Download our available apps

Cara Mengatasi File RAR yang Tidak Bisa Di Ekstrak di Android dengan Efektif

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Mengatasi File RAR yang Tidak Bisa Di Ekstrak di Android dengan Efektif
Foto oleh cottonbro dari Pexels

Banyak pengguna yang kerap memilih untuk memakai file jenis RAR untuk pengiriman data, karena kapasitas penyimpanannya yang lebih efisien daripada file biasa. Namun sayangnya, kadang pengguna mengalami masalah dengan gagalnya pengekstakan yang dilakukan untuk membuka file. Jika masalah ini terjadi, lantas apa yang bisa dilakukan pengguna? Jangan khawatir! Ada cara mengatasi file RAR yang tidak bisa di ekstrak di android dengan sangat mudah. Berikut informasinya!

Mengatasi dengan Aplikasi ZArchiver

Alternatif mengatasi file RAR yang tidak bisa diekstrak pertama adalah bantuan aplikasi pihak ketiga, yang bernama ZArchiver. Aplikasi ini dirancang khusus untuk mempermudah pengguna dalam mengakses berbagai macam file, termasuk yang mempunyai jenis penyimpanan RAR. Untuk dapat menggunakannya, maka yang harus dilakukan pengguna antara lain:

1. Download Aplikasi ZArchiver

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasinya. Yakni dengan membuka Play Store atau App Store melalui perangkat. Lalu pada kolom pencarian ketik saja ZArchiver dan secara otomatis pengguna akan ditujukan pada aplikasi yang dimaksud. Lakukan pengunduhan dengan klik tombol download dan tunggu hingga proses terselesaikan.

2. Buka dan Beri Akses Pada Aplikasi

Setelah proses unduh selesai, luncurkan aplikasi di perangkat pengguna. Selanjutnya akan muncul notifikasi permintaan izin akses aplikasi pada perangkat. Klik izinkan dan kemudian pilih OK untuk melanjutkan proses. Biasanya, hal ini akan memakan waktu yang cukup lama, sehingga pengguna harus sedikit menahan kesabaran dan tidak menjalankan kegiatan apapun memakai perangkat, sebelum proses berakhir.

3. Pilih File RAR

Pada tahap ini, pilih file RAR yang akan diekstrak pada perangkat android. Caranya yaitu dengan klik Media Penyimpanan yang terletak di bagian atas tampilan. Untuk mengekstrak, klik Ekstrak Di sini pada file. Selanjutnya adalah menunggu hingga proses ekstrak file selesai.

Namun, bila dengan proses ini file masih belum dapat diekstrak, maka kemungkinan besar file tersebut memang sudah rusak. Maka untuk mengatasinya keluarkan SD Card dan masukan lagi setelah beberapa saat. Kemudian ulangi kembali proses pengekstrakan sedari awal.

Mengatasi dengan Tools Online

Cara mengatasi file RAR yang tidak bisa di ekstrak di android ini yaitu dengan menggunakan tools online. Archive Extractor merupakan salah satu tools online yang dapat digunakan. Dengan menggunakan cara ini proses transfer file RAR yang kemungkinan mengalami corrupt dapat diperbaiki. Berikut adalah langkah-langkah ekstrak file RAR dengan Archive Extractor:

Kunjungi tools online Archive Extractor dan masuk;

Selanjutnya pengguna akan diminta untuk memilih berkas mana yang akan di ekstrak pada android;

Buka File Manager untuk menemukan file RAR yang akan diekstrak, selanjutnya klik OK;

Kini pengguna dapat menunggu hingga proses ekstrak selesai;

Berikutnya setelah file berhasil diekstrak, segera unduh file yang tadi telah diperbaiki;

Untuk mengunduh file yang telah diperbaiki, lanjutkan dengan klik Save All as ZIP;

Setelah berhasil diunduh, akses atau buka file pada penyimpanan perangkat android. Selanjutnya coba untuk melakukan ekstrak ulang file; dan

Apabila proses telah selesai, kini file RAR pun sudah berhasil diekstrak. Dan untuk melihat isi dari file RAR tersebut pengguna dapat langsung membukanya.

Itulah dua alternatif dari cara mengatasi file RAR yang tidak bisa di ekstrak di android. Cukup mudah untuk diikuti bukan? Kini, ketika file RAR yang ada di perangkat android pengguna tidak bisa di ekstrak, maka tidak perlu panik lagi. Karena hanya dengan mengikuti langkah-langkah di atas, masalah pun dapat teratasi.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita