriksaan menyeluruh untuk mengetahui pasti apakah penyebab injektor bermasalah, bukan berarti Anda tidak bisa menebak akar masalahnya. Ada beberapa penyebab umum yang jadi penyebab injektor tidak keluar bensin , antara lain adalah:


1. Kualitas Bahan Bakar


Kualitas bahan bakar menjadi penyebab paling umum injeksi bensin bermasalah. Saat kualitas bahan bakar yang digunakan rendah, maka akan muncul endapan pada tangki BBM. Nah, endapan inilah yang akan menyumbat saluran injektor dan membuat aliran bensin tidak lancar.


Agar hal ini tidak terjadi, maka Anda wajib memperhatikan kebersihan tangki. Jika sudah mulai muncul endapan di tangki, maka segera bawa ke bengkel untuk dilakukan pembersihan, Jika tidak, endapan dapat menyumbat filter yang lama kelamaan dapat menyebabkan pompa bahan bakar jebol.


2. Saluran Bocor


Sistem penyaluran bensin menggunakan selang yang menghubungkan tangki dengan injektor. Jika selang yang menjadi penghubung saluran ini bocor, sudah pasti aliran bensin juga tidak akan sempurna. Bahkan, dalam kasus parah bensin tidak akan bisa keluar sama sekali.


Untuk memastikan hal ini berarti Anda harus menelusuri salurannya dari ujung ke ujung. Tapi biasanya hal ini mudah terdeteksi dengan adanya bensin yang menetes. Hal ini termasuk penyebab injektor tidak keluar bensin yang cukup jarang terjadi tapi tetap perlu diwaspadai.


3. Kerusakan pada Pompa Bahan Bakar (Fuel Pump)


Injektor hanya berfungsi untuk menyalurkan saja, sementara aliran dari tangki hingga ke injektor membutuhkan kinerja pompa bahan bakar. Oleh karena itu, jika pompa bermasalah, maka tekanan pompa akan menurun sehingga laju aliran bensin juga terganggu.


Jika letak masalah injektor tidak keluar bensin ada pada pompa bahan bakarnya, maka pemeriksaan harus di detailkan lagi. Hal ini dikarenakan kerusakan pada pompa bahan bakar sangat beragam. Namun, kerusakan yang paling umum ada pada filter yang tersumbat kotoran, sehingga bensin masuk dan mengenai komponen pompa.

BACA JUGA :

Apa Penyebab Motor Xeon Boros Aki dan Solusinya


4. Kerusakan pada Solenoid


Selenoid merupakan komponen yang mengatur terbuka dan tertutupnya saluran injeksi. Solenoid terbuat dari kawat yang dialiri listrik dan dapat berubah menjadi medan magnet. Saat solenoid ini terbuka, maka bensin dapat mengalir ke ruang bakar dan dapat menjalankan mesin.


Solenoid ini terbuat dari kawat dan dialiri listrik, maka sangat rawan terjadinya open circuit atau putusnya kawat penghantar yang dialiri listrik. Jika hal ini terjadi, maka medan magnet tidak akan terbentuk dan katup yang mengarah ke ruang bakar gagal terbuka.


Jika sudah demikian, bahan bakar tidak akan pernah masuk ke ruang bakar. Ini bisa jadi penyebab injektor tidak keluar bensin. Solusinya adalah periksa Selenoid dan ganti bila memang komponennya sudah tidak bisa dipakai dan membuat injektor sama sekali tidak berfungsi.


5. Kerusakan Pada ECU


ECU atau Electronic Circuit Unit mengatur sistem injektor untuk bisa mengeluarkan bensin. Jadi, hal umum yang menyebabkan masalah pada injektor biasanya adalah kerusakan pada ECU. Ini adalah komponen penting yang diibaratkan sebagai otak dari keseluruhan sistem.


ECU mengatur perubahan dari selenoid ke magnet yang berfungsi untuk membuka saluran injeksi. Dengan demikian, bahan bakar yang memakai sistem terinjeksi dapat dipakai sesuai kebutuhan mesin. Masalah pada ECU berarti arus listrik tidak sampai ke injektor.

BACA JUGA :

Penyebab Busi Motor Injeksi Cepat Mati dan Solusinya


Itulah tadi beberapa penyebab injektor tidak keluar bensin yang umum terjadi. Namun, untuk mengetahui penyebab pastinya, Anda harus melakukan pemeriksaan ke bengkel. Selain itu, lakukan juga perawatan rutin agar kendaraan Anda tidak sampai mengalami kerusakan yang fatal, apalagi sampai mati mesin gara-gara aliran bahan bakar yang terganggu.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita