Download our available apps

Gak Perlu Ribet! Begini Cara Menghadapi Orang Yang Sok Pintar

Pewarta - Prana Hikmat
Gak Perlu Ribet! Begini Cara Menghadapi Orang Yang Sok Pintar
Ilustrasi : Orang Yang Sok Pintar

BLOG OSCAS - Tak perlu dibawa ribet, Begini cara menghadapi orang yang sok pintar di sekitar Anda. Memiliki pergaulan yang luas baik dari teman sekolah, teman kerja hingga tetangga samping rumah. Pasti Anda pernah mengalami kondisi ini.


Orang yang selalu sok pintar atau sok tahu memang menjengkelkan. Pasalnya, situasi ini cenderung merendahkan kita sebagai pendengar. Jika Anda berada pada situasi ini, terapkan saja cara di bawah ini.


Cara Menghadapi Orang yang Sok Pintar


1. Berpikir positif


Anda boleh jengkel tapi usahakan tetap hargai dia. Biarlah sifatnya yang begitu tapi Anda harus menampilkan sifat bijaksana. Anda cukup dengarkan perkataannya meski cenderung tak masuk akal. Serta tak perlu susah payah menanggapi semua omongannya.


2. Tak perlu memuji


Anda tidak perlu memuji orang yang sok tahu, karena itu bisa membuat ia semakin jadi-jadi. Anda juga tidak harus mencelanya karena itu bisa membuat Anda terpandang buruk. Cukup dengarkan dengan seksama. Jika Anda sudah merasa bosan, mulailah cari alasan yang logis untuk mengakhiri pembicaraan. Seperti ijin ke kamar mandi atau ada hal lain yang mendesak.


3. Jangan terbawa suasana dengan perkataannya


Bisanya saat bersama dengan orang yang sok pintar. Anda cenderung kehilangan kesabaran dan ingin memberitahu yang sesungguhnya. Namun, tenang saja. Anda tak perlu terpengaruh dengan yang ia perkataan.


Meski Anda tidak setuju dengan yang ia utarakan, Anda tak perlu menyanggahnya terlalu keras. Ada baiknya jika Anda hanya mengiyakan seluruh ucapannya.


4. Tegur dengan perlahan


Cara menghadapi orang yang sok pintar selanjutnya tegur ia secara perlahan. Pada dasarnya orang yang sok pintar bisa menerima teguran. Anda bisa sedikit menegurnya dan memberitahu yang sesungguhnya.


Namun, jika ia masih tetap tidak yakin dengan apa yang kita ungkapkan. Anda cukup mendengarkannya saja.


BACA JUGA :

5 Cara Menghadapi Orang yang Sensitif Dengan Mudah


5. Sedikit menghindari


Jika mendengarkan opini orang yang sok pintar membuat Anda jengkel. Anda bisa menghindarinya agar tidak kesal sendiri. Batasi pertemuan dan obrolan dengan orang tersebut agar suasana hati Anda tetap baik.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita