Download our available apps

Penyebab Baterai Boros dan Solusinya yang Wajib Diketahui

Pewarta - Prana Hikmat
Penyebab Baterai Boros dan Solusinya yang Wajib Diketahui
Ilustrasi : Baterai Boros

Penggunaan smartphone yang tidak tepat seringkali menimbulkan masalah salah satunya adalah baterai yang cepat habis. Artikel kali ini akan mengulas tentang penyebab baterai boros dan solusinya yang wajib diketahui.

Semakin banyak pengguna smartphone yang mengetahui apa saja penyebab baterai boros, maka permasalahan yang biasa terjadi pada baterai handphone akan lebih mudah diatasi. Berikut hal-hal yang berkaitan dengan penyebab baterai smartphone yang cepat habis :

1. Suhu Ekstrim

Penyebab baterai boros dan solusinya yang wajib diketahui berkaitan dengan suhu ekstrim yang ada di sekitar smartphone. Sebagian besar pengguna smartphone banyak yang tidak mengetahui jika perubahan suhu secara drastis dapat membuat baterai cepat boros.

Baterai smartphone bekerja lebih keras dibanding biasanya jika ada pada suhu ekstrim tertentu. Solusinya cukup mudah jika suhu berubah menjadi ekstrim segera aktifkan mode daya rendah pada pengaturan smartphone pengguna atau bisa juga dengan cara mengurangi aktifitas menggunakan smartphone untuk sementara waktu hingga suhu kembali stabil.

2. Pengaturan Kecerahan yang Berlebihan

Penyebab baterai boros selanjutnya adalah pengaturan kecerahan yang berlebihan dan hal ini biasanya seringkali tidak disadari oleh pengguna smartphone.

Kecerahan yang berlebihan ini adalah adanya ketidaksesuaian tingkat kecerahan ketika ada didalam ruangan dan diluar ruangan.

Solusi untuk mengatasi hal ini adalah aktifkan pengaturan kecerahan otomatis yang ada pada smartphone. Dengan mengaktifkan fitur ini otomatis tingkat kecerahan smartphone ketika berada didalam dan diluar ruangan akan otomatis berubah hal ini akan membuat baterai smartphone lebih hemat dan tidak cepat habis.

3. Penggunaan Smartphone Secara Berlebihan

Penyebab baterai boros dan solusinya yang wajib diketahui selanjutnya adalah penggunaan smartphone secara berlebihan. Semua hal yang dilakukan secara berlebihan dan tidak pada porsinya tentu akan mengalami kerusakan sama halnya dengan penggunaan smartphone yang dilakukan terus menerus tanpa henti akan membuat baterai cepat habis.

Untuk mengatasi hal ini sebaiknya pengguna smartphone bijak menggunakan android, ada kalanya smartphone butuh istirahat dari segala aktivitas penggunanya. Jika pengguna adalah tipe yang harus selalu terus menggunakan smartphone untuk kebutuhan pekerjaan coba menggunakan smartphone lain sebagai cadangan agar penggunaan smartphone tetap pada tahap yang wajar.

4. Kerusakan Charger

Jika pengguna smartphone sering merasa sudah mengisi daya baterai tapi tidak juga full hal ini bisa disebabkan karena kerusakan yang terjadi pada charger. Tanda kerusakan charger umumnya terlihat dari sudah mengisi daya smartphone cukup lama tapi baru terisi sekian persen saja.

Untuk mengatasi hal ini pengguna harus segera mengganti charger lama ke charger yang baru. Perlu dipastikan ketika membeli charger baru kekuatan output nya harus sama dengan daya yang dimiliki baterai.

5. Penggunaan Data Seluler Secara Non Stop

Terakhir, penyebab baterai boros dan solusinya yang wajib diketahui adalah tentang penggunaan data seluler yang biasanya selalu dihidupkan secara non stop. Penggunaan data seluler secara non stop ini berakibat pada baterai cepat boros karena data seluler berfungsi mencari sinyal dan proses pencarian sinyal jelas membutuhkan daya yang sangat tinggi.

Untuk mengatasinya sebaiknya pengguna smartphone jangan menghidupkan data seluler secara non stop. Hidupkan data seluler seperlunya terutama ketika sedang melakukan aktivitas pekerjaan. Setelah itu ketika berbagai aktivitas mulai berkurang seperti di malam hari dan menjelang waktu tidur data seluler bisa dimatikan untuk menghemat baterai.

Itulah beberapa penyebab baterai boros dan solusinya yang wajib diketahui pengguna untuk meminimalisir kerusakan yang mungkin terjadi pada baterai smartphone. Jika smartphone digunakan dengan baik maka kualitasnya akan lebih awet digunakan dalam jangka panjang.


Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita