Download our available apps

Begini Cara Menghadapi Orang yang Membully Kita

Pewarta - Prana Hikmat
Begini Cara Menghadapi Orang yang Membully Kita
Ilustrasi : Pelaku Bullying

BLOG OSCAS - Bully adalah tindakan sabotase, intimidasi, dan penindasan yang dilakukan oleh satu orang atau kelompok. Jika Anda pernah mengalaminya, Anda tak boleh membiarkan berlarut-larut. begini cara menghadapi orang yang membully kita dengan benar.


Kasus bullying kerap terjadi di mana pun, baik sekolah, lingkungan bermain hingga lingkungan kerja. Namun, paling sering dan umum kita jumpai adalah lingkungan sekolah. Kurangnya pengawasan orang tua dan guru membuat hal ini terjadi.


Cara Menghadapi Pelaku Bullying


1. Tunjukkan rasa percaya diri


Memiliki rasa percaya diri yang tinggi adalah salah satu faktor terhindar dari bullying. Untuk membangun tingkat percaya diri, Anda bisa membuat bahasa tubuh yang meyakinkan, berani melakukan tatap mata, dan berjalan dengan santai.


Latih anak atau teman Anda untuk membiasakan perilaku ini. Membangun mental yang kuat adalah kunci utama tidak ditindas seseorang. Sebab orang yang dibully cenderung mereka yang penurut, diam, dan penakut.


2. Gunakan suara tegas


Biasanya orang yang cenderung dirundung karena tidak memiliki pembicaraan yang tegas. Jika Anda pernah dibully, jangan biarkan hal itu terlalu lama. Mulailah gunakan suara yang lantang dan tegas bahwa Anda tak segan-segan untuk melaporkan mereka pelaku bullying.


3. Berteriak


Cara menghadapi orang yang membully kita selanjutnya ialah berteriak. Anda bisa berteriak sekencang mungkin agar pelaku bully menjadi sorotan dan menghentikan aksinya. Jika Anda hanya diam saja, mereka akan terus membully Anda dan menjadikan sebagai hiburan mereka.


4. Mengikuti kelas bela diri


Sebenarnya ini termasuk antisipasi jika Anda bertemu kembali dengan pelaku bully. Jika Anda sudah membekali diri Anda dengan bela diri, maka menghadapi pelaku bully juga tidak akan segan. Sebab Anda sudah memiliki cara dasar untuk melawannya.


Meskipun Anda tidak pernah dibully, ada baiknya untuk mengikuti kelas ini sebagai pelindung diri ketika membutuhkan pertolongan. Seperti menghadapi seseorang yang mengancam ketika berjalan sendirian.

BACA JUGA :

Begini 3 Cara Menghadapi Orang yang Jahat Menurut Islam


Nah, itu dia beberapa cara menghadapi orang yang membully kita dengan benar. Tak perlu takut untuk melawan asalkan Anda tidak salah. Semoga bermanfaat!

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita