Download our available apps

7 Penyebab Hardisk External Tidak Terbaca

Pewarta - Prana Hikmat
7 Penyebab Hardisk External Tidak Terbaca
Foto oleh Markus Spiske dari Pexels

Hardisk eksternal merupakan perangkat tambahan yang digunakan untuk menyimpan data, agar perangkat yang dimiliki bisa optimal. Namun sayangnya, dalam penggunaannya tidak terlepas dari masalah seperti tidak terdeteksi di komputer maupun Laptop. Sebenarnya apa penyebab hardisk external tidak terbaca tersebut? Agar tidak semakin bingung, maka sebaiknya baca ulasan di bawah ini dengan seksama!

Perlu untuk diketahui setiap pengguna, bahwa penyebab hardisk external tidak terbaca sangat variatif. Bisa berasal dari hardisknya, maupun dari perangkat laptop yang ditautkan padanya. Akan tetapi, bila hardisk ini mengalami masalah, maka yang patut dicurigai sebagai penyebabnya, antara lain:

1. Kesalahan pada Setting BIOS

BIOS berfungsi untuk menjalankan sistem pada saat pengguna menyalakannya. Program yang sering disebut sebagai sistem input dan output ini mengatur fungsi-fungsi dasar perangkat keras komputer, termasuk hardisk. Apabila hardisk tidak terbaca, pengguna dapat mengecek terlebih dahulu pada mode BIOS di komputer. Setelah masuk pada mode BIOS, pengguna dapat mengatur setting hardisk menjadi enable pada halaman security.

2. Ketidaktepatan Memasang Kabel pada Hardisk

Kesalahan saat pemasangan kabel bisa mengakibatkan hardisk tidak terbaca pada komputer. Dalam hal ini seorang pengguna harus memperhatikan betul ketepatan pada pemasangan kabel hardisk. Khususnya yang mengarah ke mainboard dan power supply.

Power supply berfungsi menyuplai tegangan listrik pada komponen perangkat keras komputer. Pastikan power supply juga terpasang dengan baik agar dapat memberikan aliran daya yang memadai dan dapat membuat perangkat komputer termasuk hardisk bekerja maksimal.

3. Piringan Hardisk Tidak Berputar

Piringan atau platters pada hardisk berfungsi menyimpan data secara permanen. Salah satu komponen hardisk ini berbentuk logam bulat seperti kaset CD. Ketika data dibaca maka semestinya piringan ini akan melakukan gerakan berputar.

Ketika tegangan listrik tidak mendukung, maka akan berpengaruh pada platters yang dapat menyebabkan tidak berputar. Piringan yang tidak berputar artinya tidak dapat bekerja maksimal ketika menyimpan data. Hal inilah yang membuat hardisk external tidak terbaca.

4. Hardisk Terkena Virus

Seperti pada perangkat keras lainnya, hardisk juga bisa terkena virus. Hardisk dapat terkena virus jika sering dicabut dan dipasang pada banyak komputer. Untuk mengatasi masalah ini sebaiknya hindari mencabut dan memasang hardisk secara sembarangan. Sedangkan untuk menghapus virus, dapat dilakukan sendiri pada menu CMD. Namun jika pengguna ragu dan khawatir data akan terformat sebaiknya minta bantuan ahli untuk mengatasi virus tersebut.

5. Kerusakan pada Port USB Hardisk

Terkadang pengguna tidak memperhatikan hal-hal sederhana seperti komponen pada hardisk itu sendiri. Padahal jika pengguna tidak peduli untuk merawat dan membersihkan komponen tersebut, justru bisa menjadi sumber permasalahan yang dialami.

Seperti halnya kerusakan pada port USB, yang bisa menjadi masalah saat akan menggunakan hardisk. Kerusakan pada port USB sering terjadi karena keseringan mencabut secara paksa kabel USB, port mengalami korosi, dan hardisk terjatuh keras.

6. Format Hardisk Tidak Didukung Sistem Operasi

Sebelum menggunakan tambahan perangkat keras seperti hardisk, penting untuk mengetahui terlebih dahulu spesifikasi dan sistem operasi pada komputer. Sistem operasi yang tidak mendukung tambahan perangkat keras akan menyebabkan processor tidak mampu membacanya. Hal inilah yang wajib diperhatikan pengguna agar hardisk external yang dipasang benar-benar kompatibel dan optimal ketika digunakan.

7. Hardisk Pernah Terjatuh

Kerusakaan fisik menjadi salah satu penyebab yang sering terjadi saat hardisk eksternal tidak bisa terbaca. Hardisk yang pernah terjatuh bisa mengalami guncangan yang cukup keras pada komponen di dalamnya. Hal ini dapat menyebabkan letak komponen berubah sehingga akan berpengaruh pada fungsinya.

Salah satu komponen utama dalam hardisk yaitu cakram atau piringan yang memiliki fungsi menyimpan data. Apabila cakram tersebut rusak maka akan membuat hardisk mengalami gangguan, seperti tidak terbaca oleh sistem perangkat.

Itulah beberapa penyebab hardisk external tidak terbaca. Kerusakan pada hardisk ini bisa ditimbulkan karena kerusakan fisik maupun dari sistem. Oleh karenanya, lebih baik untuk menjaga dan merawat perangkat keras yang dimiliki sebijak mungkin, agar tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan!

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita