Download our available apps

5 Cara Memperbaiki Kaca HP Retak Paling Mudah

Pewarta - Prana Hikmat
5 Cara Memperbaiki Kaca HP Retak Paling Mudah
Foto oleh Skitterphoto dari Pexels

Layar ponsel memang sensitif terhadap benturan, tak jarang kaca HP akan mengalami retak entah itu karena terjatuh atau terbentur benda lainnya. Hal ini akan mengakibatkan touchscreen kehilangan sensitivitas ketika digunakan. Cara memperbaiki kaca HP retak sendiri biasanya dilakukan oleh tenaga profesional, namun untuk penangan pertama pengguna dapat melakukannya sendiri.

Selain berdampak pada penggunaan ponsel, kaca HP retak juga dapat membuat tangan terluka tanpa sadar. Serpihan kaca yang amat kecil dapat melukai atau masuk ke jaringan kulit tanpa terasa karena terlalu lama menggunakan ponsel dalam kondisi ini. Oleh karena itu, segera melakukan perbaikan pada layar ponsel adalah langkah yang tepat.

1. Lapisi Dengan Selotip

Cara ini dapat diterapkan bila layar retak namun touchscreen masih berfungsi. Gunakan selotip untuk melapisi layar yang rusak atau hancur. Fungsinya sama seperti pelindung layar asli. Dengan cara ini pengguna dapat melindungi tangan dari luka akibat tergores serpihan kaca. Merekatkan selotip pada layar dengan hati-hati agar kerusakan tidak semakin parah.

2. Perbaiki Dengan Lem

Cara memperbaiki kaca HP retak ini membutuhkan beberapa bahan sederhana seperti lem besi, plastik transparan, tisu kering, serta penggaris. Pertama, pastikan permukaan layar dalam kondisi bersih. Pengguna dapat terlebih dahulu membersihkannya dengan tisu kering atau basah. Oleskan lem pada seluruh permukaan layar yang telah dibersihkan.

Kemudian tempelkan plastik transparan yang sebelumnya telah disesuaikan dengan ukuran layar. Lepas perlahan plastik tersebut. Bersihkan layar ponsel dari lem besi menggunakan penggaris dengan hati-hati. Terakhir, bersihkan layar dengan tisu basah dan keringkan.

3. Menggunakan Pasta Gigi

Meski terdengar aneh, namun pasta gigi juga bisa loh digunakan untuk memperbaiki kaca ponsel yang retak. Cara ini terbilang sederhana dan mudah dilakukan sendiri di rumah. Pertama-tama bersihkan permukaan layar ponsel yang retak dengan tisu.

Bubuhkan pasta gigi ke permukaan layar. Kemudian gosok layar secara perlahan dengan sikat gigi. Layar ponsel pun dapat digunakan kembali setelah membersihkan sisa pasta gigi di layar dengan tisu. Sebagai catatan, cara ini hanya bisa dilakukan bila kerusakan hanya berupa retakan halus.

4. Menggunakan USB OTG

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kerusakan pada layar ponsel dapat menyebabkan sensitivitas touchscreen berkurang dan ponsel sulit digunakan. Untuk itu bagi pengguna yang telah memiliki fitur OTG pada ponselnya dapat menggunakan cara ini. Dengan fitur ini memungkinkan pengguna untuk menavigasi ponsel. Pengguna dapat menjalankan aplikasi tanpa perlu menyentuh layar.

5. Ganti Layar Ponsel Sendiri

Opsi terakhir adalah melakukan penggantian layar HP yang retak sendiri. Meski biasanya hal ini dilakukan oleh tenaga servis di toko ponsel, namun pengguna juga dapat melakukannya sendiri selama memiliki peralatannya. Beberapa alat yang dibutuhkan seperti set obeng kecil khusus dan pinset untuk melepas layar dari frame.

Untuk mengganti layar ponsel sendiri, pertama pastikan daya smartphone sudah dalam keadaan mati. Selanjutnya lepas baterai ponsel, bila baterai yang digunakan berjenis tertanam pada perangkat, cari tahu cara aman untuk melepaskannya. Lepas garis penghubung LCD dan PCB dengan bantuan obeng kecil. Hangatkan layar, ini dapat dilakukan dengan bantuan hair dryer.

Selanjutnya melepas touchscreen dari body ponsel dengan hati-hati. Pastikan LCD dapat berfungsi dengan baik sebelum melanjutkan proses. Pasang touchscreen baru yang sebelumnya telah dibeli di toko ponsel. Layar HP retak pun kini telah teratasi.

Itulah kelima cara memperbaiki kaca HP retak yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Ada baiknya untuk memasang tempered glass guna menghindari hal ini. Selalu gunakan ponsel dengan hati-hati agar tidak terjadi benturan atau terjatuh dengan keras.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita