Download our available apps

Cara Memperbaiki Tombol Keyboard Laptop Yang Bermasalah

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Memperbaiki Tombol Keyboard Laptop Yang Bermasalah
Foto oleh JÉSHOOTS dari Pexels

Salah satu kerusakan yang jadi masalah cukup rumit pada laptop adalah kerusakan pada keyboard. Hal ini biasanya terjadi karena pemakaian yang terlalu lama. Jika sudah seperti itu, beberapa pengguna akan mencari cara memperbaiki tombol keyboard laptop tersebut sebelum pergi ke tukang servis. Jika bingung bagaimana mengatasinya, berikut cara yang bisa dilakukan :

1. Analisa Penyebab Kerusakan

Perhatikan serta analisa kondisi dari setiap bagian dari laptop yang mengalami kerusakan pada keyboard yang dipakai. Biasanya penyebab kerusakan tersebut bisa berupa software atau hardware. Jika software yang bermasalah, bisa mengakses sistem BIOS pada laptop bila masuk tanpa kendala berarti akar masalahnya disini.

Akan tetapi jika sistem BIOS tidak merespon, kemungkinan besar akar masalahnya terjadi karena perangkat keras dari laptop. Selain itu, kotoran atau debu yang menumpuk pada celah kosong Keyboard juga bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada setiap tombol. Maka dari itu, harus sangat teliti saat memastikan penyebab kerusakan yang terjadi.

2. Bersihkan Keyboard

Untuk membersihkan keyboard caranya tidak sulit. Sediakan kuas kecil dan tisu kering terlebih dahulu, kemudian sapu perlahan keyboard laptop tersebut sampai debunya hilang. Namun, sebelum melakukan pembersihan pada keyboard, pastikan terlebih dahulu bahwa laptop dalam keadaan mati. Cara memperbaiki tombol keyboard laptop satu ini membutuhkan ketelatenan dan kehati-hatian.

Ada cara lain untuk membersihkan keyboard, yaitu dengan selotip. cara membersihkan menggunakan selotip adalah dengan menempelkan selotip ke area celah yang kotor, pastikan selotip masih dalam keadaan lengket. Selain itu, juga bisa dengan menggoyangkan laptop serta memiringkannya pada sudut 60 sampai 75 derajat.

3. Periksa Konektor Flexibel Keyboard

Periksa semua konektor dari keyboard yang terhubung ke laptop, biasanya konektor ini terletak pada bagian bawah. Jadi saat pemeriksaan memang harus membukanya, tidak bisa jika hanya dilihat dari luar saja. Untuk tutorial memasang atau membuka keyboard laptop, bisa diakses melalui internet yang untuk dijadikan referensi awal jika belum pernah membukanya.

Jika memang awal masalah berada di konektor, biasanya Keyboard tidak akan terdeteksi atau tombolnya tidak bisa dipakai semua. Tapi permasalahan yang umumnya terjadi adalah konektor flexible yang patah karena tertekuk, konektor renggang serta terlepas dari Motherboard. Jika Keyboard sudah dilepas, konektor akan langsung terlihat dan bisa diperbaiki jika masih bisa.

4. Periksa Num Lock

Kontrol semua bagian pada keyboard, ada kemungkinan pengguna tanpa disadari menekan salah satu tombol pengunci keyboard, sehingga keyboard mati. Ada beberapa tombol keyboard yang jika ditekan bisa mengakibatkan keyboard menjadi off salah satunya adalah Num Lock.

Untuk mengatasi Numlock yang masih aktif, bisa dengan menekan tombol Fn + NumLk secara bersamaan. Tapi bagi beberapa laptop keluaran terbaru hanya tinggal menekan tombol NumLock saja tanpa harus menggunakan kombinasi lain. Bila ingin mengetahui lebih lanjut sebenarnya ada petunjuknya yang tertulis pada buku panduan.

5. Ganti Keyboard Dengan yang Baru

Lakukan penggantian, jika cara memperbaiki tombol Keyboard laptop di atas tidak berhasil . Untuk melakukan penggantian bisa di serahkan ke tempat servis resmi maupun service perorangan untuk memangkas biaya operasional.

Bila harga untuk membeli Keyboard baru terasa sangat mahal, bisa menggunakan alternatif lain. Biasanya beberapa pengguna akan menggunakan Keyboard USB Eksternal tapi akan rumit karena tidak menjadi satu dengan laptop.

Itulah cara memperbaiki tombol Keyboard laptop yang bisa dilakukan jika keyboard mengalami masalah. Selain itu, jika pengguna bisa melakukannya sendiri pastinya bisa jadi alternatif untuk mengurangi biaya ongkos dari perbaikan.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita