Download our available apps

Cara Menggunakan Fitur NFC yang Bermanfaat untuk Kegiatan Sehari-Hari

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Menggunakan Fitur NFC yang Bermanfaat untuk Kegiatan Sehari-Hari
Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

NFC merupakan fitur yang banyak tersemat di ponsel, khususnya kelas flagship dan mid-range. Fitur ini dapat mengirim dan menerima data dalam medan dekat dengan memanfaatkan teknologi RFID. Ini memiliki kelebihan utama, terletak pada cara menggunakan fitur NFC yang terbilang mudah dan sangat membantu aktivitas sehari-hari.

Teknologi Radio frequency identification atau RFD yang digunakan NFC, memungkinkan adanya transfer informasi dengan induksi elektromagnetik. Karena itu NFC dapat melakukan identifikasi pembayaran dengan hanya menempelkannya saja. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara memanfaatkan NFC dalam kegiatan sehari-hari:

1. Lakukan Pembayaran Elektronik

Seperti yang telah disebutkan, salah satu cara menggunakan fitur NFC di kehidupan sehari-hari adalah sebagai media pembayaran. Caranya cukup menempelkan ponsel untuk bertransaksi. Pembayaran pun dapat dilakukan dengan mudah.

Penggunanya juga dapat melakukan pengecekan saldo bahkan pengisian saldo (top up) e-money dengan menempelkan kartu di belakang ponsel. Untuk mengecek saldo, setelah menempelkan kartu selanjutnya buka aplikasi cek saldo. Dan tampilan nominal saldo pun akan muncul. Sementara untuk top up, buka aplikasi, lalu isi saldo e-money setelah menempelkan kartu. Kemudian tinggal selesaikan transaksi.

2. Jalankan Ponsel Otomatis Dengan NFC Tag

Fungsi canggih NFC berikutnya adalah dapat menjalankan ponsel otomatis dengan fitur NFC tag. Pengguna NFC dapat memprogram pengendalian fungsi secara otomatis hanya dengan satu kali tap. Kegiatan ini seperti masuk ke aplikasi, mengaktifkan Bluetooth, mengatur tingkat kecerahan, bahkan menyesuaikan alarm tanpa perlu menyalakan ponsel.

Bahkan dengan NFC tag memungkinkan menyalakan lampu dengan menempel ponsel. Pengguna juga dapat melakukan panggilan hanya lewat foto yang telah dipasang NFC tag sebelumnya. Dapat dikatakan penggunaan fitur ini sangat vital bagi kegiatan sehari-hari.

3. Lakukan Berbagi Lokasi

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus lebih dulu melakukan check-in dengan sistem LBS. Location Based Service sendiri merupakan layanan yang memanfaatkan penunjuk lokasi mobile untuk memberi informasi. Dengan begitu NFC tag memungkinkan semua orang membagikan posisi suatu tempat.

Misalnya, saat berkunjung ke sebuah tempat seperti kafe, pengguna dapat memindai tag yang memberikan informasi mengenai lokasi kafe tersebut. Sebagai catatan, untuk memindai tag, tempat tersebut juga harus telah dilengkapi NFC.

4. Jalankan Tugas Khusus

Pengguna juga dapat memanfaatkan NFC untuk melakukan pekerjaan yang rumit. Sebagai contohnya, NFC memungkinkan mengirim ucapan untuk teman atau kerabat. Untuk melakukan tugas ini, pengguna perlu memprogram NFC tag. Sehingga tidak perlu lagi repot-repot mengetik pesan secara manual.

5. Bagikan Data dengan Pengguna Lain

Bertukar data juga masuk dalam daftar manfaat NFC untuk kegiatan sehari-hari. Penggunanya hanya perlu memasangkan ponsel yang telah memiliki fitur NFC dengan ponsel lain yang juga memilikinya. Untuk melakukan transfer data, pertama-tama nyalakan sensor NFC di kedua perangkat. Dekatkan bagian belakang ponsel. Selanjutnya adalah memilih file yang akan dibagikan.

Pilih opsi share dan android beam. Selanjutnya akan muncul notifikasi pengizinan menerima file. Untuk memulai proses transfer, pilih accept. Tunggu hingga proses berbagi selesai. Nantinya file yang telah dibagikan akan tersimpan di ponsel penerima. Proses berbagi data melalui NFC memang terbilang lebih mudah dan lancar dibanding dengan Bluetooth.

Demikianlah pembahasan mengenai cara menggunakan fitur NFC yang ternyata banyak manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menerapkan fitur NFC pada ponsel, penggunanya dapat mengaplikasikan berbagai teknologi hanya dalam satu genggaman. Hal ini tentu akan sangat membantu aktivitas sehari-hari, yang dengan kata lain NFC dapat berperan sebagai asisten pribadi bagi penggunanya.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita