Download our available apps

Inilah Cara Menambal Knalpot Bocor dengan Lem Besi

Pewarta - Prana Hikmat
Inilah Cara Menambal Knalpot Bocor dengan Lem Besi
Gambar Knalpot Bocor

BLOG OSCAS - Tahukah bahwa sekarang ada cara menambal knalpot bocor dengan lem besi? Dengan cara-cara sederhana sekarang tidak harus membawa motor ke montir apabila terjadi kebocoran knalpot.


Perihal knalpot bocor, mungkin cukup banyak dialami oleh pemilik kendaraan motor. Berbagai alasan menjadi penyebab kebocoran ini seperti usia kendaraan, kesalahan parkir, benturan, atau perawatan yang tidak maksimal.


Dampak dari Knalpot Bocor


Sebelum beranjak ke cara menambal knalpot bocor dengan lem besi, ada baiknya mengetahui dampak yang ditimbulkan jika tidak segera menangani kebocoran pada knalpot. Berikut beberapa dampak yang bisa terjadi:


1. Suara Bising dan Aneh


Knalpot seringkali bocor diakibatkan oleh karat. Pada knalpot, karat sering disebabkan endapan air yang ada di exhaust pipe, sehingga knalpotnya mudah mengalami kebocoran. Di bagian pembuangan yang bocor, akan timbul suara ribut yang cukup mengganggu di telinga.


Hal ini karena kebocoran menyebabkan suara tidak bisa tersaring seperti knalpot yang normal. Sama saja seperti motor tanpa knalpot, dimana suara dari pembuangan sisa pembakaran bersuara aneh, kasar, bahkan mendesis. Apabila ada suara seperti ini, segera periksa knalpot agar performa motor tidak terganggu ketika berkendara.


2. Panas yang Berlebihan


Kinerja motor dapat dipengaruhi oleh usia motor. Sama halnya dengan knalpot yang bocor bisa terjadi akibat usianya sudah terlalu lama. Apabila tidak diganti, kebocorannya bisa mengakibatkan penurunan kinerja di mesin. Dalam knalpot bocor, sirkulasi untuk pendinginan menjadi tak stabil.


Pendinginan seperti ini berdampak buruk menuju kekuatan mesin, karena yang tadinya bekerja normal justru menjadi berat dan menghasilkan panas berlebih (overheat). Kondisi ini bila dibiarkan dapat mengakibatkan kerusakan yang parah ke komponen motor lainnya.


3. Bahan Bakar Lebih Boros


Kebiasaan berganti knalpot dapat menyebabkan kebocoran. Modifikasi knalpot yang tidak benar seringkali mengakibatkan benturan, sehingga knalpot penyok dan mudah bocor Padahal saat bocor, tentu bahan bakar yang dikeluarkan lebih boros.


Sisa dari bahan bakar turut keluar bersama gas buang. Apabila dihitung kembali, sebenarnya biaya yang dikeluarkan untuk memodifikasi motor tak sebanding dengan bensin yang perlu dibeli setiap harinya karena boros.


4. Pembakaran Tidak Maksimal


Air hujan yang tak dapat diprediksi seringkali menimbulkan karat yang lama kelamaan berujung bocor. Apabila bocor, proses membuang gas sia aka terganggu karena pencampuran bahan bakar serta udara yang tidak optimal.


Terganggunya proses pembakaran ini berlanjut pada menurunnya tenaga di mesin motor yang cukup mengganggu saat berkendara. Untuk mengatasi hujan yang tidak bisa diprediksi, penting untuk mencuci motor secara rutin agar tak berkarat.


Cara Menambal Knalpot Bocor dengan Lem Besi


Setelah mengetahui dampak apa saja yang dapat dialami motor jika knalpot bocor dibiarkan, jangan panik dulu. Ada cara mudah yang dapat dilakukan sendiri dengan berbekal lem besi Seperti apa? Simak ulasannya:


1. Membeli Lem Besi Khusus


Beli lem besi dari berbagai toko bangunan. Lem ini ternyata dapat berguna untuk menambal sehingga bisa dipercaya untuk mengatasi kebocoran pada knalpot.
Pastikan membeli jenis yang ketahanan panasnya tinggi, sehingga dapat mengatasi panas yang dihasilkan oleh mesin motor ketika berkendara. Apabila kurang tahan panas, tentu lemnya dapat terlepas dengan mudah.


2. Membersihkan Knalpot


Cara menambal knalpot bocor dengan lem besi dilanjutkan dengan pembersihan pada komponen yang ditangani. Bersihkan knalpot sehingga tidak ada sisa kotoran yang mengganggu proses penambalan.


Pembersihan ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya saja dengan campuran coca cola. Carilah berbagai tips membersihkan knalpot melalui situs terpercaya. Apabila kesulitan untuk mencuci, bisa dilepas terlebih dahulu sehingga bagian dalamnya pun bisa lebih bersih.


3. Mengoleskan Lem


Oleskan perlahan lem secara langsung atau menggunakan media seperti stik es krim dan sejenisnya. Oles hingga dua atau tiga lapis, tunggu sampai lemnya mengering agar tidak terlepas. Jika masih kurang menutup kebocoran, tambahkan lem setelah lapisan sebelumnya telah kering. Nantinya panas dari mesin bisa menambah daya rekat lem tersebut.


Demikian pembahasan cara menambal knalpot bocor dengan lem besi. Sebagai pemilik motor, kewajibannya tidak hanya mengisi bahan bakar atau mencucinya, namun juga perlu rutin memeriksa kondisi keseluruhan.

BACA JUGA :

Cara Membuat Knalpot Bluemoon Mudah dan Terbukti Berhasil!


Salah satunya yakni knalpot yang seringkali terlewat karena letaknya di belakang. Padahal, bagian ini berperan penting dalam menyaring gas buangan yang berbahaya. Dengan pembuangan lancar, suara yang ditimbulkan juga tidak mengganggu kenyamanan.



Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita