Download our available apps

5 Cara Agar Kuota Tidak Cepat Habis dan Awet Sampai Akhir Bulan

Pewarta - Prana Hikmat
5 Cara Agar Kuota Tidak Cepat Habis dan Awet Sampai Akhir Bulan
Foto oleh Pixabay dari Pexels

Sudah tahukah cara menghemat kuota? Atau Sudah tahu penyebab kuota cepat habis? Jika belum, wajib hukumnya untuk baca pembahasan ini. Karena pengguna internet sering mengeluhkan bagaimana cara agar kuota tidak cepat habis, maka kali ini ada informasi yang bisa dibaca. Jika tidak sabar, berikut cara yang bisa dilakukan :

1. Batasi Penggunaan Data

Akses menu Setting pada android untuk pembatasan pemakaian data yang biasanya sudah tersedia. Karena dari fitur tersebut jumlah kuota yang ingin dipakai bisa dibatasi sampai ke jumlah tertentu. Biasanya jika menu pembatasan kuota sudah diaktifkan, maka akan muncul pemberitahuan jika konsumsi data internet sudah melebihi batas yang ditentukan.

Tapi kekurangan dari menu ini kadang perhitungan data dari smartphone dengan perhitungan dari operator berbeda. Namun, cara agar kuota tidak cepat habis ini bisa jadi salah satu solusi yang cukup ampuh bagi pengguna. Karena pembatasan yang ada cukup efektif dalam menentukan jumlah batasan tidak dibatasi.

2. Aktifkan Menu Data Saver di Chrome

Carilah menu Data Saver pada browser Google Chrome yang terdapat pada pilihan menu Setting di pojok kanan atas. Fitur tersebut berlaku pada smartphone maupun komputer karena memang dari pihak Chrome sudah menyediakannya pada berbagai platform. Fitur ini sangat bagus hingga bisa dikatakan bahwa pengaruhnya cukup signifikan untuk membatasi data internet.

Tidak jauh berbeda dari menu bawaan smartphone yang memiliki fitur pembatasan data internet. Bahkan sampai cara kerjanya yang digunakan pun bisa dikatakan sama. Perbedaan yang terlihat hanya terdapat pada jenis aplikasinya saja, namun bagi pengguna dapat memadukan kedua fitur tadi agar lebih efektif.

3. Atur Pembaruan Aplikasi Hanya Lewat Wi-Fi

Lakukan pengaturan untuk update aplikasi hanya dengan WiFi, karena hampir separuh dari penggunaan data biasanya termakan saat melakukan pembaruan. Bahkan tak jarang cara agar kuota tidak cepat habis dengan mengatur menu ini bisa berdampak cukup besar. Karena kegunaan opsi update dengan WiFi agar konsumsi dari data tidak berlebihan.

Untuk mengaturnya, langsung akses Play Store cari menu Setting – pilih menu Preferensi Jaringan, jika sudah hanya tinggal atur sesuai keinginan. Dimana didalamnya bisa memilih untuk opsi Update Otomatis Aplikasi Hanya Melalui WiFi. Langkah ini bisa sangat membatasi kehilangan kuota internet yang tak bisa terduga.

4. Batasi Penggunaan Instagram Dan YouTube.

Batasilah mengunjungi aplikasi Instagram dan YouTube, tindakan ini tentu bukan tanpa sebab. Karena aplikasi tersebut paling memakan banyak data. Aplikasi ini bisa menyebabkan kecanduan sehingga pengguna ingin berlama-lama menggunakannya. Saat memakai terlalu berlebihan akhirnya pengguna tidak tahu berapa banyak kuota yang sudah habis terpakai.

Sekalipun aplikasi Instagram serta YouTube memiliki cara menghemat data lewat pemilihan resolusi maupun menonton secara offline. Tapi, bila digunakan tanpa batasan akan tetap sama saja, hal ini terjadi sebab file yang dilihat memiliki ukuran yang besar. Untuk itu pengguna harus menyesuaikan dengan kebutuhan yang dimiliki.

5. Batasi Aplikasi Yang Berjalan Di Background

Kunjungi aplikasi WhatsApp, Facebook, Instagram bahkan game online yang biasanya berjalan di menu latar belakang. Karena aplikasi ini akan perlahan-lahan mencuri data internet pengguna secara perlahan saat masih berjalan. Untuk itu pengguna harus membuka menu Setting lalu pilih Data Usage yang terdapat pemberitahuan banyaknya data yang dipakai setiap aplikasi.

Langkah yang dipakai untuk mengatasinya dengan cara melihat dahulu aplikasi mana yang sekiranya memakai data paling banyak. Lalu klik aplikasi pilih menu Restrict app background data, Menu ini bertujuan menghentikan aplikasi yang masih berjalan pada latar belakang.

Dengan pembahasan ini, harusnya sudah tidak bingung mengenai cara agar kuota tidak cepat habis saat internetan . Tapi perlu diperhatikan, karena tidak hanya sebatas pembahasan di atas yang bisa digunakan, masih banyak cara lain yang bisa dicoba agar kuota internet tetap awet.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita