Download our available apps

Cara Purging Mesin Diesel dan Manfaatnya

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Purging Mesin Diesel dan Manfaatnya
Gambar Purging Mobil Diesel

BLOG OSCAS - Setiap kendaraan bermotor tentu saja memerlukan perawatan rutin agar performa tetap optimal, termasuk membersihkan saluran pembakaran dengan cara purging mesin diesel tanpa harus membongkar komponen yang ada.

Secara perawatan, mobil diesel berbeda dengan mobil berbahan bakar bensin, lho! Selain harus melakukan penggantian oli mesin secara rutin, juga perlu membersihkan ruang bakar mesin agar tidak ada kotoran yang menyumbat.

Nah, jika belum familiar dengan istilah purging mobil diesel, bisa ketahui terlebih dahulu tentang pengertiannya dibawah ini. Yuk, simak penjelasannya hingga tuntas!


Pengertian Purging Mobil Diesel


Purging merupakan proses membersihkan komponen pompa injeksi atau jalur bahan bakar pada kendaraan mobil dengan cairan khusus, purging biasa dilakukan untuk mobil bahan bakar bensin maupun mobil diesel berbahan bakar solar.

Sistem purging dilakukan dengan sirkulasi tertutup, dimana keluar masuk aliran cairan berhulu dan bermuara di botol purging. Dengan demikian, untuk menjalankan mesin dengan purging dilakukan bypass bahan bakar dari tangki.

Bagaimana cara membersihkan saluran bahan bakar dengan sistem purging? Nah, untuk mengetahui langkah-langkah pengerjaanya. Simak pembahasan dibawah ini.


Cara Purging Mobil Diesel


Jika ingin membersihkan saluran bahan bakar mesin mobil di rumah, maka bisa melakukan cara purging mobil diesel yang bisa dikerjakan sekitar 30 menit, sehingga performa mesin kembali bekerja secara maksimal.


  1. Siapkan diesel purge ukuran 500 ml, jika belum pernah purging sediakan 1 liter
  2. Geser klem selang in dan return bahan bakar dengan tang karet
  3. Setelah itu, masukkan selang in dan return ke dalam botol diesel purge
  4. Selanjutnya hidupkan mesin dan pastikan putaran mesin hingga 2000 rpm
  5. Lakukan proses purging hingga cairan di botol tersisa seperempatnya
  6. Lakukan proses bleeding (membuang angin di filter solar)
  7. Jika saluran filter solar sulit dijangkau, proses bleeding filter bisa diabaikan
  8. Sisa cairan diesel purge bisa dituangkan ke tangki bahan bakar


Mudah bukan? Itulah langkah-langkah yang harus dilakukan ketika ingin membersihkan saluran bahan bakar mobil diesel di rumah. Dengan cara purging mobil diesel ini memungkinkan saluran pembakaran bebas kotoran.

Sebagai catatan, jika tidak bisa melakukanya sendiri di rumah, maka sebaiknya melakukan purging mobil diesel di bengkel resmi agar ditangani oleh tenaga profesional.


Manfaat Purging Mobil Diesel


Manfaat yang bisa dirasakan setelah melakukan purging mobil diesel membuat performa mesin tetap optimal. Adapun manfaat lainnya dari purging mobil diesel sebagai berikut:


  1. Sistem pembakaran tetap sempurna
  2. Konsumsi bahan bakar tetap optimal
  3. Mesin mobil lebih nyaman dan bertenaga
  4. Komponen part mesin tetap awet
  5. Saluran injektor bersih dari kotoran



Ketika mobil diesel kurang terawat, tidak melakukan perawatan rutin termasuk purging, maka bisa membuat resiko tersumbatnya saluran injeksi karena kotor sehingga laju kendaraan jadi tersendat bahkan bisa mengakibatkan mesin mati.


Kapan Harus Melakukan Purging?


Jika ingin melakukan purging mobil diesel, sebaiknya dilakukan secara rutin setiap 20.000 km, atau bisa juga setiap 10.000 km pada mobil diesel common rail, seperti Kijang Innova, Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport dan lain sebagainya.

Biasanya perawatan purging mobil diesel dilakukan sepaket dengan tune up, maka bisa melakukan purging bersamaan dengan tune up. Namun, jika tune up dilakukan setahun 2 kali, purging cukup lakukan 1 kali setiap tahunnya.

Demikian tutorial cara purging mobil diesel untuk membuat performa mesin tetap optimal, serta membersihkan saluran bahan bakar atau injeksi dari kotoran yang menyumbat. Semoga informasonya bermanfaat dan membantu.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita