Download our available apps

Cara Mengatasi HP Lupa Pola yang Perlu Diketahui

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Mengatasi HP Lupa Pola yang Perlu Diketahui
Foto oleh Terje Sollie dari Pexels

Kunci pola pada smartphone umumnya digunakan oleh pengguna untuk menjaga privasi dan keamanan data yang ada di dalamnya. Sayangnya, seringkali pengguna lupa kunci pola untuk membukanya sehingga mengalami kebingungan. Untuk itu, pengguna harus mengetahui cara mengatasi hp lupa pola yang dapat dilakukan dengan sangat mudah.

Ada banyak cara untuk membuka pola hp terkunci karena berbagai faktor salah satunya karena lupa sandi. Umumnya cara yang digunakan mulai dari menggunakan fitur lupa sandi hingga meminjam smartphone orang lain, berikut beberapa cara membuka smartphone lupa pola yang bisa dicoba:

1. Menggunakan Android Device Manager

Cara mengatasi hp lupa pola yang bisa dilakukan adalah menggunakan android device manager. Untuk login ke menu ini bisa memanfaatkan penggunaan smartphone orang lain. Agar login berhasil, pengguna harus memakai akun yang sebelumnya dipakai di smartphone yang polanya terkunci.

Tunggu beberapa saat lalu pilih menu kunci lanjutkan dengan memasukkan pola sandi baru, tunggu sebentar prosesnya sekitar 5 menit. Kemudian lanjut dengan memasukkan kata sandi baru setelah itu smartphone pengguna akan kembali dibuka.

2. Menggunakan Reboot To Safe Mode

Cara lain yang dapat digunakan untuk mengatasi hp lupa pola bisa menggunakan reboot to safe mode. Langkah ini biasa digunakan apabila kesalahan pola sandi bukan berasal dari pengguna melainkan berasal dari aplikasi pihak ketiga.

Jika pengguna mengalami hal ini tidak perlu khawatir untuk mengembalikan pola kunci seperti semula cara yang digunakan sangat mudah. Pengguna harus masuk ke dalam mode safe, lalu menonaktifkan pola sandi dari aplikasi pihak ketiga. Setelah itu, tunggu beberapa saat setelah pola sandi tidak aktif cobalah untuk membuat pola sandi yang baru.

3. Menggunakan Fitur Lupa Sandi

Fitur lupa sandi banyak digunakan untuk membuka berbagai aplikasi yang terkunci, dengan fitur ini pola hp pengguna yang terkunci juga dapat dibuka kembali. Caranya adalah siapkan smartphone, akun google dan koneksi internet yang stabil. Lalu klik forgot pattern pada bagian pojok kanan bawah tampilan smartphone pengguna.

Setelah itu, pengguna akan diarahkan untuk membuka pola melalui akun email. Isi semua data yang diperlukan lalu sign in dan pilih pola android yang sebelumnya telah dikirimkan google ke email pengguna. Lanjutkan dengan membuka email menggunakan PC. Kemudian gunakan pola sandi baru untuk mengganti pola sebelumnya yang terkunci tunggu beberapa saat pola smartphone akan kembali terbuka.

4. Menggunakan ADB Untuk Hapus Pola

Cara mengatasi selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menggunakan ADB. Pengguna tidak perlu bingung karena sistem kerjanya mudah. Sambungkan smartphone menggunakan kabel USB ke PC, lalu buka ADB dan ketik adb shell rm key dan tekan menu enter. Dengan demikian pola smartphone akan hilang dan pada saat itu pengguna harus segera mengganti dengan pola sandi yang baru untuk membuka kunci.

Cara ini harus dilakukan dengan cepat ketika merubah pola sandi lama kemudian menggantinya dengan pola yang baru. Hal ini dikarenakan, ada durasi yang ditetapkan untuk merubah pola sandi dan semua harus dilakukan tepat waktu.

5. Menggunakan Smartphone Lain

Cara mengatasi hp lupa pola yang terakhir adalah dengan meminjam smartphone milik teman, meski terkesan simple tapi cara ini patut dicoba. Caranya mudah pertama pinjam terlebih dahulu smartphone milik teman lalu, melakukan panggilan dari smartphone teman ke nomor pengguna yang pola nya terkunci.

Setelah panggilan diterima pilih menu home dan cari menu pengaturan. Jika sudah berhasil masuk ke pengaturan segera pilih non aktif kunci pola tunggu beberapa menit kunci pola akan terbuka.

Itulah beberapa cara mengatasi hp lupa pola yang bisa dilakukan untuk mengembalikan pola kunci sandi yang lupa. Setelah pola berhasil dipulihkan pengguna sebaiknya harus mengingat dengan benar pola sandinya agar nanti tidak ada lagi kesalahan dalam membuka kunci pola karena faktor lupa pola sandi.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita