Download our available apps

Cara Scan QR Code Tanpa Aplikasi Tambahan di Ponsel Android

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Scan QR Code Tanpa Aplikasi Tambahan di Ponsel Android
Ilustrasi : Scan QR code

Scan QR code menjadi hal yang penting karena banyak tempat terutama di pusat perbelanjaan dan fasilitas umum masyarakat sering diminta untuk melakukan scan QR. Jika pengguna smartphone ingin cara yang lebih mudah scan QR code, artikel kali ini akan mengulas tentang cara scan QR code tanpa aplikasi di ponsel android.

Cara scan QR code ini tidak sulit seperti yang dibayangkan. Ada beberapa cara mudah seperti mengakses situs pada browser yang biasa digunakan. Agar semakin paham apa saja yang perlu diperhatikan ketika scan QR code tanpa aplikasi, Berikut cara scan QR code yang bisa dilakukan :

1. Gunakan Situs Bytescout

Cara scan QR code tanpa aplikasi di ponsel android adalah menggunakan browser dengan menggunakan situs bytescout. Bagi pengguna yang tidak mau ribet install aplikasi untuk scan QR code, cara ini sangat cocok untuk dicoba.

Langkah pertama, pengguna harus membuka terlebih dahulu situs bytescout barcode reader menggunakan browser yang biasa pengguna gunakan. Lalu izinkan situs untuk mengakses kamera lanjutkan dengan arahkan kamera ke arah scan QR code yang akan dibaca. Tunggu proses sebentar tidak lama akan muncul teks hasil decode di bagian decode history.

2. Gunakan Situs Inlite

Alat pembaca barcode melalui situs selanjutnya adalah inlite, situs ini tidak hanya bisa membaca barcode QR saja tapi bisa juga digunakan untuk membaca data matrix. Cara menggunakanya adalah gunakan kamera smartphone untuk mengambil gambar barcode.

Lalu buka situs inlite barcode reader lanjutkan dengan pilih tipe barcode dan pilih gambar barcode yang akan di scan. Setelah barcode di scan klik menu read tunggu sementara waktu setelah proses selesai pengguna akan melihat hasil teks decode.

3. Gunakan Google Lens

Jika pengguna memiliki fitur bawaan google assistant berarti otomatis ada fitur google lens didalamnya. Fitur ini merupakan fitur bawaan yang ada di setiap smartphone terkini. Fitur google lens ini dapat digunakan untuk scan QR code tanpa aplikasi.

Caranya juga cukup simple tekan dan tahan tombol home agar pengguna bisa masuk ke google assistant. Setelah itu klik google lens di bagian pojok kiri bawah lanjutkan dengan arahkan kamera untuk scan qr code yang diinginkan. Tunggu beberapa saat nanti akan muncul gambar lingkaran di dekat kode tersebut lalu akan muncul informasi tentang kode yang telah berhasil di scan barcode.

4. Gunakan Situs QR Stuff

Cara scan QR code tanpa aplikasi di ponsel android yang bisa dilakukan berikutnya adalah menggunakan situs QR stuff. Situs ini hampir sama dengan situs scan barcode pada umumnya keunggulan situs ini adalah dapat digunakan tidak hanya pengguna android tapi juga pengguna IOS dan iPhone bisa menggunakan situs ini.

Caranya adalah masuk ke website QR stuff pada browser pengguna lalu gunakan kamera atau webcam untuk melakukan scan barcode yang ingin dibaca. Tunggu beberapa menit lalu pindai QR code dan tak butuh waktu lama situs qr stuff dapat memberikan hasil decodenya, situs ini bisa digunakan di perangkat smartphone juga di laptop.

5. Gunakan Situs Barcode Reader

Langkah terakhir untuk scan QR code tanpa aplikasi adalah menggunakan situs barcode reader. Berbeda dengan situs yang sudah ada sebelumnya situs ini memiliki kelemahan karena tidak bisa langsung mengakses ke kamera pengguna.

Pengguna akan menghidupkan kamera terlebih dahulu untuk masuk ke situs ini. Cara pertama adalah ambil QR menggunakan kamera lalu buka situs onlinebarvodereader. Kemudian pilih menu choose file. Cari barcode yang akan dipindai klik menu start tunggu proses berjalan setelah itu akan muncul hasil scan barcode di bagian content.

Itulah beberapa cara scan QR code tanpa aplikasi di ponsel android yang bisa digunakan. Cukup mudah dan tidak memerlukan waktu lama. Cara ini cocok digunakan bagi pengguna yang ingin melakukan scan barcode menggunakan situs pada browser tanpa harus repot install aplikasi terlebih dahulu.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita