Download our available apps

7 Cara Mengatasi Pengisian Baterai HP yang Lama dengan Ampuh

Pewarta - Prana Hikmat
7 Cara Mengatasi Pengisian Baterai HP yang Lama dengan Ampuh
Foto oleh Steve Johnson dari Pexels

Pengisian baterai HP yang lama memang suatu hal yang menyebalkan. Apalagi bagi orang yang memiliki aktivitas yang tidak bisa terlepas dari ponsel. Biasanya pengisian baterai HP yang lama bisa disebabkan mulai dari adaptor yang sudah tidak berfungsi hingga kesalahan saat pengisian. Untuk mengatasi hal tersebut berikut berikut beberapa cara mengatasi pengisian baterai HP yang lama yang bisa digunakan:

1. Pastikan Adaptor yang Digunakan Asli

Penting untuk mengisi baterai HP menggunakan adaptor yang berkualitas. Setiap ponsel dilengkapi dengan adaptor sesuai dengan spesifikasinya. Adaptor bawaan sudah didesain untuk kapasitas daya pas untuk masing-masing ponsel. Oleh sebab itu, menggunakan adaptor asli dapat mempercepat pengisian baterai karena sesuai standar.

2. Matikan Ponsel

Setelah memastikan adaptor yang digunakan asli, cara mengatasi pengisian baterai HP yang lama selanjutnya yaitu dengan mematikan ponsel. Hal ini sangat berpengaruh pada kecepatan pengisian baterai karena ponsel akan memaksimalkan kerjanya untuk mengisi daya. Dengan mematikan ponsel saat mengecas, sistem akan berhenti beroperasi dan hanya akan fokus untuk mengecas. Selain baterai akan lebih cepat terisi, baterai yang digunakan juga akan lebih tahan lama.

3. Buka Case HP

Membuka Case HP saat pengisian juga dapat mempercepat proses charging. Case ponsel yang cukup tebal dapat menghambat sirkulasi udara yang dapat menyebabkan ponsel cepat panas. Ketika ponsel memiliki sirkulasi udara yang baik akan berpengaruh juga pada proses pengisian baterai. Cara ini juga membuat baterai ponsel awet karena tetap berada pada suhu normal.

4. Letakan HP di Tempat Datar dan Keras

Saat mengecas sebaikya letakkan HP di tempat yang datar dan keras. Kebiasaan meletakan HP di kasur saat mengecas akan membuat ponsel cepat panas. Selain dapat menghambat pengisian baterai, ponsel yang terlalu panas dapat meledak atau terbakar. Jadi lebih baik, letakkan HP di lantai atau di meja saat sedang dicas.

5. Pastikan Sumber Daya Listrik Kuat

Salah satu penyebab baterai lama saat mengisi yaitu sumber aliran listrik yang lemah. Hindari mengecas pada PC atau laptop karena ini akan membuat baterai jadi lama terisi. Selain itu, hal tersebut juga akan membuat ponsel cepat rusak. Sebaiknya gunakan stop kontak untuk mengecas agar pengisian listrik ke ponsel bisa maksimal.

6. Menutup Aplikasi yang Berjalan

Aplikasi yang sering dibuka meskipun sudah dikeluarkan biasanya akan muncul pada halaman latar belakang. Aplikasi chat seperti Whatsapp , line dan telegram yang sering menerima notifkasi tanpa disadari juga cukup menguras energi ponsel.

Oleh karenanya, saat mengisi baterai sebaiknya pastikan tidak ada aplikasi yang terbuka di latar belakang. Pengguna juga bisa mengaktifkan mode pesawat agar tidak menerima notifikasi untuk sementara, agar baterai cepat terisi.

7. Pastikan Port USB dalam Kondisi Baik

Meskipun berbagai cara telah dilakukan agar baterai cepat terisi, terkadang pengguna melupakan masalah ini. Port USB yang telah rusak juga bisa menjadi penyebab baterai ponsel lama terisi karena pengaliran daya ke baterai terganggu. Umumnya masalah port USB disebabkan karena port charger mengalami korosi. Keseringan mencabut dan memasang kabel adaptor membuat lubang port longgar dan menyebabkan aliran daya lambat atau bahkan tidak masuk sama sekali.

Itulah beberapa cara mengatasi pengisian baterai HP yang lama dengan berbagai alternatif. Selain memastikan perangkat pengisian sudah baik, penting juga untuk memperhatikan hal-hal yang membuat pengisian baterai menjadi lambat. Lain daripada itu, tetap patuhi penggunaan HP sesuai standar operasional yang ditentukan, agar masa pakainya bisa lama!

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita