Download our available apps

Cara Membuat Knalpot Bluemoon Mudah dan Terbukti Berhasil!

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Membuat Knalpot Bluemoon Mudah dan Terbukti Berhasil!
Gambar Knalpot Bluemoon

BLOG OSCAS - Modifikasi terhadap kendaraan roda dua pun kini kian marak dilakukan, tujuannya sendiri tentu bermacam-macam. Cara membuat knalpot Bluemoon juga termasuk ke dalam modifikasi yang sering kali dilakukan oleh para pemilik motor. Penasaran bagaimana penjelasan serta tahapannya? Berikut ulasannya:


Tentang Knalpot Bluemoon


Knalpot merupakan sebuah perangkat yang berfungsi untuk mengurangi polusi udara yang dihasilkan. Selain itu juga, knalpot merupakan alat yang bekerja untuk meredam bunyi bising yang dikeluarkan oleh mesin motor. Membuat motor tidak berisik dan nyaman ketika dibawa berkendara.


Adanya efek samping yang dihasilkan oleh bunyi knalpot yaitu terhalangnya aliran gas pembakaran. Hal tersebut tentu menimbulkan tekanan balik yang dapat menurunkan kinerja mesin. Oleh sebab itu mesin perlu membagi jalur agar dapat mengurangi tekanan suara pada knalpot.


Tingginya minat sebagian orang terhadap modifikasi kendaraan roda dua tersebut juga berlaku pada knalpot. Cara membuat knalpot Bluemoon yang dilakukan oleh para pengguna membuat tampilan menjadi lebih berbeda dan menarik. Terdapat gradasi warna yang timbul pada knalpot sehingga dan menjadikannya tidak pasaran.


Hasil dari modifikasi tersebut paling banyak dilakukan secara mandiri saat ini oleh para pengguna. Hal tersebut karena proses modifikasi tersebut sangat mudah untuk dilakukan, bahkan alat dan bahannya pun mudah untuk ditemukan. Membuat proses modifikasi tersebut menjadi lebih hemat tentunya.


Cara Membuat Knalpot Bluemoon


Bagi yang ingin mempunyai knalpot dengan tampilan berbeda bisa mencoba knalpot Bluemoon yang tengah banyak digandrungi para pecinta motor. Proses modifikasi pun sangat simpel dan mudah untuk dilakukan sebenarnya. Berikut langkah-langkah yang bisa diikuti diantaranya yaitu:


1. Mempersiapkan Peralatan


Langkah pertama sebelum pengguna melakukan modifikasi yaitu menyiapkan peralatan terlebih dahulu. Terdapat beberapa diantaranya yang harus dan wajib ada jika knalpot ingin terlihat Bluemoon. Beberapa peralatan yang bisa disiapkan diantaranya yaitu:


  • Amplas.
  • Autosol.
  • Knalpot.
  • Watu ijo.
  • Air.
  • Sabun Colek.
  • Minyak tanah.
  • Lap kain Levis.


2. Melakukan Pengamplasan


Setelah semua peralatan lengkap, pengguna bisa melakukan pengamplasan pada knalpot yang mungkin berkarat atau pun kotor. Lakukan proses amplas tersebut menggunakan grid kasar terlebih dahulu.


Jika terdapat karat yang lebih lebar, pengguna bisa menggunakan amplas yang lebih kasar. Hal tersebut dilakukan supaya karat cepat bersih dan rontok.
Jangan lupa untuk membasahinya dengan air dan sabun colek sebagai bahan untuk melepaskannya. Lakukanlah pengamplasan berulang kali hingga permukaan knalpot menjadi lebih halus. Jika sudah maka, pengguna bisa mengeringkan knalpot dengan lap.


3. Melakukan Pengkilapan


Selanjutnya cara membuat knalpot Bluemoon yaitu dengan melakukan proses pengkilapan yang dapat dimulai dengan menghaluskan watu ijo. Caranya cukup mudah, pengguna hanya perlu untuk mengirisnya tipis-tipis layaknya gula aren.


Jika sudah cukup, maka masukan irisan tersebut ke dalam sebuah wadah dan larutkan dengan minyak tanah. Pastikan bahwa larutan yang dibuat tidak terlalu encer, buat teksturnya hingga menyerupai pasta gigi.


Setelah itu, maka oleskan pasta tersebut secara merata pada knalpot motor. Ketika melakukan pengolesan, jangan lupa untuk menggosoknya berulang kali dengan kain. Supaya hasil yang lebih optimal, pengguna bisa memanfaatkan kain levis yang tidak terpakai.


Pada proses pengkilapan ini dibutuhkan kesabaran yang ekstra, sebab membutuhkan waktu yang cukup lama. Lakukan proses polishing dengan menambahkan autosol supaya warna yang dihasilkan lebih menarik. Cara yang dilakukan pun serupa dengan yang sebelumnya yaitu mengoleskannya secara rata dan berulang kali digosokan.


4. Memanaskan Knalpot


Tahap terakhir yang dapat pengguna lakukan sehingga knalpot Bluemoon dapat dihasilkan yaitu dengan memanaskan knalpot. Pemasangan knalpot bisa dilakukan selama kurang lebih 30 menit.


Semakin panas knalpot, maka akan terlihat warna yang diharapkan. Jika warna chrome yang masih terlihat, maka pemanasan yang dilakukan kurang. Tinggal melakukan pemanasan mesin lebih lama lagi supaya bisa memperoleh hasil yang maksimal.


Kunci dari waran Bluemoon yang dihasilkan terletak dari kesabaran ketika melakukan proses pengamplasan. Pada proses tersebut memang memakan waktu yang lama, tetapi hasil yang akan diberikan akan sangat memuaskan.


Demikianlah penjelasan cara membuat knalpot Bluemoon yang bisa dengan mudah pengguna terapkan. Dalam proses pembuatannya memang membutuhkan waktu yang lama dan juga kesabaran.


Intinya terletak dari proses amplas dan juga pengkilapan yang harus dilakukan secara berulang-ulang. Jika sudah cukup maksimal rasanya, maka warna Bluemoon pun akan langsung terlihat.



Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita