Download our available apps

Cara Menghilangkan Baret di Keramik Lantai Secara Mudah

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Menghilangkan Baret di Keramik Lantai Secara Mudah
Ilustrasi : Cara menghilangkan baret di keramik lantai

BLOG OSCAS  - Lantai keramik Anda memiliki baret? Tidak perlu khawatir, terdapat cara menghilangkan baret di keramik lantai yang bisa Anda coba. Cara ini menjadi solusi untuk mengatasi baret pada keramik lantai Anda sehingga bisa kembali elok. Berikut ini penjelasan lengkapnya!


Cara Menghilangkan Baret di Keramik Lantai


Ketika lantai keramik memiliki baret tentunya tidak enak dipandang. Anda harus melakukan beberapa cara untuk bisa menjadikannya bersih kembali. jika dibiarkan saja, maka perlahan baretnya bisa meluas bahkan lebih mendalam. Hal ini akan membuat lantai rumah tampak kotor.


Untuk bisa menghilangkan baret keramik bisa dilakukan dengan beberapa langkah. Setiap langkahnya patut diperhatikan dan dilakukan dengan penuh hati-hati. Cara menghilangkan baret di keramik bisa dilakukan dengan langkah berikut:


1.    Melakukan Pembersihan


Pertama-tama, Anda bisa membersihkan area lantai yang terkena baret. Hal ini patut dilakukan untuk menghindari permukaan lantai menjadi kotor. Baretan pada keramik harus dibersihkan sehingga tidak ada tanah sedikit pun.


Lakukan dengan hati-hati, sehingga tidak merusak bagian lantai lainnya. Ketika terjadi baret, maka lapisan pelindungnya pun perlahan tergerus. Ketika baret yang dimiliki cukup dalam, maka kotoran pun bisa memasuki celah yang terbentuk.


2.    Mengisi Bagian Baret


Jika sudah selesai dibersihkan, isilah bagian baret keramik dengan menggunakan bahan terkait. Anda bisa mengisinya dengan menggunakan katalis berpadu dengan resin ataupun pewarna yang serupa. Pada tahapan ini, Anda harus ekstra jeli, karena tidaklah mudah melakukannya.


Sebagai tindakan waspada, Anda bisa mengaplikasikannya pada benda lain terlebih dahulu. Jika memang sudah sesuai, bisa diaplikasikan pada keramik yang baret. Tahap pengisian ini sama halnya dengan tambal, maka harus dilakukan secara merata.


3.    Grinding


Langkah selanjutnya melakukan grinding yakni proses penghalusan tambalan. Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan diamond disk berukuran besar. Anda juga bisa memilih diamond bertekstur kasar.


Jika permukaan keramik yang baret mulai rata, maka bisa dilapisi dengan diamond disk yang halus. Hal ini dilakukan secara perlahan hingga baret pada keramik tertutupi dan kembali terlihat rata.


4.    Mewarnai Ulang


Tahapan selanjutnya yakni melakukan pewarnaan ulang. Ketika melakukan tambalan kerap tidak menghasilkan warna yang sesuai. Alternatifnya, Anda bisa mewarnai ulang pada area keramik yang baret. Warna yang dipilih pun harus disesuaikan dengan warna keramik yang digunakan.


Untuk menemukan warna yang pas memang tidaklah mudah. Namun, Anda bisa memilih warna yang mendekati, sehingga permukaan keramik bisa kembali elok. Warnai secara hati-hati, sehingga hasilnya pun akan tampak lebih bagus.


5.    Kristalisasi


Lakukan kristalisasi sebagai teknik untuk pemberian lapisan kristal pada keramik yang baret. Cara menghilangkan baret di keramik lantai yang satu ini bisa Anda lakukan ataupun tidak. Pasalnya, kristalisasi dilakukan guna menjadi pelapis untuk melindungi keramik.


Cara ini menjadi salah satu alternatif untuk bisa memberikan lapisan dengan cairan khas yang digunakan pada keramik. Dengan demikian, keramik pun akan terlindungi, sehingga bisa meminimalisir terkena baret kembali.


6.    Melakukan Pelapisan


Untuk memaksimalkan hasil kristalisasi, Anda harus melakukan pelapisan tahap akhir. Cara menghilangkan baret di keramik lantai yang satu ini penting dilakukan guna meningkatkan daya tahan keramik. Langkah ini menjadi pelapis terakhir untuk keramik yang baret.


Pelapisan pada tahap akhir akan membantu keramik terhindar dari flek ataupun noda yang membuat keramik kotor. Pastikan cairan yang digunakan untuk melapisi keramik diaplikasikan secara hati-hati. Selain itu, jangan sampai cairan yang digunakan meluber ke berbagai area lain selain keramik yang baret.


Untuk melakukan langkah-langkah di atas bisa diterapkan secara mandiri. Namun, jika ditakutkan terjadi kesalahan ataupun hasilnya tidak maksimal, maka bisa meminta bantuan pada ahli di bidang arsitektur.


Nah, itulah beberapa cara menghilangkan baret di keramik lantai yang bisa Anda coba. Lakukan dengan penuh kejelian, sehingga tidak terjadi kesalahan atau menambah kerusakan lainnya. Dengan demikian, keramik pun akan kembali indah dipandang dan tampak lebih bagus.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita