Download our available apps

Cara Agar Speaker Bluetooth Tidak Lagi Menggunakan Baterai Tapi dengan Listrik

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Agar Speaker Bluetooth Tidak Lagi Menggunakan Baterai Tapi dengan Listrik
Foto oleh Fernando Arcos dari Pexels

Speaker bluetooth sering mengalami masalah pada baterai? Memang kebanyakan peralatan elektronik jika sudah sering dipakai akan mengalaminya. Maka dari itu, perlu cara agar speaker bluetooth tidak lagi menggunakan baterai, dengan alternatif menggunakan listrik. Jika masih penasaran, berikut caranya:

1. Siapkan Peralatan

Carilah beberapa peralatan sebelum melakukan cara agar speaker bluetooth tidak lagi menggunakan baterai. Beberapa peralatan tersebut adalah obeng, penjepit kecil, lem bakar, pemanas mini, solasi, solder. Jika sudah, cek dahulu peralatan tersebut sebelum dipakai karena bisa jadi saat penggunaan ada beberapa masalah yang timbul.

Selain itu, langkah pemeriksaan dimaksudkan untuk memastikan kembali jika ada peralatan yang belum tersedia atau mengalami cacat produk. Proses mempersiapkan peralatan memang terkesan mudah tapi harus diperhatikan dengan cermat serta teliti, agar tidak terjadi kesalahan. Bila semua peralatan dirasa sudah sesuai dengan yang dibutuhkan bisa langsung digunakan untuk proses selanjutnya.

2. Pilih Bahan Untuk Dipakai

Siapkan speaker bluetooth, kepala charger bertegangan 5 volts, serta kabel USB, untuk dipakai sebagai bahan utama kali ini. Tapi untuk speaker bluetooth yang digunakan bisa memakai yang rusak, jangan gunakan jika masih bisa menggunakan baterai untuk menghindari resiko. Perlu diperhatikan juga pada tegangan dari kepala charger atau kabelnya.

Bahan yang dipakai sebenarnya bisa dipilih sesuai dana yang ada, tidak harus memakai barang berkualitas dan mahal. Tujuannya, tidak lain untuk menghemat uang maupun mengurangi resiko jika terjadi kegagalan dalam prosesnya. Karena, bila menggunakan bahan berkualitas pun sebenarnya juga belum tentu memberikan hasil yang memuaskan.

3. Bongkar Speaker Bluetooth

Bukalah setiap bagian dari speaker bluetooth tersebut dengan menggunakan obeng yang sudah dipersiapkan. Caranya dengan merenggangkan baut yang ada di bagian bawah maupun atas dari benda tersebut. Tapi terkadang ada kasus di mana baut sudah berkarat, sehingga saat melepasnya perlu kehati-hatian, agar tidak terjadi kerusakan pada bagian alurnya.

Akan tetapi, jika terlalu susah karena alur yang sudah berkarat sampai melekat ke bahan, bisa diakali dengan meneteskan pelumas ke bagian baut. Lalu saat merenggangkan juga harus perlahan sambil digoyangkan sedikit ke arah kanan kiri agar karatnya mulai melunak. Jika sudah diambil semua, bisa lakukan pembongkaran tiap part yang ada.

4. Lakukan Perubahan Pada Bagian Speaker Bluetooth

Pisahkanlah setiap bagian dari Speaker Bluetooth yang ada, mulai dari bagian kabel, PCB, serta bagian kerangka luar. Selanjutnya untuk melakukan perubahan pada speaker Bluetooth yang rusak pada bagian baterainya, bisa amati bagian PCB. Karena bagian PCB merupakan rangkaian elektronik yang ada. Berikut cara yang bisa dilakukan:

Cari jalur ke arah baterai serta charger, lalu ambil konektornya, maupun ambil kabel yang ada menggunakan soldier, jika tipenya berupa kabel. Tapi untuk tipe konektor gunakan lem bakar, pemanas mini, serta penjepit kecil;

Perhatikan bagian plus atau minus dari PCB pada jalur tersebut;

Ganti bagian dari jalur charger baterai dengan kabel USB yang tinggal menyisakan serabut tembaga pada ujungnya;

Sambungkan kabel USB dengan cara melakukan soldier pada ujungnya dan sesuaikan dengan bagian plus atau minusnya; dan

Jangan lupa kabel yang terkelupas bisa ditutupi menggunakan solasi yang sudah disediakan.

5. Pasang Kembali

Rangkai kembali semua bagian yang tadinya terbongkar seperti PCB, kerangka luar serta kabel yang ada. Tapi saat menyatukan jangan sampai tergesa-gesa, agar hasilnya tidak sampai merusak karena tujuannya memperbaiki. Jika sudah selesai, bisa mengecek kembali agar hasilnya rapi serta tidak meninggalkan bekas apapun.

Untuk mengetahui apakah cara agar speaker bluetooth tidak lagi menggunakan baterai sudah benar dan hasilnya memuaskan. Bisa langsung memainkannya dengan menyambungkan ke laptop atau stop kontak dengan bantuan dari kepala charger.

Itulah langkah atau cara agar speaker bluetooth tidak lagi menggunakan baterai tapi menggunakan listrik yang bisa digunakan. Cara tersebut cocok jika dijadikan sebagai solusi untuk baterai pada speaker yang telah mengalami masalah. Bagaimana, sudah siap untuk mencobanya?

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita