Download our available apps

Pasti Bersih! Ini Dia Cara Menghilangkan Bulu Di Baju Rajut

Pewarta - Prana Hikmat
Pasti Bersih! Ini Dia Cara Menghilangkan Bulu Di Baju Rajut
Ilustrasi : Cara Menghilangkan Bulu di Baju Rajut

BLOG OSCAS - Sisa serat pada baju rajut seringkali mengganggu karena pakaian tampak memiliki lapisan bulu. Untungnya ada beberapa cara menghilangkan bulu di baju rajut yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Mencuci baju rajut saja tidak cukup untuk menghilangkan bulu yang menempel. Bulu harus dihilangkan terlebih dahulu sebelum dicuci. Beberapa bahan dan alat di rumah ternyata bisa digunakan.

Simak apa saja cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan tampilan baju rajut menjadi cantik kembali.

Cara Menghilangkan Bulu Di Baju Rajut agar Tetap Tampil Cantik


Serat berbulu pada baju rajutan bisa muncul karena salah mencuci. Baju rajut membutuhkan perawatan yang berbeda, bahkan ada yang dilarang dicuci dan dikeringkan menggunakan mesin cuci.

Selain bulu, jika dicuci dengan mesin baju akan cepat molor. Ketika digunakan tidak akan tampil indah seperti bentuk semula. Cara menghilangkan bulu di baju rajut ada beberapa pilihan yang bisa dicoba.

1.  Membersihkan dengan Isolasi


Isolasi bukan hanya bisa digunakan sebagai perekat ketika membungkus paket. Kamu juga bisa menggunakannya untuk menghilangkan bulu pada pakaian rajutan.

Caranya cukup siapkan isolasi dan roll kayu yang biasa digunakan untuk kue. Pertama, lilitkan isolasi pada penggulung kayu dengan bagian yang memiliki perekat di bagian luar.

Lilitkan dengan cara spiral sampai ke seluruh permukaan penggulung kayu. Buka lebar pakaian rajut kemudian gulungkan kayu tersebut di permukaan baju. Lakukan sampai semua bulu serat menghilang.

Jika masih ada bulu yang menempel karena isolasi sudah kehilangan kerekatannya, cukup ulangi sekali lagi. Baju yang sudah bersih baru siap untuk dicuci kembali.

BACA JUGA :

Praktis! Ini Cara Menghilangkan Karat Pada Rantai Tas



2. Mengusapkan Batu Apung


Cara menghilangkan bulu di baju rajut yang cukup praktis lainnya adalah memanfaatkan batu apung. Pilih batu apung yang permukaannya cukup halus namun tetap memiliki banyak rongga.

Prosesnya adalah dengan tinggal mengusapkan batu apung ke permukaan baju rajutan satu arah saja. Kamu tidak perlu menekan terlalu keras, cukup dengan ringan sampai bulu terkumpul ke satu arah.

Bulu bisa langsung diangkat menggunakan tangan dan sisanya menempel pada batu apung. Bersihkan debu di batu apung dan lakukan sampai bersih. Cara ini harus dilakukan hati-hati agar tidak merusak rajutan.

3. Memanfaatkan Busa Cuci Piring


Spons pencuci piring memiliki dua sisi, yang satu kasar dan satu lagi halus. Kamu bisa memanfaatkan bagian busa yang kasar untuk menghilangkan bulu.

Busa cuci piring juga bisa menjadi cara menghilangkan bulu di pakaian hitam yang kotor karena debu. Pastikan juga untuk menggunakan busa cuci piring yang baru dan dalam keadaan kering.

Caranya adalah menggosokan bagian busa yang kasar perlahan ke permukaan baju rajutan. Lakukan ke satu arah saja agar lebih cepat dan angkat langsung bulu yang terkumpul.

Ulangi cara ini beberapa kali sampai semua bulu hilang dan pakaian bersih. Kamu tidak akan merasa terganggu lagi dengan serat bulu yang menempel.

BACA JUGA :

Inilah 5 Cara Menghilangkan Noda Pada Tas Jelly yang Bisa Anda Lakukan dengan Mudah dan Praktis


4. Menggunakan Pisau Cukur


Pilihan cara menghilangkan bulu di baju rajut yang terakhir ini cukup efektif namun harus dilakukan dengan sangat-hati-hati. Kelalaian akan membuat pakaian kesayanganmu justru berlubang.

Caranya dimulai dengan merentangkan pakaian sehingga lebih mudah untuk dibersihkan. Kemudian arahkan pisau cukur searah dengan bentuk rajutan secara perlahan.

Gunakan pisau cukur yang masih tajam dan juga kering. Lakukan pelan-pelan, sama seperti ketika menggunakan batu apung. Bisa sedikit diangkat sampai semua bulu terangkat.

Bersihkan pisau cukur sesekali agar bisa menghilangkan bulu maksimal. Raba permukaan pakaian, jika sudah bersih maka hentikan prosesnya.

Pisau cukur juga bisa menjadi cara menghilangkan bulu di hoodie berbahan fleece. Caranya sama dan harus dengan kehati-hatian, karena bahan fleece termasuk lebih tipis.

Apabila pakaian atau sweater berbulu sudah bersih kamu harus mencucinya. Pisahkan bahan rajutan ini dengan pakaian lain supaya bulu tidak kembali menempel.

Pakaian juga akan mudah dicuci jika sebelumnya direndam terlebih dahulu kurang lebih 15 menit. Baru setelah itu bisa dicuci dan juga dijemur seperti biasa.

Tidak sulit bukan mengikuti semua cara menghilangkan bulu di baju rajut ini. Kamu tidak perlu lagi malu karena pakaian rajut yang penuh bulu serat.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita