Download our available apps

Cara Mengatasi HP Lemot Oppo All Type yang Harus Dicoba

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Mengatasi HP Lemot Oppo All Type yang Harus Dicoba
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Oppo banyak dipilih oleh pengguna gadget karena harganya yang terbilang murah dengan fitur yang lumayan menggiurkan. Namun sayangnya, terkadang gadget ini mengalami masalah seperti menjadi lemot. Jika ini terjadi, apa yang semestinya dilakukan oleh pengguna? Berikut cara mengatasi HP lemot Oppo yang wajib untuk dibaca agar bisa menyelesaikan masalahnya!

1. Bersihkan Ponsel dari Sampah dan Cache

Salah satu penyebab yang menghambat kinerja pada sistem di HP Oppo yakni adanya penumpukan cache yang tidak dibersihkan secara berkala. Terdapat dua cara mengatasi HP lemot Oppo all type dalam membersihkan sampah maupun cache yang patut dicoba, yakni manual dan memakai aplikasi.

Membersihkan sampah dan cache secara manual di HP Oppo bisa dengan cara membuka setting, kemudian pilih management aplikasi. Pada layar terdapat semua aplikasi yang tersimpan di ponsel, beri tanda centang disetiap aplikasi yang akan dihapus cache/ sampahnya . Klik "hapus cache", maka secara otomatis ponsel akan menghapus sampah dan cache yang ada di sana.

Selain menjalankan pembersihan manual, pengguna juga dapat memakai aplikasi. Ada banyak aplikasi pembersih smartphone yang tersedia dan bisa diunduh. Namun menariknya, pengguna HP Oppo tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan untuk membersihkan sampah. Cukup buka aplikasi manajer telepon yang telah tersemat di HP Oppo, kemudian klik bersihkan & percepatan. Klik button “bersihkan,” proses pembersihan pun selesai.

2. Perbaharui ColorOS

Sistem operasi pada HP Oppo harus selalu diperhatikan agar tidak ketinggalan saat update. Dengan melakukan update tepat waktu, pengguna tidak akan merasakan efek lelet pada smartphone karena sistemnya yang sudah ketinggalan zaman. Memperbaharui ColorOS merupakan cara mengatasi hp lemot Oppo agar aksesibilitas mobile tidak terganggu.

Pertama, buka pengaturan pada HP Oppo kemudian pilih “pembaharuan perangkat lunak.” Jika di sana terdapat keterangan ataupun perintah melakukan pembaharuan, ikuti dan tunggu hingga sistem berhasil update. Jangan mainkan ponsel selama update berlangsung, biarkan sistem pada perangkat tersebut menjalankan tugasnya hingga selesai.

3. Kurangi Pemakaian Widget atau Wallpaper Animasi

Sebagian wallpaper animasi dan widget yang tersedia di playstore juga menjadi salah satu penyebab HP Oppo berjalan lambat. Hal ini karena keduanya membutuhkan RAM yang besar serta mengakibatkan baterai lebih cepat terkuras karena ponsel harus bekerja lebih keras. Untuk itu, mengurangi penggunaan widget dan wallpaper animasi harus dilakukan untuk mengurangi beban pada sistem yang berjalan di ponsel.

4. Lakukan Factory Reset

Langkah yang bisa diambil sebagai cara mengatasi HP lemot Oppo agar normal kembali yakni dengan melakukan factory reset. Kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk memulihkan kembali sistem pada smartphone yang telah bekerja keras selama menjalankan aplikasi. Manfaat lainnya dari aktifitas factory reset adalah membuat sistem menjadi lebih terawat.

Kegiatan factory reset sangat sederhana, pengguna bisa langsung masuk pada menu setting, kemudian buka pengaturan tambahan. Selanjutnya pilih “buat cadangan dan reset” lalu klik “reset ke data pabrik.” Tunggu sampai proses reset ponsel berakhir hingga selesai. Setelah itu HP Oppo bisa dioperasikan kembali dengan kemampuan yang lebih cepat dari sebelumnya.

5. Gunakan MicroSD

Memory ponsel yang penuh juga menjadi salah satu alasan HP Oppo menjadi lemot. Terkadang proses deleting file tidak begitu membantu untuk mengembalikan performa HP seperti sedia kala, sehingga transfer file ke microSD bisa dijadikan solusi. Pertama, tekan file, foto atau video yang ingin dipindahkan, kemudian muncul pilihan kirim, klik transfer ke microSD.

Tidak dapat dipungkiri apalagi semenjak pandemi, kegiatan manusia sepenuhnya mengandalkan perangkat elektrokik seperti PC dan ponsel. Tentu tidak bisa dibayangkan apabila ponsel yang digunakan berjalan lebih lambat di tengah kegiatan yang padat. Menerapkan cara mengatasi HP lemot Oppo yang telah dijelasakan di atas pastinya akan sangat berguna agar kegiatan selama menggunakan smartphone di masa pandemi tidak terhambat.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita