Download our available apps

Cara Menghilangkan Bau Solar Di Baju Yang Mudah dan Pasti Berhasil

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Menghilangkan Bau Solar Di Baju Yang Mudah dan Pasti Berhasil
Ilustrasi cara menghilangkan bau solar di baju. Sumber Foto : freepik.com

BLOG OSCAS  - Cara menghilangkan bau solar di baju sebenarnya gampang. Sebelum Anda menyerah dengan noda dan baunya, coba menyelamatkan baju kesukaan tersebut. Ketika tidak sengaja kena solar  saat mengisi bensin mobil memang mengesalkan, tapi bukan berarti tidak ada solusinya.


Tata Cara Menghilangkan Bau Solar di Baju Secara Ampuh


Untuk benar-benar menghilangkan bau solar yang menyengat ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Pastinya, baju tidak bisa dimasukkan pada mesin cuci bersamaan dengan baju lainnya. Hal ini bisa menyebabkan baju lain terkena bau yang sama.


Memasukkannya langsung pada mesin cuci juga belum tentu bisa melenyapkan bau solar secara sempurna. Berikut adalah tahapan yang bisa Anda lakukan sebagai tata cara menghilangkan bau solar di baju yang pasti berhasil .


1. Air Panas


Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan sesuai tingkat keparahan bau solar yang menempel pada baju Anda. Bisa memulainya dengan membilas pakaian dengan air panas. Diharapkan panas bisa mengangkat bau Solar dengan mudah.


Jangan langsung pakai detergen kalau Anda ingin bisa membedakan wangi deterjen dan solar yang tercuci bersih. Kucek dengan tangan dan esekali berhenti untuk memastikan apakah bau sudah hilang atau tidak. Coba menjemurnya dan periksa kembali kalau bau tersebut sudah hilang.


2. Sabun Cuci Piring


Komposisi sabun cuci piring dan baju berbeda. Kalau sabun cuci piring diformulasikan untuk menghadapi minyak dan material bandel lainnya. Jadi, bisa saja Anda mencoba untuk mengangkat bau Solar yang menempel pada baju dengan memakai sabun cuci piring.


Berikan sedikit sabun  cuci piring cair pada bagian terkena Solar, kucek beberapa kali sampai tidak mencium bau solar. Hal ini bisa diyakinkan dengan menjemur baju. Kalau cara menghilangkan baju solar di baju dengan cara ini tidak berhasil, masih ada cara lain yang Anda bisa coba.


3. Kopi Gilingan


Kalau sabun cuci piring tidak ampuh, Anda bisa mencoba butiran kopi gilingan. Bahan minuman ini bisa menetralkan bau Solar atau bensin. Jadi, Anda perlu mendapatkan kopi giling  dan aplikasikan dengan cara menaburkannya pada bagian yang terkena noda.


Diamkan taburan kopi atau soda kue selama beberapa waktu. Biarkan zat di dalamnya menetralisir bau menyengat dari Solar. Setelah beberapa saat, umumnya tunggu sampai 5 jam atau lebih dan kemudian bilas dan periksa apakah baju masih bau atau tidak.


4. Minyak Bayi


Kalau tidak ada soda kue atau sabun cuci piring, ada alternatif lain yakni minyak bayi. Anda bisa melawan bensin dengan minyak bayi  karena komponen keduanya saling menetralisir. Cara menghilangkan bau Solar dari baju dengan minyak bayi sama dengan metode lainnya.


Anda tinggal menuangkan minyak bayi pada noda Solar dan menggosoknya. Jika ingin mengangkatnya dengan leluasa, Anda bisa memakai kain perca dibasahi minyak bayi dan gosokkan pada permukaan baju. Cara ini bisa jadi pilihan bagi Anda yang punya bayi.


5. Baking Soda


Ini adalah bahan serba guna yang memiliki multifungsi. Sifatnya yang basa sangat pas menangani bau solar menyengat, oli membandel dan lain sebagainya. Cara memakai baking soda untuk bau solar pada baju adalah dengan menaburkannya pada bagian pakaian yang terkena solar.


Sebelum dibilas atau dibersihkan dengan tangan, terlebih dahulu diamkan baju dengan mendapat baking soda setidaknya sehari atau dua hari. Berikan waktu untuk baking soda bekerja dan menghilangkan bau solar pada pakaian Anda.


6. Cuka


Tidak ada satupun cara diatas yang berhasil? Cara menghilangkan bau solar di baju lainnya adalah dengan merendam pakaian dengan cuka. Komposisi cuka seharusnya dapat menangani bau solar yang menyengat.


Rendam setidaknya untuk beberapa saat, bilas dengan air dan pastikan kalau pakaian sama sekali tidak bau solar. Agar lebih bersih, setelah bau hilang, masukkan pakaian ke mesin cuci dan cuci seperti biasa.

BACA JUGA:

5 Cara Menghilangkan Bau Tas Kulit Sintetis yang Bisa Anda Lakukan


Itulah beberapa cara menghilangkan bau Solar di baju yang bisa Anda terapkan ketika situasi tersebut terjadi. Cara yang sama bisa dicoba untuk menghilangkan bau bensin atau bau lainnya yang mengganggu. Silahkan Anda coba sendiri dan buktikan keampuhannya.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita