Download our available apps

5 Cara Memperbaiki Laptop Restart Sendiri Windows 10 Dengan Praktis

Pewarta - Prana Hikmat
5 Cara Memperbaiki Laptop Restart Sendiri Windows 10 Dengan Praktis
Sumber : pexels

Sistem operasi pada laptop dan komputer dari Microsoft memang tiada duanya. Namun harus diakui, disamping memiliki banyak kelebihan sistem ini juga terdapat beberapa kekurangan. Laptop restart sendiri windows 10 adalah salah satunya. Kemungkinan penyebabnya berasal dari software maupun hardware dari komputer. Namun, adakah cara untuk mengatasi hal ini? Berikut akan dibahas mengenai cara mengatasi laptop yang mengalami restart sendiri pada windows 10.

1. Melakukan Update Pada Windows

Jika laptop restart sendiri windows 10 hal pertama yang dapat dilakukan adalah mengupdate windows dengan menggunakan fitur windows update. Windows 10 menyediakan fitur ini untuk memudahkan pengguna dalam melakukan pembaharuan sistem.

Saat melakukan windows update, sistem yang ada di dalam laptop akan kembali baru. Selain itu, juga dapat mengatasi bug dan menyediakan banyak fitur terbaru. Ketika malas melakukan windows update, maka laptop akan menjadi lemot, bahkan bisa mengalami restart sendiri. Untuk itu, sering-seringlah menggunakan fitur windows update ini untuk menghindari masalah yang kemungkinan akan terjadi pada laptop atau komputer.

2. Memperbaiki Register Editornya

Selanjutnya dapat dilakukan dengan cara memperbaiki bagian register editor atau disingkat Regedit. Regedit sendiri adalah sebagai tempat penyimpanan sekaligus bagian yang mengatur konfigurasi windows. Apabila Regedit bermasalah, maka sistem yang ada di windows 10 juga akan ikut terganggu.

Oleh karena itu diperlukan aplikasi bantuan untuk membersihkan Registry pada windows. Fungsi dari Registry sendiri adalah mengatur jalannya software yang terdapat pada komputer maupun laptop.

3. Membersihkan Laptop

Ketika laptop mengalami restart sendiri bisa jadi fan pendinginnya sedang rusak atau kotor. Seringlah mengecek komponen komputer maupun laptop. Untuk memastikan hal tersebut periksalah dengan membongkar laptop lalu cek bagian fan pendingin.

Jika memang terdapat banyak kotoran coba bersihkan terlebih dahulu. Bisa jadi hal tersebut yang menghambat proses pendinginan pada laptop sehingga laptop atau komputer menjadi overheat hingga mengalami restart sendiri. Jangan lupa untuk membersihkan RAM dan Hardisknya juga dengan penghapus karet. Hal ini terlihat sederhana namun ketika sering mengecek komponen laptop akan membuat laptop menjadi terawat dan terhindar dari kerusakan.

4. Memperbaiki File Sistem Yang Error

Pernah mendapatkan Pop up yang mengatakan ada error di dalam sistem laptop? Hal tersebut menjadi salah satu tanda bahwa telah terjadi masalah pada sistem windows. Penyebabnya bisa jadi karena terdapat virus pada laptop atau adanya beberapa program yang tidak sengaja terhapus.

File sistem yang error bisa menjadi salah satu penyebab laptop restart sendiri pada windows 10. Untuk mengatasi hal ini terlebih dahulu cek menggunakan aplikasi anti virus. Jika memang terdapat virus, gunakan fitur SFG atau DISM yang ada didalam windows 10 untuk mengatasinya.

5. Menggunakan Sistem Restore

Jika laptop masih mengalami restart sendiri, maka cara terakhir adalah dengan menggunakan sistem restore. Fitur ini ada didalam windows 10 yang berfungsi untuk mengembalikan semua sistem seperti semula.

Restore hampir mirip dengan restart, bedanya jika menggunakan fitur restore semua aplikasi serta file akan terhapus dengan otomatis. Melakukan restore merupakan solusi terakhir jika sudah tidak ada cara lain lagi. Tetapi sebelum melakukan cara ini terlebih dahulu backup data atau amankan data yang penting.

Windows 10 merupakan versi terbaru dari windows, menawarkan banyak fitur menarik tentunya. Namun sayang, di balik itu terkadang laptop maupun komputer mengalami restart sendiri. Artikel diatas memberikan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki laptop restart sendiri windows 10. Jika masih saja belum berhasil maka segeralah untuk membawanya ke tempat service agar dapat langsung ditangani oleh ahlinya.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita