Download our available apps

5 Penyebab Keyboard Laptop Error yang Perlu Diketahui

Pewarta - Prana Hikmat
5 Penyebab Keyboard Laptop Error yang Perlu Diketahui
Foto oleh Math dari Pexels

Banyak hal yang menjadi penyebab keyboard laptop error. Keyboard menjadi bagian yang penting dalam penggunaan laptop. Keyboard pada laptop dapat berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk menginput data berupa angka, huruf dan simbol. Namun, keyboard juga kerap kali menjadi error atau tidak berfungsi dengan baik jika akan digunakan.

Keyboard laptop yang error dapat sangat mengganggu dan menghambat saat akan menyelesaikan pekerjaan. Setiap pemilik dan pengguna laptop tentu pernah mengalami kendala pada keyboard yang digunakannya. Banyak hal yang bisa menjadi indikasi penyebab permasalahan tersebut, namun secara umum terdiri dari:

1. Gangguan Sofware

Salah satu penyebab keyboard laptop error dan tidak berfungsi dengan baik adalah karena adanya kendala dan gangguan yang dialami pada sofware. Software error terjadi karenaa adanya gangguan koneksi pada semua perangkat keras yang terhubung ke laptop. Dengan begitu, tidak hanya keyboard saja yang mengalami malfungsi, tetapi juga touchpad dan charger laptop.

2. Gangguan Hardware

Keyboard laptop error juga dapat disebabkan oleh gangguan hardware yang meliputi bantalan keyboard sudah longgar dan sudah tidak sensitif lagi. Selain itu, penggunaan laptop yang terlalu lama menyebabkan baterai menjadi panas sehingga membuat gangguan fungsi keyboard. Gangguan tersebut akan membuat keyboard tidak dapat merepons secara tiba-tiba.

3. Terlalu Menekan dengan Keras

Tingkat sensitivitas pada keyboard laptop terbilang cukup responsive, sehingga tidak perlu menekan terlalu keras. Menekan angka, simbol maupun huruf pada keyboard yang terlalu keras akan mengakibatkan keyboard menjadi error.

Salah satu simbol keyboard yang ditekan terlalu keras akan membuat tooth pada keyboard menjadi menempel terhadap papan elektronik. Selain itu, aktivitas menekan keyboard dengan kuat juga berpotensi membuat perangkat mengeluarkan bunyi beep yang terlalu panjang pada saat laptop dinyalakan.

4. Tidak Pernah Dibersihkan

Pengunaan laptop yang terlalu lama dapat membuat laptop menjadi panas dan juga dapat menarik debu untuk masuk ke dalam keyboard, sehingga menempel pada bagian keyboard. Celah yang ada pada keyboard menjadi jalan utama debu-debu dapat masuk ke dalamnya dan dapat menghalangi papan keyboard pada saat ditekan.

Laptop yang jarang digunakan juga dapat mengakibatkan laptop menjadi berdebu dan kotor. Adanya debu pada keyboard menjadi penyebab keyboard laptop error dan tidak berfungsi dengan baik. Kinerja keyboard akan semakin buruk dan menghambat saat menyelesaikan pekerjaan. Untuk itu, kebersihan laptop perlu dijaga agar laptop dapat berfungsi dengan baik. Hal ini mungkin menjadi masalah yang sepele, namun dapat berakibat fatal pada fungsi keyboard.

5. Tersiram Air

Air dapat menjadi penyebab keyboard laptop error dan tidak dapat berfungsi dengan baik. Keyboard akan menjadi rusak jika terkena tumpahan benda cair. Terlebih lagi saat cairan masuk ke area dalam keyboard, itu akan membuat dalam keyboard menjadi tidak berfungsi dengan baik. Untuk itu, diperlukan kehati-hatian saat menggunakan laptop dan diusahakan untuk menghindari benda yang dapat membuat laptop menjadi rusak.

Seringkali permasalahan yang menimpa komponen perangkat seperti laptop, diakibatkan oleh penggunaan yang tidak bijak. Seperti halnya pemakaian yang terlalu keras, atau menjalankan aktivitas lain seperti makan dan minum saat memakai laptop. Hal sepele inilah yang kurang diperhatikan oleh banyak pengguna dan mengakibatkan bahaya pada perangkatnya.

Demikianlah tadi informasi mengenai penyebab keyboard laptop error yang dapat diterangkan pada ulasan ini. Bagaimana? Informasi di atas cukup jelas untuk dipahami bukan? Jadi baiknya hindari potensi kerusakan pada perangkat keyboard dengan cara meminimalkan indikasi penyebabnya dengan pemakaian yang bijak dan hati-hati!

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita