Download our available apps

Cara Mengatasi Aplikasi Yang Tidak Merespon Di HP Android Terbaru

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Mengatasi Aplikasi Yang Tidak Merespon Di HP Android Terbaru
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Di dalam handphone setiap pengguna pasti terdapat berbagai aplikasi baik instalasi sendiri atau aplikasi bawaan yang seru untuk dimainkan. Sayangnya, terkadang beberapa aplikasi tersebut sering berhenti tiba-tiba ketika digunakan. Untuk itu, banyak pengguna mencari cara mengatasi aplikasi yang tidak merespon di hp android. Apabila ingin lebih mengetahuinya, maka perhatikan uraian berikut:

1. Lakukan Update Aplikasi

Periksa kembali semua aplikasi yang berada di android, baik itu bawaan maupun yang dipasang sendiri. Caranya melihat pada Play Store yang tersedia di setiap HP. Kemudian pilih Pengaturan pada bagian atas sebelah kiri. Lalu klik menu Aplikasi dan Game Saya, di sana akan terlihat semua pemberitahuan.

Langkah pembaruan ini dimaksudkan untuk mengurangi kesalahan yang terjadi, serta menambah kestabilan sistem saat dijalankan sejak lama. Tapi biasanya untuk android keluaran terbaru, akan langsung melakukan pembaruan secara otomatis tanpa harus melakukan perubahan pada menu Pengaturan.

2. Hentikan Aplikasi

Hentikan secara paksa aplikasi jika tidak bisa berfungsi maupun berjalan sebagaimana mestinya. Yakni lewat Pengaturan android. Apabila setiap kali saat dijalankan kembali mengalami masalah, biasanya terjadi karena belum ditutup seutuhnya. Sehingga solusi penghentian paksa untuk cara mengatasi aplikasi yang tidak merespon di hp android terbilang cukup efektif. Karena akan menyegarkan kinerja sistem secara maksimal.

Langkahnya, dengan ketuk dan tahan aplikasi tertentu yang dianggap sedang bermasalah. Kemudian di bagian bawah pilih opsi menu Paksa Berhenti. Lalu kembali aktifkan lagi aplikasi tadi. Tindakan tersebut biasanya akan berhasil, kecuali ada bug yang berlebihan dari dalam sistemnya.

3. Periksa Kembali Pembaruan Yang Ada

Lakukan pengecekan terhadap aplikasi yang baru saja diperbaharui. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui permasalahan yang masih ada. Tapi terkadang, pengguna juga perlu untuk menunda pembaruan tersebut untuk mengurangi risiko tidak kompatibel dengan sistem dari android.

Dengan segala fitur yang ada, pengguna bisa melakukan pemeriksaan secara otomatis maupun manual. Tapi jika ingin melakukan pemeriksaan secara manual, langkah berikut mungkin bisa dicontoh:

Buka Pengaturan;

Pilih menu Sistem; dan

Klik opsi Pembaruan Sistem Perangkat atau opsi Lanjutan.

4. Copot Pemasangan dan Pasang Kembali Aplikasi

Akseslah android untuk melakukan pencopotan aplikasi yang sering mengalami kendala. Lalu pasang kembali dengan yang baru. Karena tindakan pencopotan ini, bisa mengatasi file yang ada di dalam software yang mengalami masalah.

Adapun cara yang bisa dilakukan untuk menghapusnya, cukup pilih logo aplikasi dengan lama sampai tersedia daftar opsi dalam layar. Selanjutnya pilih Uninstall untuk menghapus. Jika ingin memasang kunjungi Play Store, lalu cari aplikasinya dan pasang kembali. Perlu diingat, pencopotan ke beberapa aplikasi bisa menghapus data dari media.

5. Reset Ke Pengaturan Awal

Lakukan penyetelan ke pengaturan awal dengan melakukan reset pada android yang digunakan. Perlu diperhatikan, langkah ini akan berdampak pada penghapusan secara permanen semua data yang tersedia pada smartphone. Jadi, alangkah lebih baik jika melakukan pencadangan semua data terlebih dahulu untuk mengurangi risiko kehilangan berkas penting di dalamnya.

Untuk melakukan reset ke pengaturan awal pada perangkat, cukup cari menu Pengaturan, dan pilih menu Sistem. Jika sudah, langsung klik opsi Kembalikan Ke Setelan Pabrik. Perlu diingat, bahwa ada beberapa menu setelan pabrik dengan penamaan berbeda, namun dengan fungsi sama pada berbagai jenis ponsel.

Demikian pembahasan cara mengatasi aplikasi yang tidak merespon di HP android terbaru. Sebaiknya, cara tersebut diikuti dengan hati-hati dan runut, agar tidak ada perintah yang terlewatkan. Bagaimana? Tertarik untuk menggunakan rekomendasi cara di atas?

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita