Download our available apps

Kenali Apa Penyebab HP Cepat Panas dan Cara Mengatasinya Berikut

Pewarta - Prana Hikmat
Kenali Apa Penyebab HP Cepat Panas dan Cara Mengatasinya Berikut
Foto oleh MART PRODUCTION dari Pexels

Salah satu informasi penting yang harus dipahami pengguna gadget ialah apa penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya secara cepat? Hal ini karena masalah yang satu ini sangat sering terjadi dan meresahkan para pengguna. Untuk itulah, sebaiknya perhatikan uraian berikut dengan cermat agar jika suatu saat mengalami kejadian serupa, dapat mengatasinya!

1. Kerusakan Pada Baterai

Hal pertama yang kerap menjadi pusat perhatian ketika membicarakan apa penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya ialah komponen baterai. Pasalnya, baterai smartphone didesain dengan daya yang kuat sehingga membuatnya cepat panas. Bahkan bila suhu semakin ekstrem, baterai bisa sewaktu-waktu meledak. Jika pengguna menemukan kasus seperti ini, ada baiknya segera ganti baterai smartphone. Tujuannya, agar tidak menimbulkan kerusakan yang lebih serius.

2. Penggunaan CPU yang Berlebihan

Selain faktor baterai yang bisa membuat smartphone cepat panas, CPU dan GPU, perangkat utama dalam sistem android juga rentan cepat panas. Khususnya, jika digunakan secara berlebihan dalam waktu yang lama. Perlu diketahui, CPU dan GPU akan bekerja dua kali lipat lebih berat ketika pengguna sedang menggunakan aplikasi. Hal inilah yang akan memicu panas dari dalam ponsel.

Ketika pengguna smartphone sedang bermain game terus menerus, umumnya GPU dan CPU bekerja lebih keras sehingga membuat ponsel cepat panas. Cara mengatasinya adalah mengurangi penggunaan smartphone ketika bermain game. Hal ini harus dilakukan, agar ponsel pengguna tidak rusak karena penggunaan yang terlalu lama.

3. Penggunaan Ponsel di Bawah Matahari

Smartphone akan cepat panas ketika berada di suhu tinggi, terlebih ketika pengguna memakainya di bawah sinar matahari langsung. Jika terlalu sering menggunakan ponsel di bawah matahari langsung, akan mengakibatkan cepat panas dan rusak. Solusinya adalah coba batasi penggunaan smartphone di luar ruangan, apalagi ketika matahari sedang terik. Jika terpaksa menggunakan ponsel ketika cuaca sangat panas, sebaiknya tutupi dengan topi, tas atau benda lain agar tidak terpapar langsung.

4. Terlalu Banyak Membuka Aplikasi

Pengguna seringkali tidak menyadari banyak aplikasi berjalan yang dibuka di smartphone. Padahal tidak semua aplikasi yang dibuka tersebut pengguna gunakan setiap hari. Hal inilah yang membuat HP cepat panas. Aplikasi berjalan yang terlalu banyak pada smartphone akan membuat perangkat bekerja lebih keras dan membuat baterai cepat panas.

Solusinya adalah, pilih aplikasi berjalan mana yang sering digunakan dan aplikasi mana yang tidak terlalu sering dipakai. Tutup aplikasi yang tidak banyak dipakai untuk menghemat lebih banyak baterai. Bila perlu, pengguna bisa uninstall aplikasi yang tidak pernah digunakan agar kinerja ponsel lebih optimal.

5. Streaming Video Terus Menerus

Layanan televisi berbayar yang ada saat ini banyak diminati pengguna smartphone, namun dampak buruknya adalah penggunaan streaming video dalam waktu lama, akan membuat perangkat cepat panas. Hal ini terjadi karena GPU pada sistem android bekerja lebih keras sehingga membuat baterai HP cepat panas.

Untuk mengatasinya, coba atur waktu penggunaan smartphone ketika sedang streaming video. Terlebih batasi waktu menonton agar smartphone tidak digunakan sepanjang hari. Beri waktu istirahat pada smartphone agar sistem dapat melakukan penyegaran dan tidak sampai panas.

Mengenali apa penyebab hp cepat panas dan cara mengatasinya menjadi hal penting jika smartphone ingin awet dan tidak cepat rusak. Pengguna smartphone harus menggunakan perangkatnya secara bijak. Jika memang baterai sudah mulai panas sebaiknya hentikan terlebih dahulu penggunaan smartphone. Agar perangkat melakukan penyegaran sistem, dan kembali bisa bekerja optimal ketika dipergunakan.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita