Download our available apps

Alat Purging Mesin Bensin Bersihkan Jalur Bahan Bakar Tanpa Bongkar Mesin

Pewarta - Prana Hikmat
Alat Purging Mesin Bensin Bersihkan Jalur Bahan Bakar Tanpa Bongkar Mesin
Ilustrasi Alat Purging Mesin Bensin

BLOG OSCAS - Memiliki kendaraan wajib melakukan perawatan jika ingin mesin awet dan tetap bertenaga, caranya bisa dengan membersihkan jalur bahan bakar atau pompa injeksi memakai alat purging mesin bensin yang mudah didapatkan.

Kenapa harus memakai alat purging? Membersihkan saluran bahan bakar memang tidak mudah jika tanpa alat. Maka dari itu, untuk memudahkan proses pembersihan kotoran yang ada di saluran bahan bakar perlu alat purging.

Lantas, seperti apa alat purging mesin bensin? Nah, jika Anda berencana melakukan perawatan saluran bahan bakar mobil, mari ketahui terlebih dahulu seputar alat dan harga purging dibawah ini. Yuk, simak ulasan hingga akhir!


Mengenal Alat Purging Mobil Bensin


Purge merupakan suatu proses pembersihan saluran bahan bakar atau pompa injeksi pada kendaraan mobil, dengan purge bisa membuat kotoran yang melekat pada komponen penting ini menjadi bersih sehingga mesin jadi lebih terawat.

Untuk melakukan purging mobil bensin memerlukan alat atau purging kit, alat pembersih saluran bahan bakar ini bisa di pesan secara online atau melalui toko offline. Adapun kelengkapan alat purging untuk mobil bensin sebagai berikut:


  • Tabung purge tahan panas
  • Selang bypass in dan out panjang 1,5 meter
  • Selang tambahan panjang 1 meter
  • Socket konektor 5/16
  • Filter untuk solar dan filter tabung
  • Kran katup untuk mengalirkan cairan
  • Bracket untuk gantungan tabung
  • Petunjuk penggunaan


Adapun kapasitas tabung purging tergantung dari kebutuhan, tersedia tabung dalam ukuran 300 ml, 500 ml dan 800 ml. Tabung purging ini nantinya menampung cairan pembersih saluran bahan bakar dari endapan kerak atau kotoran.

Nah, jika sedang berencana melakukan purging mobil bensin, maka siapkan alat purging di atas yang bisa di pesan secara online. Kemudian ketahui cara kerjanya dibawah ini.


Cara Kerja Alat Purging Mobil Bensin


Pada dasarnya tujuan purging mobil bensin sama seperti pada mesin diesel, yaitu membersihkan saluran bahan bakar terutama injector dari tumpukan kerak dan deposit sehingga menjadi bersih dan mesin lebih terawat.

Teknik purging pada mobil bensin menggunakan alat berupa tabung untuk menampung cairan cleaner dan selang untuk mengalirkan cairan tersebut, kemudian disemprotkan dalam bentuk kabut ke dalam saluran bahan bakar.

Untuk membersihkan injector, bisa menggunakan cairan fuel injection cleaner yang dituangkan ke dalam alat purging mobil bensin, lalu di suntikan ke dalam fuel rail dibantu dengan tekanan udara dari kompresor.

Apakah melakukan purging itu aman? Tentu saja aman, jika dilakukan dengan tepat dan mengetahui kapan harus melakukan purging mobil, baik purging mobil bensin maupun mobil diesel. Biasanya purging dilakukan setiap 20.000 km.


Harga Alat Purging Mobil Bensin


Jika ingin melakukan purging mobil bensin sendiri dirumah, maka harus menyiapkan alat purging yang bisa di pesan secara online. Untuk harga alat purging cukup bervariasi sesuai dengan ukuran tabung yang dipilih.

Adapun harga alat purging mobil bensin di marketplace dibanderol sekitar Rp 175 ribu ukuran tabung 300 ml, untuk ukuran tabung 500 ml dibanderol sekitar Rp 210 ribu, dan tabung berukuran 800 ml harganya sekitar Rp 235 ribu.

Jika masih ragu membersihkan injektor atau saluran bahan bakar sendiri di rumah, maka sebaiknya bawa mobil ke bengkel dan serahkan perawatan mobil dengan purging ke ahlinya.

Demikian informasi seputar alat purging mobil bensin yang bisa dibeli secara online, alat pembersih saluran bahan bakar ini bisa membantu merawat mesin mobil tetap optimal. Semoga informasinya bermanfaat.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita