Download our available apps

5 Cara Menghadapi Orang yang Sensitif Dengan Mudah

Pewarta - Prana Hikmat
5 Cara Menghadapi Orang yang Sensitif Dengan Mudah
Ilustrasi : Orang Sensitif

BLOG OSCAS - Dalam sebuah lingkup pergaulan sehari-hari pasti Anda pernah menemui orang yang sensitif. Biasanya orang yang seperti ini cenderung cepat marah dan ngambek. Tak perlu ikutan marah, begini cara menghadapi orang yang sensitif dengan mudah.


Jika orang yang sensitif adalah teman dekat Anda sendiri, sudah seharusnya Anda menghadapi dengan sabar sehingga tidak menghancurkan hubungan pertemanan. Daripada berlama-lama lagi, yuk, simak artikel ini sampai akhir ya.


Cara Menghadapi Orang yang Sensitif


1. Perhatikan tentang topik pembicaraan


Orang yang sensitif cenderung sakit hati. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda berhati-hati dalam memilih topik pembicaraan. Usahakan tidak berbicara yang bisa menyinggung hatinya. Misalnya menanyakan tentang hubungan pernikahan, pekerjaan, gaji dan keluarga.


Banyak orang yang berpendapat bahwa topik tersebut tidak pantas ditanyakan pada siapapun sebab sifatnya sangat pribadi.


2. Buatlah suasana lebih santai


Saat kondisi pertemanan Anda tidak nyaman, buatlah suasana lebih santai dengan mengajaknya membahas hal yang disuka, mengajak minum atau berpindah tempat. Jangan ragu untuk mencairkan suasana saat salah satu teman Anda sedang ngambek.


3. Dekati teman secara perlahan


Ketika ada orang yang sedang sensitif karena sikap Anda. Jangan pernah ikutan marah atau malah membiarkan begitu saja. Coba dekati teman tersebut secara perlahan dan ajak berbicara hal lain. Anda bisa merayunya dengan berbagi kisah lucu atau mencoba mentraktirnya.


Bagaimanapun Anda harus bersikap begini karena teman tersebut sedang marah kepada Anda. Jadi, ada baiknya Anda bertanggung jawab untuk meluruskan pertemanan kembali.


4.  Tegur secara halus


Cara menghadapi orang yang sensitif selanjutnya ialah menegurnya secara halus. Jelaskan secara baik-baik jika pembicaraan dengan Anda harus saling mengerti dan jangan mudah ngambek. Jika Anda menyampaikannya dengan positif, saran tersebut akan diterima baik, lho.


5. Setia menemaninya


Di saat mereka sedang sensitif, menemani bisa menjadi berarti baginya. Seorang yang sensitif biasanya cenderung kesepian dan rapuh. Oleh karena itu, tak ada salahnya Anda selalu menemaninya dan ajak ia bercerita.

BACA JUGA :

Begini Cara Menghadapi Orang yang Membully Kita


Nah, itu dia beberapa cara menghadapi orang yang sensitif dengan mudah. Yuk, buatlah kondisi pertemanan lebih sehat.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita