Download our available apps

Ciri-ciri Kucing Sphynx yang Harus Anda Tahu

Pewarta - Prana Hikmat
Ciri-ciri Kucing Sphynx yang Harus Anda Tahu
Foto : Kucing Sphynx

BLOG OSCAS - Sepertinya ciri-ciri kucing sphynx tak sulit dibedakan, tampilannya yang khas tanpa bula dan eksotis. Membuat jenis kucing ini mudah di ingat. Hal inilah yang membuat kucing ini populer di kalangan pencinta binatang.


Sekilas mereka memang mirip seperti kucing botak tanpa bulu, sedang sakit atau dicukur. Walaupun penampilannya beda, kucing ini tetap dicintai dan diminati banyak orang. Bagi kamu yang belum tahu tentang kucing ini, berikut kami paparkan penjelasan singkatnya.


Mengenal Ciri-ciri Kucing Sphynx


Kucing sphynx tidak memiliki bulu di sekujur tubuhnya akibat mutasi genetik yang dialaminya. Karena banyak orang menganggap penampilannya eksotis, tak heran kucing ini masuk ras termahal.


Sebenarnya ada banyak ras kucing tanpa bulu lainnya seperti Donskoy, Ukrainian, Peterbald, Elf, dan Bambino. Secara umum mereka lahir tanpa bulu. Namun, mereka memiliki ciri khas yang bisa diidentifikasi secara khusus masing-masing ras.


1. Bagian Tubuh


Kucing sphynx memiliki tubuh yang ramping dan berotot. Proporsi tubuh mereka hampir sama dengan ras kucing Bengal. Kucing Sphynx tergolong berukuran sedang, bobot mereka berkisar 2,7 hingga 5,4 Kg.


Selain itu, kaki mereka yang tanpa bulu juga cenderung terlihat ramping dan panjang. Nah, poin inilah yang membuat kucing ini tampil elegan.


2. Warna bulu dan mata


Ternyata kucing sphynx masih memiliki bulu sangat pendek dan halus, lho. jika kamu membelainya maka akan merasakan bulu tersebut. Sama seperti ras kucing yang lain, kucing ini juga memiliki warna pola bulu yaitu hitam, putih, merah muda, lavender, tabby, mink, calico, dan pointed.


Mata mereka juga bervariasi dengan karakteristik besar, lebar dan bulan seperti buah lemon.


3. Usia


Ras kucing sphynx merupakan hasil mutasi genetik dan memiliki beberapa gangguan kesehatan sehingga umurnya tidak terlalu lama. Namun saat ini, kucing ini sudah melewati persilangan dengan ras lain sehingga usianya relatif panjang, yaitu bisa lebih dari 15 tahun.

BACA JUGA :
Ciri-ciri Kucing Chartreux yang Harus Kamu Tahu


Nah, itu dia ciri-ciri kucing sphynx yang memiliki karakteristik tersendiri. Bagaimana, sangat mudah bukan untuk mengingat cir khas kucing sphynx? Semoga membantu!

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita