Download our available apps

Pelajari Perbedaan Knalpot Proliner Asli dan Palsu Agar Tidak Tertipu!

Pewarta - Prana Hikmat
Pelajari Perbedaan Knalpot Proliner Asli dan Palsu Agar Tidak Tertipu!
Gambar Knalpot Proliner Asli

BLOG OSCAS - Kini para pengguna kendaraan bermotor tengah dibingungkan dengan perbedaan knalpot Proliner asli dan palsu yang beredar di Pasaran. Pasalnya saat ini tengah marak barang tiruan yang berhasil mengelabui para pembelinya. Hal tersebut tentu sangat merugikan, oleh sebab itu pengguna harus tahu betul perbedaanya dengan yang asli.

Simak penjelasannya berikut ini:


Tentang Knalpot Proliner


Menjadi salah satu komponen dalam kendaraan roda yang paling penting. Membuat knalpot sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin ketika berkendara. Selain itu pemasangan knalpot pun berfungsi untuk mengurangi polusi udara yang dihasilkan oleh sisa pembakaran.


Saat ini knalpot Proliner menjadi salah satu merek knalpot yang paling banyak disukai oleh para pemilik motor. Produk knalpot tersebut bahkan sudah banyak dibuat ke dalam versi tiruannya, sehingga banyak dari pengguna yang merasa tertipu.


Terdapat banyak kelebihan yang dimiliki oleh knalpot Proliner, sehingga banyak pengguna yang mengetahui perbedaanya. Adanya sejumlah hak paten pada produk Proliner membuatnya sangat sulit untuk ditiru sebenarnya.


Namun bagi sebagian orang awam perbedaan knalpot Proliner asli dan palsu tentu belum bisa diketahui dengan pasti. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pengetahuan akan sparepart kendaraan.


Perbedaan Knalpot Proliner Asli dan Palsu


Supaya tidak tertipu, maka para pengguna sepeda motor harus tahu perbedaan knalpot Proliner asli dan palsu yang beredar di pasaran. Terdapat sejumlah penanda yang terletak pada knalpot asli dan tidak bisa untuk ditiru. Penasaran bagian mana saja dari knalpot yang membedakannya? Berikut penjelasannya:


1. Terdapat Hologram


Perbedaan knalpot Proliner asli dan palsu yang pertama yaitu terletak pada hologram yang N1 yang merupakan label nama dari perusahaan. Label tersebut adalah tanda dari perusahaan yang mengeluarkan knalpot tersebut.


Jika pada knalpot Proliner yang dibeli terdapat hologram, sudah dijamin itu merupakan barang resmi yang dikeluarkan distributor Indonesia. Hal menarik dari hologram tersebut yaitu tahan terhadap panas dan juga air, memungkinkannya sulit untuk hilang.


Jadi ketika melakukan pembelian knalpot pastikan untuk melihat hologram apakah ada atau tidak? Jika ada maka knalpot tersebut berarti asli atau original.


2. Las Lasan yang Amat Rapi


Berbeda dengan produk tiruan yang tengah marak di pasaran, produk asli knalpot Proliner las lasannya sudah sangat rapi. Di mulai dari header sampai silencer lasan sangat rapi dan juga mendetail.


Hal ini juga yang membuat merek Proliner banyak disukai, sebab meskipun harganya terjangkau, tetapi kualitasnya baik. Bagian yang satu ini mudah sebenarnya untuk diketahui asli atau tidaknya, sebab jika knalpot tiruan, maka las-lasan akan berantakan.


Pada bagian kecil yang mendetail untuk barang palsu biasanya tidak akan rapi. Akan terlihat banyak celah dan juga las yang terlihat asal-asalan.


3. Pipa Bending yang Khas


Perbedaan yang sangat mencolok dari knalpot Proliner original yaitu menggunakan pipa bending yang khas, mengapa? Sulit bagi produk knalpot palsu untuk membuat sistem bending atau ditekuk yang digunakan pakai mesin. Hal tersebut dibuat dengan sangat rinci, rapid an aman. Menjadikannya khas dan susah untuk dijadikan barang tiruan.


4. Keberadaan Logo Emblem


Berikutnya hal yang bisa pengguna pastikan ketika membeli knalpot Proliner asli atau palsu yaitu dengan memeriksa logo emblem. Terdapat kombinasi empat warna yang terdapat pada knalpot asli diantaranya yaitu silver, titanium, merah dan hitam.


Pada bagian dasar logo diraba, maka akan terasa permukaan yang halus. Kata Pro yang terdapat pada merek Proliner akan terasa sedikit kasar dan agak menjorok ke bagian dalam.


Sisanya pada kata Liner, akan terdapat guratan secara vertikal dengan kehadiran paku rivet yang kecil. Hal ini tentu tidak akan ditemui jika melakukan pembelian knalpot palsu.


5. Karet Merah yang Menonjol


Hal yang paling mudah untuk membedakan antara knalpot Proliner asli dan palsu terletak pada karet merah. Karet merah ini melingkar pada bagian ujung knalpot, sehingga menyerupai gelang. Merupakan salah satu cara efektif yang digunakan perusahaan agar produknya susah untuk dipalsukan.


Nah, begitulah penjelasan terkait perbedaan knalpot Proliner asli dan palsu yang bisa pengguna ketahui sebelum melakukan transaksi pembelian.

BACA JUGA :

Cara Membedakan Knalpot CLD Asli dan Palsu


Pasrtikan sebelumnya untuk mengetahui setiap detail perbedaan yang paling mencolok. Jika sudah tahu akan barang yang asli, maka pengguna bisa dengan mudah menentukan mana yang asli maupun tiruan.




Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita