Download our available apps

5 Cara Menghadapi Orang Sombong dan Angkuh Menurut Islam

Pewarta - Prana Hikmat
5 Cara Menghadapi Orang Sombong dan Angkuh Menurut Islam
Ilustrasi : Orang Sombong

BLOG OSCAS - Bertemu orang yang sombong dan angkuh memang sangat menjengkelkan. Mereka kerap memamerkan dan membanggakan apa yang ia punya. Orang yang sombong juga memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan sering merendahkan orang lain.


Namun, tak usah terlalu diladeni. Berikut cara menghadapi orang sombong dan angkuh menurut islam. Simak artikel ini sampai akhir ya.


Cara Menghadapi orang Sombong dan Angkuh


1. Juga bersikap angkuh kepadanya


Cara menghadapi orang yang sombong dan angkuh menurut islam ialah dengan juga bersikap sombong kepadanya. Hal ini bukan berarti kamu memiliki dendam atau ikut membanggakan diri. Melainkan sebagai pengingat kepada orang sombong dan lupa diri tersebut.


Agar ia menyadari bahwa bukan hanya dirinya yang bisa berada di atas, bukan hanya ia yang hebat, dan menyadari bahwa di atas langit masih ada langit. Dengan begitu ia akan malu dan mengurangi sifat sombongnya.


2. Mulai menjauh


Kamu bisa menjauh dan menghindari orang tersebut agar menghindari rasa jengkel dan berselisih pendapat. Namun, hal ini bukan berarti kamu memutuskan silaturahmi ya. Kamu bisa menghindar, jika orang tersebut mulai berlagak dan menonjolkan diri sendiri.


Daripada kamu emosi dan mengeluarkan kata-kata yang menyikatkan lebih baik kamu menjauh atau menjaga jarak.


3. Tetaplah bersikap baik


Selanjutnya kamu bisa tetap bisa bersikap baik pada orang sombong tersebut. Selalu terapkan pikiran positif dan perbanyak sabar agar kamu bisa tetap tenang berhadapan dengan orang sombong.


Sebagai seorang muslim, kamu harus tahu bahwa tidak ada yang bisa dibanggakan di dunia ini. Orang yang sombong bisa malu jika kita terus respon dengan baik.


4. Tetap menjadi diri sendiri


Tetaplah menjadi diri sendiri saat bersama dengan orang sombong. Jangan terpancing dengan sifat negatifnya sehingga kamu mengikuti sifat tersebut. Kamu boleh tetap bersamanya asal jangan sampai ketularan sifat tersebut.


5. Berusaha memaklumi


Pahamilah bahwa orang memiliki sifat yang berbeda-beda. Oleh karena itu, janganlah pusing dengan sifat orang yang sombong dan angkuh. Diam adalah solusi terbaik. Namun, alangkah lebih baik jika kamu bisa memberitahunya dengan halus.

BACA JUGA :

4 Cara Menghadapi Orang yang Licik dan Culas Dengan Mudah


Nah, itu dia cara menghadapi orang yang sombong dan angkuh menurut islam. Semoga bermanfaat!

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita