Download our available apps

3 Cara Menghadapi Orang yang Menagih Hutang Tanpa Panik

Pewarta - Prana Hikmat
3 Cara Menghadapi Orang yang Menagih Hutang Tanpa Panik
Ilustrasi : Orang yang Menagih Hutan

BLOG OSCAS - Memiliki hutang adalah hal yang wajar mengingat setiap orang memiliki kondisi ekonomi yang berbeda. Serta siapa pun tak ingin dikejar-kejar oleh si penagih hutang. Tak perlu panik dan kabur, begini cara menghadapi orang yang menagih hutang.


Kehadiran penagih hutang memang tidak disukai tapi bagaimana pun Anda harus menghadapinya, apalagi sudah mencapai tenggat waktu. Juga tidak dianjurkan bagi Anda jika kabur dari tanggung jawab. Kali ini kami akan memberi beberapa solusi. Jadi, simak artikel ini sampai akhir ya.


Cara Menghadapi Si Penagih Hutang


1. Terima dengan sopan


Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah sambut hangat si penagih hutang. Asalkan ia tidak berniat mengancam dan meneror Anda. Bagaimanapun ia telah membantu Anda dengan meminjamkan uang tersebut.


Persilahkan masuk ke rumah dan sajikan minuman. Jika Anda sudah memiliki uang alangkah baiknya segera bayarkan. Namun, jika belum punya sama sekali dan masih butuh waktu. Anda bisa membicarakannya baik-baik.


Namun, apabila mereka mengancam, berbuat kasar dan memberikan bunga tak masuk akal. Anda bisa meminta pertolongan pada orang terdekat atau tetangga.


2. Jujur dan tidak berbelit-belit


Bila si penagih hutang bersikap sopan dan ramah kepada Anda. Alangkah baiknya Anda memperlakukan mereka jauh lebih baik, jujur dan katakan apa adanya. Jangan pernah mencari-cari alasan untuk menghindari pembayaran.


Jika Anda melakukan hal itu, maka Anda mempersulit diri Anda sendiri. Bagaimana jika dikemudian hari Anda membutuhkan pinjaman lagi. Tentu orang tersebut tak akan mempercayai Anda kembali.


3. Hindari perdebatan


Cara menghadapi orang yang menagih hutang selanjutnya ialah hindari perdebatan. Cukupkan pertemuan Anda di sana. Perjelas alasan Anda jika tak sanggup membayar hari itu tanpa menyanggah atau berdebat dengannya.


Akhiri dengan kata sopan, tegas dan penuh penyesalan. Hal ini juga tidak akan membuat diri Anda dipandang buruk, lho. si penagih hutang justru tidak tega dan memaklumi alasan Anda.

BACA JUGA :

3 Cara Menghadapi Orang Tua yang Tidak Merestui Hubungan


Demikianlah beberapa cara menghadapi orang yang menagih hutang dengan mudah tanpa panik. Semoga bermanfaat!

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita