Download our available apps

Cara Memindahkan Kontak Iphone ke Android dengan 3 Alternatif Pilihan

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Memindahkan Kontak Iphone ke Android dengan 3 Alternatif Pilihan
Foto oleh picjumbo.com dari Pexels

Iphone dan android adalah dua jenis smartphone dengan sistem peluncur berbeda. Jadi, untuk berbagi file diantara keduanya cukup sulit. Bagaimana jika pengguna iPhone beralih ke andorid dan ingin ikut memindahkan kontaknya? Meski cukup rumit, ini bukanlah tidak mungkin. Ada cara memindahkan kontak iPhone ke android yang dapat dicoba.

Seperti yang diketahui selama ini, proses berbagi data antara iPhone dan android memang cukup sulit. Tidak heran, banyak pengguna iPhone yang mengeluhkan hal ini. Apabila pengguna terpaksa harus melakukan transfer data, maka cara transfer kontak dari iPhone ke android berikut dapat dicoba:

Transfer Melalui iCloud

iCloud adalah layanan penyimpanan yang disediakan pihak Apple. Tidak hanya untuk menyimpan file saja, pengguna juga dapat memindahkan kontak dengan melakukan sinkronisasi melalui iCloud. Simak pembahasannya di bawah ini untuk memindahkan kontak Iphone ke android melalui transfer iCloud:

1. Buka Setting pada Perangkat iPhone

Langkah pertama yaitu membuka menu settings atau pengaturan di perangkat iPhone pengguna. Cari menu Mail, Contacts, Calendar dan klik menu tersebut. Selanjutnya cari iCloud di opsi Accounts dan tab menunya. Ubah toggle contacts dan apabila iPhone minta penggabungan, setujui saja.

2. Buka Halaman iCloud.com

Setelah menyelesaikan proses sebelumnya, buka browser di perangkat. Pada bar pencarian ketik iCloud.com dan masuk pada halaman tersebut. Selanjutnya lakukan login dan cari menu Contact. Klik ikon pengaturan atau roda gigi di sudut kiri bawah. Pilih seluruh data dengan select All. Kembali ke menu pengaturan, kali ini pengguna klik Export vCard.

3. Import Kontak

Kini buka kembali menu pencarian browser dan cari contacts.google.com. Pilih opsi Import, ini dapat ditemukan dengan menekan More. Pilih Choose File dan klik file vCard yang sebelumnya telah dibuat. Kini kontak pun telah dipindahkan ke akun Google, pengguna dapat login di akun yang sama menggunakan perangkat android.

Sinkronisasi Akun Google

Cara memindahkan kontak iphone ke android ini dilakukan dengan menghubungkan akun Google pengguna pada perangkat iPhone. Untuk itu, sebelumnya pengguna harus terlebih dahulu membuat akun Google. Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut adalah langkah-langkahnya:

Login ke akun Google pengguna;

Buka pengaturan di perangkat iPhone. Pilih menu Mail, Contacts, Calendars;

Cari menu Add Account, pilih Gmail;

Atur data yang akan disinkronkan dengan Google;

Tambahkan akun Google di perangkat android;

Buka pengaturan pada perangkat android dan pilih Accounts;

Pilih opsi Add Account, cari Google dan login ke akun Google yang telah digunakan sebelumnya;

Pilih opsi Google pada menu Accounts untuk sinkronisasi. Kemudian pilih akun yang akan disinkronkan.

Menggunakan Aplikasi My Contact Backup

Alternatif yang terakhir adalah melakukan pemindahan kontak dengan bantuan aplikasi pihak ketiga, yaitu My Contact Backup. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya melakukan transfer data meskipun berbeda sistem operasi pada kedua perangkat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah pertama tentu memasang aplikasi ini di perangkat dengan terlebih dahulu mendownload lewat App Store;

Setelah My Contact Backup siap digunakan, buka aplikasi;

Akan muncul tampilan berisi informasi keseluruhan kontak iPhone dan sebuah tombol back up;

Klik tombol back up tersebut;

Setelah berhasil membackup, maka akan muncul menu email;

Untuk melakukan sinkronisasi, masuk ke menu email tersebut dengan akun pengguna;

Selanjutnya, pengguna dapat membuka akun email di android untuk menyalin data.

Demikianlah cara memindahkan kontak iPhone ke android yang dapat dilakukan melalui 3 alternatif bantuan. Jadi, bagi pengguna yang mengalami masalah ini, tidak perlu bingung lagi. Pilih salah satu cara tersebut dan simak langkah-langkah di atas untuk mengatasinya.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita