Download our available apps

Penyebab Karatan dan Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot dengan Coca Cola

Pewarta - Prana Hikmat
Penyebab Karatan dan Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot dengan Coca Cola
Ilustrasi : Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot dengan Coca Cola

BLOG OSCAS - Bagi pemilik kendaraan bermotor, knalpot memegang peran penting dalam menjalankan kendaraannya. Bagian ini sering terekspos dan terbuat dari bahan besi yang tentunya dapat mengalami karat. Tak perlu khawatir, sekarang cara menghilangkan karat pada knalpot dengan coca cola bisa dilakukan sendiri. Berbagai cara sederhana dapat memperbaiki kembali tampilan knalpot. Seperti apa?


Penyebab Knalpot Mengalami Karat


Bagian yang paling mudah berkarat pada motor adalah leher knalpot. Wajar, karena bagian tersebut dibuat dari bahan berupa logam. Saat ada oksidasi, karat bermunculan di permukaannya.


Apalagi knalpot termasuk komponen yang dipakai untuk melewati gas sisa pembakaran mesin. Belum lagi pemilik motor yang kesadarannya rendah dan jarang memperhatikan knalpot.


1. Jarang Dibersihkan


Terdengar sepele, namun rutinitas membersihkan knalpot sebenarnya berperan untuk mengatasi kemunculan karat. Kotoran sangat mudah menempel pada knalpot karena letaknya yang ada di bawah. Contohnya lumpur, pasir, atau tanah yang basah oleh hujan.


Kotoran yang tidak segera diatasi dapat bertumpuk, berkerak, kemudian menjadi penyebab dari karat. Apabila bagian luar dari knalpot tidak rutin dibersihkan dalam waktu lama, karat bisa muncul. Untuk itu pastikan memiliki jadwal rutin untuk melakukan pembersihan dengan mencuci motor.


2. Ada Uap Air di Tabung Knalpot


Seringkali embun serta uap air terdapat dalam saluran atau tabung knalpot dan menimbulkan karat jika tidak segera dibersihkan. Kemunculan uap ini berasal dari sisa gas emisi yang dikeluarkan oleh tabung knalpot sehingga memunculkan udara panas. Sedangkan pada bagian dalam knalpot terdapat pendingin.


Saat pendinginnya bekerja, uap air akan muncul dan perlu segera dikeluarkan. Apabila sistem knalpot banyak mengalami masalah dan uap airnya tidak dikeluarkan bahkan terjebak di dalam tabung, akan menjadi pemicu kemunculan karat.


3. Terpapar Air Hujan Serta Udara dari Air Laut


Air hujan serat udara yang berasal dari air laut juga membuat knalpot mudah mengalami karat. Meski begitu, polusi tinggi yang biasa ditemukan pada wilayah perkotaan pun dapat menjadi pemicu. Air hujan dan juga udara bisa menghasilkan oksida besi merah, disebut juga dengan karat.


Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot dengan Coca Cola


Knalpot berkarat jangan disepelekan, karena dampaknya bisa cukup menyulitkan. Karat yang dibiarkan berada di knalpot terus-menerus dapat menimbulkan kebocoran hingga merambat menuju bagian yang lain.


Mesin bisa menghasilkan panas berlebih hingga komponen lainnya ikut rusak. Untuk mengatasinya, ada cara sederhana memakai coca cola yakni seperti berikut:


1. Mempersiapkan Alat


Sebelum memulai cara menghilangkan karat pada knalpot dengan coca cola, sediakan alat yang diperlukan untuk melakukan pembersihan pada knalpot yang mengalami karat, yaitu:

  • Sikat gigi, bagian ujungnya dipotong sehingga lebih kaku dan mudah untuk membersihkan karat yang membandel.
  • Gelas plastik
  • Minuman bersoda berupa coca cola
  • Pasta gigi


2. Melepas Knalpot


Lepas knalpot yang menempel di mesin setelah semua bahannya lengkap. Hati-hati, periksa terlebih dahulu apakah suhunya masih panas. Sebenarnya cara ini dapat dilakukan tanpa melepas knalpotnya, namun akan lebih sulit untuk membersihkan hingga ke bagian dalam yang tak mudah dijangkau.


3. Membuat Campuran


Tuangkan pasta gigi secukupnya menuju gelas, lalu tambahkan air suhu panas hingga setengah gelas. Aduk sampai semuanya rata menjadi satu. Tuangkan minuman coca cola sampai gelasnya penuh, kemudian aduk lagi hingga ketiganya bercampur dengan rata.


4. Menyikat Knalpot dan Membilasnya


Oles cairan yang telah bercampur rata di knalpot yang mengalami karat. Cara menghilangkan karat pada knalpot dengan coca cola berikutnya, melakukan penyikatan sehingga karatnya bisa berkurang.


Tahap ini bisa diulang beberapa kali tergantung seberapa parah karat yang ada di knalpotnya. Boleh juga menyiramnya dengan coca cola tersebut secara langsung.
Agar lebih mudah, buatlah lubang kecil di tutup botolnya. Bilas knalpot setelah selesai disikat. Gunakan air mengalir agar kotoran bisa terbuang seluruhnya. Sesudah itu, pasang kembali knalpot dengan hati-hati.

BACA JUGA :

Simak Cara menghilangkan Baret di Knalpot Motor dengan Cepat


Demikian pembahasan mengenai penyebab munculnya karat serta cara menghilangkan karat pada knalpot dengan coca cola. Sebelumnya mungkin belum banyak yang tahu bahwa cara membersihkan karat yang mengganggu ini dapat dilakukan dengan metode-metode sederhana. Sekarang pemilik motor dapat rutin memeriksa kondisi knalpot dan segera menanganinya apabila terdapat karat.



Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita