Download our available apps

Cara Agar Pulsa Tidak Tersedot Saat Menyalakan Data Indosat yang Anti Gagal

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Agar Pulsa Tidak Tersedot Saat Menyalakan Data Indosat yang Anti Gagal
Sumber : pexels

Apabila kuota paket data habis, provider akan otomatis memotong biaya akses internet dari pulsa pengguna. Hal itu juga terjadi di Indosat. Seringkali ini menyebabkan tagihan pulsa membengkak karena banyak pengguna yang tidak sadar kuotanya telah habis sehingga pulsa terus menerus tersedot. Sebenarnya ada beberapa cara agar pulsa tidak tersedot saat menyalakan data Indosat yang dapat dicoba pengguna. Jika ingin tahu, ikuti ulasan di bawah ini!

1. Hentikan Layanan Paket Data Melalui Aplikasi Indosat

Cara pertama yang dapat diajalankan adalah memanfaatkan MyIM3. Perlu untuk tahu, Indosat meluncurkan aplikasi myIM3 untuk memudahkan transaksi penggunanya. Cara penggunaan myIM3 pun cukup praktis, pengguna hanya perlu menginstal aplikasi ini lalu login dengan nomor ponsel Indosat miliknya.

Setelah login berhasil nanti pengguna akan diajak masuk ke halaman utama aplikasi. Di situ ada berbagai fitur yang dapat dipilih untuk digunakan. Selain menampilkan fitur halaman utama, aplikasi ini juga menampilkan layanan pengguna yang statusnya aktif. Untuk menghentikan layanan tersebut, cukup pilih salah satu layanan kemudian tekan opsi untuk menghentikan layanan.

2. Kirim Email Pada Customer Service

Cara agar pulsa tidak tersedot saat menyalakan data Indosat yang kedua adalah dengan menghubungi customer service. Setiap provider jaringan biasanya memiliki customer service yang siap membantu penggunanya ketika mengalami trouble atau kesulitan menggunakan layanan provider tersebut. Hal yang sama juga hadir di Indosat.

Ada beberapa media yang dapat digunakan untuk menghubungi customer service salah satunya adalah melalui email. Untuk menghentikan langganan paket data yang disinyalir menjadi penyebab pulsa berkurang, pengguna harus mengirimkan email ke alamat customer service Indosat. Kirim deskripsi keluhan, paket yang akan di nonaktifkan serta bukti adanya pengurangan pulsa. Tunggu hingga ada balasan mengenai prosedur menonaktifkan paket tersebut.

3. Minta Bantuan Stop Paket Data Lewat Customer Service

Selanjutnya yang dapat dilakukan untuk memastikan pulsa tidak tersedot lagi adalah dengan menghubungi customer service melalui telepon. Banyak pengguna yang memilih cara yang satu ini karena dianggap lebih simpel.

Pengguna dapat menghubungi customer service di nomor (021) 30003000 atau di 185. Selanjutnya coba jelaskan secara ringkas permasalahan yang ada. Kemudian jangan lupa tanyakan paket apa saja yang aktif digunakan nomor ponsel pengguna. Apabila ada layanan yang tidak digunakan, jangan ragu untuk bertanya pada customer service dan jika perlu minta bantuan customer service untuk menonaktifkan layanan tersebut.

4. Hubungi Melalui Dial/ Telepon

Cara keempat adalah menggunakan dial/telepon. Pertama pengguna harus lebih dahulu masuk ke halaman dial atau telepon. Lalu masukkan kode USSD Indosat, yaitu *123*44#. Apabila akses ke Indosat menggunakan dial/telepon tersebut berhasil, maka akan muncul beberapa menu baru.

Menu yang harus dipilih pengguna adalah menu Layananku. Lalu cek layanan apa saja yang terhubung ke nomor ponsel IM3 yang digunakan untuk melakukan panggilan dial. Jika ada layanan yang ingin dinonaktifkan, pilih layanan tersebut, kemudian pilih opsi Unreg.

5. Kirim SMS Untuk Menghentikan Layanan Paket Data

Terakhir yang dapat dilakukan pengguna adalah dengan menghentikan layanan paket data melalui SMS. Notifikasi melalui SMS akan dikirimkan ke pengguna apabila mengaktifkan layanan yang ada pada provider, seperti layanan paket data, ringtone dan lain-lain. Dalam setiap SMS notifikasi yang masuk umumnya dilengkapi dengan informasi cara berhenti berlangganan layanan tersebut.

Bagi pengguna yang ingin menghentikan layanan tertentu, cek pada SMS notifikasi saat layanan tersebut diaktifkan. Kemudian, ikuti langkah-langkah untuk menonaktifkan layanan tersebut melalui SMS. Tunggu hingga notifikasi bahwa paket layanan telah dinonaktifkan diterima.

Kelima cara agar pulsa tidak tersedot saat menyalakan data Indosat di atas dapat menjadi alternatif para pengguna provider yang satu ini. Untuk lebih aman, tidak ada salahnya mengecek kuota paket data secara berkala, guna mencegah pulsa tersedot saat kuota yang telah habis.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita