Download our available apps

Cara Scan Dokumen di Windows 10 Anti Ribet

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Scan Dokumen di Windows 10 Anti Ribet
Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Melakukan scaning dokumen seperti lembar kerja atau identitas, kerap kali diperlukan oleh para pekerja kantoran, untuk mengonversi dokumen fisik menjadi digital. Hal tersebut, kini bisa dilakukan dengan sangat praktis, apabila seorang pengguna memakai laptop atau PC dengan OS Windows 10. Pasalnya ada berbagai macam cara scan dokumen di Windows 10 anti ribet yang bisa dimanfaatkan dalam waktu cepat, di antaranya:

1. Windows Scan

Salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh sistem operasi Windows 10 adalah dengan adanya aplikasi pemindai dokumen bernama Windows scan. Aplikasi tersebut merupakan perangkat bawaan, sehingga pengguna tidak perlu repot melakukan instalasi aplikasi pemindai lainnya. Cara scan dokumen di Windows 10 menggunakan aplikasi Windows scan sangatlah mudah, yakni cukup dengan mengikuti langkah berikut;

Pastikan perangkat pemindai dokumen/ scanner pribadi yang akan digunakan dalam keadaan hidup;

Buka aplikasi Windows scan yang bisa dicari pada taskbar;

Pilih menu bar “scan” untuk mulai memindai dokumen;

Pindai dokumen ke dalam mesin scanner, lalu pilih jenis dan lokasi scanner yang digunakan;

Atur format dokumen yang ingin dipindai, yakni tipe file, dan tempat penyimpanan; dan

Klik “scan” untuk memindai dokumen. Secara otomatis softcopy yang telah diatur format dan tempat penyimpananya telah tersalin pada PC dan siap untuk digunakan.

2. Windows Fax & Scan

Windows Fax & Scan merupakan perangkat pemindai generasi sebelumnya dari aplikasi pemindai terbaru yang dimiliki Windows saat ini. Meski begitu cara scan dokumen di Windows 10 menggunakan aplikasi tersebut masih bisa dilakukan. Pertama, pengguna dapat mencari perangkat tersebut lewat menu start, setelah itu pada menu utama klik “new scan”.

Lalu lakukan pengaturan format dokumen yang nantinya akan dipindai seperti jenis file, source, dan ukuran kertas. Jangan lupa juga untuk mengatur warna, tipe file, dan resolusi/ kualitas file yang akan disimpan di PC. Setelah itu lakukan preview dokumen untuk memastikan tidak ada kekeliruan sebelum dipindai. Langkah terakhir, klik “scan” untuk memulai proses scanning dokumen.

3. Perangkat Printer Lokal

Biasanya perangkat printer memiliki sistemnya sendiri untuk bisa melakukan scan pada dokumen. Untuk itu pastikan port USB pada printer tersambung dengan PC Windows 10, selanjutnya aktifkan printer dan mulai pengaturan secara manual. Caranya, buka menu start, setelah itu masuk pada menu setelan perangkat lalu pilih printer & scanner. Klik mulai untuk melakukan pemindaian dokumen.

4. Pemindai Bluetooth

Perangkat pemindai berbasis jaringan nirkabel/ bluetooth saat ini banyak tersedia untuk mempersingkat proses scanning berlangsung. Pada Windows 10, biasanya setelah perangkat pemindai bluetooth diaktifkan otomatis jaringannya akan terbaca. Setelah itu bisa langsung masuk ke menu setelan perangkat dan pilih printer & scanner untuk memulai proses scanning dokumen.

5. Paint Tools

Pada Windows 10, aplikasi paint juga masih tersedia dan dapat digunakan sebagai pemindai dokumen. Caranya, pengguna cukup membuka aplikasi paint, kemudian buka menu file lalu lanjut klik “from scanner or camera.” Atur format dokumen yang akan di scan, dan selanjutnya bisa pilih microsoft print to pdf atau format lainnya. Klik scan untuk menyelesaikan proses scanning.

Aktifitas scanning data bukan lagi suatu hal yang jarang dilakukan pada era serba bertumpu pada teknologi ini. Bahkan kegiatan tersebut juga sudah menjadi kegiatan lumrah yang terjadi sehari-hari di semua kalangan. Mengaplikasikan cara scan dokumen di Windows 10 yang mudah berkat fitur terbarunya tentu akan sangat membantu mobilitas pengguna dalam memindahkan dokumen ke bentuk digital.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita