Download our available apps

Cara Menghilangkan Karat Knalpot dengan Pasta Gigi dan Bahan Lainnya

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Menghilangkan Karat Knalpot dengan Pasta Gigi dan Bahan Lainnya
Ilustrasi : Cara Menghilangkan Karat Knalpot dengan Pasta Gigi

BLOG OSCAS - Karat pada knalpot kadang menimbulkan banyak masalah, dan tentu harus diatasi dengan segera. Karat ini dapat dihilangkan untuk dengan berbagai cara,, dan pasta gigi merupakan salah satu pilihannya. Cara menghilangkan karat knalpot dengan pasta gigi ini banyak digunakan, karena mampu memberikan hasil yang maksimal. Namun sangat mudah diterapkan.


Cara Menghilangkan Karat Knalpot dengan Pasta Gigi


Seperti yang dikatakan tadi kalau cara menghilangkan karat knalpot dengan pasta gigi ini banyak dicoba oleh masyarakat. Karena memang cara ini dinilai sebagai cara yang paling mudah, dan juga paling efektif.


Apalagi seperti yang diketahui kalau pasta gigi ini sangat mudah untuk didapatkan, dan harganya juga tidak mahal. Oleh sebab itu di sini akan diberikan langkah yang harus dilakukan, yakni:


  • Melihat bagian knalpot yang berkarat, dan siapkan pasta gigi.
  • Kalau sudah ketemu, usapkan pasta gigi ke bagian yang berkarat tersebut.
  • Diamkan terlebih dahulu, jangan langsung digosok.
  • Kemudian, gosok bagian tadi dengan kain lap sampai bagian karatnya menghilang.


Selesai, dengan begini karat pada motor dapat menghilang dengan cepat, dan sesuai dengan yang disinggung tadi cara ini sangat mudah. Oleh sebab itu cara ini wajib dicoba dan jangan sampai tidak dimanfaatkan dengan baik.


Cara Lain Menghilangkan Karat Knalpot


Memang menghilangkan karat knalpot ini sebenarnya bukan hal yang sulit. Karena banyak bahan lainnya yang dapat dimanfaatkan selain pasta gigi tadi.


Tentunya sama seperti pasta gigi, bahan yang lainnya ini juga mudah untuk ditemukan.Jadi pengguna tidak perlu panik. Selain itu semua bahan yang digunakan ini, termasuk pasta gigi sangat aman digunakan.


1. Menggunakan Bensin


Bahan pertama yang dapat digunakan ternyata adalah bahan yang selama ini sering ditemukan, yakni bensin. Namun tidak boleh menggunakan sembarangan bensin.


Bensin yang wajib digunakan adalah bensin dengan oktan 92 yang kemudian dicampur dengan solar. Perbandingan bensin dan solar ini adalah 1:2. Nantinya pengguna hanya tinggal mengoleskan bagian yang berkarat menggunakan cairan itu.


2. Memakai Oli Bekas


Kalau abis mengganti oli, biasanya pengguna akan reflex membuang oli bekas yang baru digantinya. Padahal oli bekas ini sangat bermanfaat, dapat digunakan untuk menghilangkan bagian yang berkarat di besi dan knalpot adalah salah satunya.


Jadi nantinya bagian yang ada karatnya digosok dengan oli, lalu dengan menggunakan sikat gosok bagian tersebut sampai bersih.


3. Menggunakan Stempet


Istilah ini bukanlah istilah yang familiar memang karena jarang digunakan. Jadi stempet adalah cairan yang bentuknya menyerupai gel dengan tekstur yang licin.


Kalau untuk orang bengkel, atau mekanik bahan ini bukan lagi hal baru. Selain licin, stempet ini juga lengket. Hal itulah yang dimanfaatkan untuk menghilangkan karat pada knalpot dengan cepat, dan juga efektif.


4. Baking Soda


Siapa sangka bahan masak yang memang terkenal akan multigunanya juga dapat digunakan untuk menghilangkan karat, dan sangat efektif. Dalam menggunakannya, pengguna hanya tinggal membuat larutan baking soda terlebih dahulu.


Kemudian sikat bagian yang berkarat tersebut dengan larutan tersebut dengan menggunakan sikat. Gosok dengan bersih, sampai karatnya menghilang dan tidak perlu terlalu kencang.


5. Memakai Pembersih Keramik


Kemudian ada cairan lainnya yang juga dapat digunakan untuk membersihkan karat ini, yaitu cairan pembersih keramik. Sama seperti cara-cara yang sebelumnya, pengguna hanya tinggal mengoleskan cairan ini ke bagian yang berkarat.


Kemudian jangan lupa untuk mendiamkannya terlebih dahulu. Tujuannya agar cairan menyerap dengan sempurna, barulah nanti dioles dengan menggunakan sikat atau lap.


6. Memakai Cuka


Bahan terakhir yang dapat digunakan adalah cuka. Bahan ini juga tidak kalah efektifnya dengan bahan yang lain. Karena memang mampu mengangkat karat dengan baik.


Karenanya bagi yang memiliki masalah karat pada sparepart motornya, dapat menggunakan bahan yang satu ini. Apalagi bahan harganya juga tidak terlalu tinggi.

BACA JUGA :

Ciri Ciri Knalpot Cobi Original yang Perlu Dipahami


Jadi sekarang, tidak perlu lagi bingung apabila ingin menghilangkan karat. Karena banyak cara mudah yang dapat dilakukan, dan salah satunya adalah cara menghilangkan karat dengan pasta gigi.


Tidak hanya itu saja masih banyak lagi bahan lainnya yang dapat digunakan. Untuk menghilangkan karat dengan cepat, efektif, dan tetap aman.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita