Download our available apps

Begini 3 Cara Menghadapi Orang yang Jahat Menurut Islam

Pewarta - Prana Hikmat
Begini 3 Cara Menghadapi Orang yang Jahat Menurut Islam
Ilustrasi : Orang yang Jahat

BLOG OSCAS - Dalam kehidupan kita, pasti ada seseorang yang berbuat tidak baik kepada kita. Hal ini murni wajar, mengingat manusia diciptakan dengan sifat yang berbeda-beda. Ada yang memiliki hati mulia, sabar dan tabah serta ada juga yang hatinya dipenuhi kebencian sehingga cenderung berbuat jahat.


Begini cara menghadapi orang yang jahat menurut Islam. Kendati demikian, dalam Islam diajarkan untuk tidak menanamkan sifat suudzon terlebih dahulu. Sebagaimana yang sudah termaktub dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat : 107:


Artinya: “Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”


Saat Anda menemui orang yang tidak suka dan berbuat jahat, hendaklah lakukan cara perlindungan tanpa memiliki rasa dendam kepadanya.


Cara Menghadapi Orang yang Jahat


1. Belajar bela diri


Belajar bela diri juga dianjurkan agar kita memiliki pelindung saat bertemu orang yang jahat. Namun ingat, Anda hanya boleh menggunakan ilmu bela diri sebagai pembelaan bukan untuk menindas orang dan semena-mena.


2. Berdoa


Selain dengan belajar bela diri, Anda bisa memperkuatnya dengan berdoa agar dijauhkan oleh orang yang ingin berbuat jahat.  Doa ini berada pada QS. Ali ‘Imran ayat : 147 yang artinya:


 “Ya Tuhan kami, semoga Engkau mengampuni kesalahan serta tindakan yang berlebih-lebihan dalam urusan kami, dan tetapkanlah pendirian (Keimanan atas ke-Esa-an Mu) kami, dan tolonglah kami dari tipu daya orang-orang yang mengingkari-Mu.”


3. Maafkanlah


Jika ia berbuat jahat karena sifat Anda, segeralah minta maaf dan intropeksi diri. Tapi jika Anda tak merasa bersalah dan tidak tahu apa-apa. Maafkanlah orang tersebut. Memaafkan jauh lebih mulia daripada menyimpan dendam. Berdasarkan QS. Al-Syuura ayat : 40.


Artinya: “ Maka barang siapa memaafkan dan berbuat baik maka pahalanya atas (tanggungan) Allah.”
Demikianlah cara menghadapi orang yang jahat menurut Islam. Semoga bermanfaat!


Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita